Trik Bikin Fitting Lampu Tampak Mewah dengan Bingkai Cermin Bekas

( Gambar : Bloglovin )
Tanpa sadar, lampu terkadang menjadi bagian yang kurang begitu mendapat perhatian dalam tata ruang dan desain ruangan. Lampu umumnya hanya dianggap sebagai kebutuhan primer dalam struktur suatu bangunan, baik kantor, rumah, tempat umum, bahkan gudang sekalipun. 
 
Terlepas dari fungsi primernya ternyata lampu memiliki potensi lebih, yaitu sebagai penghias rumah serta menjadi daya tarik utama dalam sebuah ruangan. Karena mempercantik lampu bisa menjadi pilihan alternatif saat sedang mendekor, atau menata ruangan untuk pemandangan lebih menawan. Tentunya dengan tidak mengurangi fungsi utama dari lampu itu sendiri. 
 
Lantas, bagaimana caranya membuat / menghiasi Fitting lampu ( dudukan lampu ) jadi terlihat mewah.?, manfaatkan saja bingkai cermin bekas sebagai bahan dasarnya. Jadi, barang bekas itu akan memiliki nilai jual tinggi hanya dengan sedikit kreativitas, beserta keterampilan tangan sederhana. 
 
Setelah bingkai cermin itu disulap menjadi Fitting lampu mewah, mungkin bisa membuat anda tak sadar kalau sebenarnya itu hanya terbuat dari barang bekas. Karena hasil tampilannya juga tidak kalah bila dibandingkan dengan barang berbanderol / barang pajangan di toko.
 
Penasaran?, bersiaplah untuk membuat kejutan bagi keluarga tercinta di rumah. Silakan mulai menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut :
 
- Bekas bingkai cermin rumah
Sebagai contoh, bahan dasar dalam membuat Fitting lampu agar tampak mewah adalah bingkai cermin rumah berbentuk kilatan cahaya. Namun sebagai gantinya tetap bisa membuat Fitting lampu dari bentuk bingkai cermin yang tersedia di sekitar anda.
 
- Cat semprot ( warna sesuai selera )
- Lakban
- Sekrup
- Bor
 
Siap melakukan pekerjaan rumah?,  Berikut cara membuatnya :
 
1. Pertama kali lepaskanlah  lampu beserta Fitting lampu yang lama, pastikan keselamatan sebagai prioritas.

2. Selanjutnya berikanlah warna dasar pada bagian atap ( di sekitar area Fitting lampu itu berada ) dengan warna dasar sesuai selera. Untuk menghindari cipratan cat, bisa menggunakan lakban atau bahan pengganti lainnya agar cat tidak merembet / mengotori bidang lainnya. Jika masih khawatir cat semprot itu mengotori bidang lain, silakan gunakan cat kuas.

3. Lepas lakban jika cat sudah kering. Tapi kalau kondisi cat masih basah jangan langsung melepaskan lakban, karena dikhawatirkan akan merusak maupun mengotori langit-langit rumah.

4. Pasang kembali Fitting lampu seperti posisi semula jika sudah mewarnai area sekitar dudukan lampu tadi.  Agar memiliki kesan lebih mewah, sebaiknya anda memilih warna emas.

5. Selanjutnya ambil bingkai cermin bekas itu, dan mengkreasikannya

6. Warnailah  bingkai cermin menggunakan warna selaras dengan warna dasar pada sekitar langit – langit yang terpasang Fitting lampu. Warna identik akan menampilkan kesan seolah - olah bagian langit - langit dan bingkai cermin merupakan satu kesatuan. Emas masih menjadi warna dianjurkan, karena mampu menghasilkan kesan mewah dan modern.

7. Kini tempatkan bingkai cermin bekas yang sudah diwarnai tadi pada posisi tepat di tengah dudukan lampu. Untuk memastikan agar bingkai tadi tetap menempel di langit-langit ruangan dengan aman, buatlah beberapa lubang menggunakan bor dan rekatkan bingkai dengan mur. 

8. Pasang kembali lampu pada posisi semula, coba lihat hasilnya
Ruangan anda kini akan tampak berbeda. Siap mengundang tetangga untuk menilai hasil kreasi tersebut, sehingga membuat siapa pun terkesan dengan tampilan mewah di rumah anda.

Sebagai tambahan, saat membuat kreasi pada Fitting lampu, Sebisa mungkin hindari bekerja dalam keadaan listrik masih aktif, karena keselamatan anda jauh lebih berharga. Selamat mencoba dan selamat menikmati suasana baru ruangan anda.
Ditulis oleh : Arbamedia.com / Heri. W
Referensi dan Gambar : Bloglovin.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel