Jangan Lagi Simpan Susu di Pintu Kulkas, Ini yang Terjadi

( Gambar: Breastfeedingplace )
Susu bukanlah suatu minuman yang jarang kita jumpai. Baik susu organik maupun produk susu yang dijual di toko, supermarket, maupun di pasaran saat ini. Tidak jarang orang menyimpannya sebagai menu pasokan untuk dikonsumsi di kemudian hari.  Agar susu tersebut bisa disimpan, mereka sering kali menaruhnya di kulkas, karena hal itu menjadikan susu tetap segar saat dikonsumsi. Tapi menyimpan susu dalam kulkas juga tidak boleh sembarangan.

Ternyata menyimpan susu di bagian pintu kulkas bukan jadi cara yang tepat. Banyak makanan dan minuman terpampang rapi di rak-rak kulkas, Namun mengapa kita tidak juga menaruhnya di bagian rak kulkas yang telah tersedia…?

Sementara banyak anggapan bahwa kalau susu disimpan di pintu kulkas, akan lebih mudah mengambilnya. Di sisi lain, saat kondisi susu itu sudah tidak layak dikonsumsi / kadaluwarsa, maka seseorang akan menggantinya dengan susu yang baru.

Namun menurut panduan yang dijelaskan dalam Good Housekeeping, menunjukkan bahwa menyimpan susu di pintu kulkas akan membuat tingkat keawetan susu tidak dapat bertahan lebih lama. Kalau kondisi susu itu sudah tidak segar atau cepat rusak, tentu kurang menyehatkan untuk dikonsumsi bukan…?

Lebih baik menyimpan susu di bagian rak tengah, karena di tempat itu memiliki suhu dingin stabil dan membuatnya lebih tahan lama. Umumnya susu yang disimpan pada rak kulkas bisa bertahan sekitar semingguan. Tapi alangkah baiknya jika susu itu dikonsumsi secara langsung.

Ada beberapa alasan tidak diperkenankan menyimpan susu di pintu kulkas, karena semua itu dapat memberikan dampak negatif sebagai berikut :

1. Bakteri dalam susu lebih cepat berkembang
2. Kandungan gizi susu cepat berkurang bersamaan dengan perkembangan bakteri
3. Pintu kulkas tidak memiliki suhu dingin mumpuni untuk menyimpan susu

Sebab itulah anda harus menyimpan susu ini di tempat bersuhu lebih dingin dan stabil. Karena kondisi bakteri dalam susu juga lebih cepat berkembang dibanding makanan lainnya. Untuk lebih mudahnya, anda bisa mengikuti tips berikut ini perihal menyimpan setiap makanan di kulkas :


( Gambar: Goodhousekeeping )
Pintu kulkas  =   Gunakan untuk menempatkan bumbu dapur, jus, & selai

Di atas rak bagian bawah  =   Ikan dan daging mentah 

Rak bagian tengah  =  Mentega, susu, yoghurt, keju

Rak paling atas  =  Makanan yang tidak perlu dimasak ( siap saji )

Laci yang tersedia  =  Sayuran dan buah-buahan, daging ( jika terdapat laci khusus )

Agar seluruh makanan di kulkas dapat bertahan lebih lama, jangan sampai menaruh makanan panas ke dalam kulkas / lemari es. Karena itu semua hanya akan berdampak negatif, semisal : membuat makanan di kulkas cepat basi, berpengaruh pada rasa makanan, memiliki risiko terhadap keracunan, serta tingkat ketahanan makanan menjadi berkurang. 

Jadi, untuk cara menyimpan susu maupun berbagai jenis makanan lain agar bisa awet dan tetap sehat dikonsumsi, tentunya harus disesuaikan dengan penempatan yang tepat. Karena setiap rak maupun wadah yang disediakan dalam kulkas memiliki suhu berbeda-beda.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  /  Ar. Muh
Referensi : Goodhousekeeping.co.uk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel