Cara Cepat dan Praktis Bersihkan Toilet dengan Bahan Dapur

( Gambar : boldsky )
Toilet termasuk tempat penting yang harus dijaga kebersihannya.  Tidak hanya ruang tamu dan kamar tidur yang akan memberi kesan tidak nyaman dan menjadi sumber penyakit jika tidak sering dibersihkan. Toilet kotor juga akan menyebabkan kesan jorok dan sumber penyakit, yang tentu akan membahayakan kesehatan tubuh. 

Membersihkan toilet terkadang memerlukan bahan pembersih khusus, karena tidak cukup hanya dengan menggunakan pembersih biasa. Tapi sering kali kita jumpai bahan-bahan pembersih toilet tingkat berat, bisa saja mengandung beberapa zat kimia berbahaya bagi lingkungan bukan…?. Bahan pembersih semacam ini harus disimpan di tempat khusus, sehingga dapat dijauhkan dari jangkauan anak – anak agar mereka tetap aman.

Lantas, Adakah bahan lain yang lebih aman digunakan?. Gunakan saja bahan masakan yang ada di dapur. Karena bahan pembersih toilet tersebut tidak hanya aman namun juga mudah ditemukan, bisa jadi sudah tersedia di lemari dapur rumah Anda.

Perlu diingat bahwa penggunaan bahan kimia  berlebih bagaimanapun tidak baik untuk kesehatan. Jika anda menggunakan bahan dapur guna membersihkan toilet, tidak perlu tempat khusus untuk menyimpannya.  Apa sajakah bahan dapur itu……?
 
1. Cuka
Cuka mungkin banyak dikenal sebagai bahan masakan yang biasa digunakan atau bahan pembuat kue. Selain sebagai bahan bumbu dapur, cuka bisa digunakan sebagai bahan pembersih toilet yang cukup ampuh. Sebab, asam alami yang terkandung di dalamnya terbukti mampu membersihkan noda, membasmi kuman, serta menghilangkan bau tak sedap di toilet. Yang jauh lebih penting, tentu cuka bukan merupakan zat berbahaya, asalkan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

2. Minyak Pohon Teh
Mungkin sudah tak asing lagi jika minyak pohon teh banyak bermanfaat untuk kecantikan rambut dan kulit. Namun bagaimana jika minyak pohon teh digunakan untuk membersihkan toilet,  Begini Caranya :

a. Larutkan setengah mangkuk baking soda beserta minyak pohon teh ke dalam secangkir air

b. Siram dan ratakan keseluruhan bagian toilet yang akan dibersihkan, lalu tunggu untuk beberapa saat

c. Terakhir bilas dengan air bersih, alhasil pekerjaan membersihkan toilet rumah akan menjadi lebih mudah

3. Campuran Cuka & Baking Soda
Cara berikut ini menggunakan campuran baking soda dan cuka. Caranya cukup mudah, cukup campurkan saja cuka dengan baking soda lalu siramkan ke seluruh bagian toilet. Diamkan beberapa saat, lalu bilaslah. Toilet akan tampak berkilau serta tidak lagi perlu bekerja keras menggosoknya, sehingga cukup praktis untuk diterapkan.

Sebagai tambahan, anda mungkin bisa mencoba borax sebagai pengganti sabun pembersih toilet di rumah. Yakni dengan menambahkan beberapa tetes air lemon, secangkir cuka putih dan juga sedikit minyak lavender. Lalu gosoklah toilet  dengan sikat pembersih, kemudian diamkan semalaman. Siram menggunakan air bersih keesokan harinya lalu lihat hasilnya. 

Menjaga kesehatan serta memiliki hidup sehat tentu jadi dambaan setiap orang, terutama bagi ibu-ibu yang selalu disibukkan oleh pekerjaan rumah. Jika bisa menggunakan bahan alami dan bahannya mudah ditemukan, kenapa anda tidak ingin mencobanya ?.  Mulai sekarang, cobalah memanfaatkan bahan yang ada di dapur guna membersihkan toilet. Dengan begitu kita bisa memulai menjaga hidup sehat dan bersih.
Ditulis oleh : Arbamedia  /  Heri. W
Referensi : Boldsky

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel