Cara Ampuh Atasi Leher Kaku Dalam 10 Detik dengan Handuk

(Gambar: en.newsner)
Kalau leher terasa kaku, mungkin kita tak sanggup lagi meneruskan aktivitas sehari – hari bukan…?. Karena persolan ini pastinya diiringi rasa sakit cukup memilukan. Sebenarnya demikian itu bukan tidak ada sebab. Leher kaku bisa saja terjadi karena duduk terlalu lama di depan layar komputer, posisi tidur kurang tepat, cidera, cuaca dingin, otot kejang karena gerakan tubuh secara mendadak, maupun tingkat stres tinggi. Sehingga semua itu mengakibatkan rasa sakit di sekitar leher mulai bermunculan. 

Terlepas dari  faktor gangguan tubuh serius, biasanya seseorang memberi sedikit pijatan lembut, mandi air hangat, atau mengonsumsi obat pereda nyeri leher guna mengatasinya. Tapi, pernahkah Anda mencoba menggunakan handuk untuk mengatasi leher kaku ini…?. Menurut metode berasal dari Jepang, ternyata penggunaan handuk menjadi cara praktis dalam merileksasi kembali bagian leher ketika mengalami ketegangan.

Mengatasi leher kaku menggunakan metode tersebut, hanya membutuhkan waktu 10 detik. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda berminat mencoba langkah ini, agar keadaan leher kaku dapat disembuhkan dengan cepat.

Begini cara penerapannya :

1. Memposisikan tubuh tidur terlentang
2. Meletakkan handuk di bawah bahu
3. Pastikan peletakan handuk sesuai dengan bagian leher yang sakit / kaku
4. Peganglah bahu menggunakan tangan berlawanan
5. Ambil napas dan menghembuskannya secara perlahan selama 10 detik
6. Terapkan secara bergantian pada bagian bahu satunya
7. Rasakan efeknya

Cara di atas diklaim mampu meredakan bagian leher yang sakit kurang dari satu jam. Kalau Anda masih bingung untuk menerapkannya, lihat saja video di bawah ini :
 
Video by : youtube / care4body
Penggunaan handuk tidak semata - mata harus dibarengi dengan memposisikan tubuh tidur terlentang. Masih terdapat  pilihan lain sebagai cara mengatasi leher kaku menggunakan trik simpel berikut ini :

# Menggulungkan handuk di leher

Teknik ini dapat dilakukan sambil berdiri atau di sela – sela waktu ketika berolahraga di pagi hari. 

Gambar: en.newsner
1. Bentangkan handuk kemudian taruh di belakang leher
2. Posisi leher dalam keadaan tetap tegak
3. Usahakan handuk menempel pada bagian leher belakang
4. Pegang setiap ujung handuk menggunakan kedua tangan
5. Menggosok leher dengan cara menarik ujung handuk secara bergantian
6. Lakukan sampai kondisi leher kaku terasa sedikit nyaman

Alangkah baiknya jika menambahkan sedikit tekanan pada saat menggosokkan handuk ke leher tersebut. Terlebih ketika Anda sedang menggerakkan leher ke arah atas / sedikit miring, lalu tariklah ujung handuk ke atas menggunakan kedua tangan.  Ulangi teknik ini berturut – turut sebanyak 10 kali.

Menggunakan semua latihan di atas tidak hanya mampu mengurangi rasa sakit akibat leher kaku. Tapi demikian dapat mengurangi risiko permasalahan itu timbul pada jangka panjang. Di mana kondisi leher kaku memang kerap menimpa orang tua, karena keberadaan postur tubuh mulai memburuk. Selamat mencoba..!

Ditulis Oleh : Arbamedia.com /  Ar. M
Referensi : en.newsner.com, dailyhealthpost.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel