Lakukan Ini 20 Menit Per Hari Dalam Seminggu, Hasil Menakjubkan Akan Anda Rasakan

( Gambar: huffingtonpost )
Olahraga tentunya menjadi langkah efektif untuk menyehatkan badan. Tapi terkadang kita masih bertanya, sebenarnya berapa kali kita bisa menerapkannya dalam sehari, seminggu, bahkan sebulan. Tak usah diragukan lagi, kebiasaan baik ini akan membawa dampak positif bagi tubuh apabila dilakukan secara rutin.

Namun terlepas dari perkara itu, banyak orang berorientasi ingin melakukan olahraga guna mencapai tujuan tertentu, semisal : ingin menurunkan berat badan, menguatkan otot, melakukan senam Aerobik guna meningkatkan kebugaran secara umum, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Maka sudah seharusnya menilik kembali tentang berapa lama waktu ideal untuk berolahraga, agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

Jangan khawatir, paling tidak cobalah melakukan olahraga selama 20 menit sehari dalam seminggu, karena itu semua dapat mendatangkan kesehatan yang mengagumkan bagi tubuh. Menurut beberapa hasil penelitian menunjukkan, bahwa melakukan olahraga selama beberapa saat, diklaim memiliki  manfaat bermacam-macam sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kesehatan Organ Hati & Memperpanjang Umur
Gambar : healthtap
Menurut  NHS ( National Health Service ) merekomendasikan bagi semua orang untuk olahraga selama 150 menit dalam seminggu.  Oleh karenanya, dianjurkan menyisihkan waktu paling tidak 20 menit setiap hari guna menunjang kesehatan tubuh. Dalam studi itu juga memberikan bukti, bahwa orang yang melakukan olahraga sesuai prosedur tersebut, mampu memiliki organ hati sehat serta memiliki umur lebih lama. 

Sementara jenis olahraga yang direkomendasikan  berupa olahraga Aerobik & latihan kekuatan otot. Untuk versi olahraga Aerobik tingkat moderat seperti : jalan cepat, berenang, memotong rumput, dapat dilakukan selama 150 menit dalam seminggu.

Sedangkan olahraga tingkat berat / menggunakan kekuatan maksimal,  bisa meliputi  : Lari cepat di pagi hari atau senam Aerobik. Lantas, berapa kali senam Aerobik maupun olahraga berat lainnya dapat ditempuh….?, Paling tidak anda dapat menempuhnya selama 75 menit dalam seminggu. Tapi berdasarkan hasil studi terbaru juga menyatakan, bahwa menerapkan olahraga berat 20 menit dalam seminggu, sudah cukup untuk mengurangi risiko kematian dini. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Gambar : ubergizmo
Berapa lama waktu olahraga untuk menjaga kesehatan jantung…?, Sesuai penjelasan pada American Heart Association ( AHA ), setidaknya melakukan olahraga sedang / moderat 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu. Sedangkan kalau menggunakan latihan berat, cukup lakukan 25 menit per hari, diterapkan selama 3 hari dalam seminggu. 

3. Menurunkan Tekanan Darah & Kolesterol
Gambar: medicalobserverph
Tekanan darah tinggi dapat memicu dampak berbahaya bagi tubuh. Tapi jangan panik, karena hasil studi juga menunjukkan, bahwa menurunkan tekanan darah tinggi maupun mengurangi jumlah kolesterol jahat di tubuh dapat ditempuh melalu jalur latihan kebugaran. Bagaimana caranya…?, Lakukan 40 menit untuk latihan Aerobik tingkat moderat, yaitu sebanyak 3 kali dalam seminggu. 

4. Menurunkan Berat Badan / Diet
Gambar: aslifeshouldbe
Jikalau hanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara umum, Biasanya anda membutuhkan aktivitas gerak selama 30 menit. Tapi jika ingin menurunkan berat badan, maka diharapkan bisa mencoba melakukan latihan yang lebih.  

Setidaknya terapkanlah latihan moderat / senam Aerobik tingkat sedang, kurang lebih 300 menit ( 5 Jam ) per minggu. Yaitu dibagi menjadi 1 jam per hari selama 5 hari,  atau dapat disesuaikan dengan waktu luang anda. Kalau diperuntukkan dalam latihan guna menguatkan otot utama, maka bisa langsung diterapkan selama 2 hari per minggu. Penguatan otot utama pada tubuh tersebut meliputi : pinggul, kaki, punggung, lengan, perut, dada, serta bahu.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Ar. Muh
Sumber Referensi :
- Telegraph.co.uk 
- Dailymail.co.uk
- nhs.uk 
- Heart.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel