Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pijat 6 Titik Daun Telinga Ini, Rasakan Khasiatnya


(Gambar: littlethings)
Daun telinga dapat dipetakan secara detail untuk mengatasi permasalahan tubuh. Tidak hanya kaki maupun tangan saja yang berfungsi sebagai penghujung saraf, guna mengembalikan kondisi tubuh agar tetap sehat. Telinga pun termasuk titik penting dari pijat refleksi, yang sudah lama diterapkan sebagai pengobatan tradisional. Menurut ilmu pengobatan China kuno menyatakan, bahwa telinga menjadi titik pertemuan dari semua meridian, di mana energi vital dalam tubuh menyatu pada organ satu ini.

Termasuk bagian daun telinga, kalau Anda berkenan memberikan pijatan lembut, efeknya mampu jadi langkah efektif untuk meringankan rasa nyeri / sakit yang diderita oleh organ – organ dalam tubuh. Karena daun telinga sendiri diklaim memiliki enam titik yang berhubungan  erat dengan organ tertentu. Sementara memijat telinga mampu menstimulasi pelepasan Endorfin ( hormon penghilang rasa sakit bagi tubuh). Pelepasan Endorfin ini secara signifikan dapat meningkat, baik dalam darah maupun cairan Serebrospinal. 

Memijat daun telinga dapat menggunakan jari – jari tangan, atau lebih simpelnya gunakan penjepit, kemudian letakkan pada daun telinga selama beberapa menit. Mengapa…? Fungsi penjepit ini akan memudahkan Anda guna menentukan titik – titik tertentu yang berkaitan dengan rasa sakit.

Nah, berikut manfaat memijat daun telinga guna meredakan rasa sakit :

1. Meredakan nyeri punggung & bahu
Gambar: littlethings
Aktivitas berat memungkinkan badan rentan mengalami nyeri di bagian punggung dan bahu. Apalagi pergerakan tangan yang selalu aktif, semisal menggendong, mengangkat beban berat, itu semua bisa memungkinkan otot punggung / bahu mengalami ketegangan. Bahkan saking banyaknya kinerja tulang belikat, dapat memungkinkan mengalami cidera ringan. Cobalah menekan / memijat daun telinga bagian atas guna meredakan rasa sakit tersebut. Apabila teknik memijat daun telinga belum menghasilkan efek maksimal, maka ambillah penjepit, lalu letakkan pada daun telinga selama satu menit. 

2. Sakit ringan pada organ internal
Gambar: littlethings
Untuk sakit ringan pada organ internal layaknya nyeri tulang, otot kram, nyeri akibat sembelit dan lainnya., maka gunakanlah dua jari untuk memberikan pijatan pada bagian bawah daun telinga atas ( lihat gambar ).  Bisa saja meletakkan penjepit selama beberapa menit agar rasa ketidaknyamanan dalam tubuh mereda. Tapi jika rasa sakit pada organ internal kondisinya serius, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui gejalanya secara pasti.

3. Mengatasi nyeri sendi
Gambar: littlethings
Titik ketiga terletak di bagian tengah atas daun telinga. Bagian tersebut berkaitan erat dengan sendi tubuh. Jadi, jika Anda mendapati nyeri sendi dan kekakuan, boleh – boleh saja meletakkan penjepit pada daun telinga tadi guna meringankan rasa sakit. Kalau dirasa itu kurang nyaman,  maka gunakan kedua jari tangan untuk memijat daun telinga secara perlahan.

4. Meredakan pilek & nyeri sinus
Gambar: littlethings
Kondisi musim tak menentu, kerap kali pilek menyerang kesehatan tubuh. Begitu pula Sinusitis tidak hanya menimbulkan hidung tersumbat, tapi permasalahan ini diberangi dengan rasa nyeri di sekitar area wajah. Ketahuilah, bagian tengah bawah daun telinga ( lihat gambar ), memiliki hubungan dengan tenggorokan serta sinus. Supaya pilek dan nyeri sinus cepat mereda, memijat lembut pada bagian daun telinga tersebut menjadi cara alternatif untuk diterapkan. 

5. Meringankan sakit perut
Gambar: littlethings
Di atas daun telinga bagian bawah, terdapat titik tekan yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Jika Anda mengalami sakit perut ringan, maka pijatlah bagian daun telinga itu atau meletakkan penjepit selama beberapa saat, supaya masalah pencernaan tidak sampai mengganggu rutinitas keseharian. 

6. Meredakan sakit kepala & menurunkan tekanan darah
Gambar: littlethings
Manfaat memijat daun telinga paling bawah, dapat membantu menyehatkan Jantung serta mengurangi tekanan darah. Karena pada titik tersebut berkaitan dengan organ jantung maupun Kepala. Dengan demikian, memijat daun telinga bagian bawah ini juga cukup efektif guna meringankan rasa sakit kepala.  
Ditulis Oleh : Arbamedia.com /  Rah. W
Referensi : integrativehealthcare.org, littlethings.com, acufinder.com