Wow! 4 Ide Kreatif Ini Terbuat dari Kulit Telur

(Gambar: homesthetics)
Kebanyakan kita di rumah mungkin sangat suka mengonsumsi telur dengan barbagai macam pengolahan. Dari sekadar menjadikannya sebagai telur rebus, hingga dipadukan ke dalam masakan lain. Atau mungkin sebagian orang hanya mengambil putih telur atau kuning telur saja. Apapun itu, kebanyakan dari kita pasti tidak menginginkan kulit telur sehingga membuangnya begitu saja. Karena dirasa kulit telur dianggap amis, serta hanya menimbulkan bau busuk jika tidak segera dibuang.

Mungkin banyak kalangan tidak sempat berpikir, sebenarnya apa yang bisa dilakukan dari sebuah kulit telur bekas ini.? Sepertinya tiada guna, mereka juga begitu rapuh dan tidak menarik dipandang. Oleh karenanya, perjalanan cangkang telur kerap berakhir di tempat sampah. Tahukah Anda, bahwa kulit telur jauh bisa lebih bermanfaat dibandingkan hanya menjadi sampah. Jadi, bagi Anda yang mengira kulit telur tidak lagi bisa berguna untuk menunjang kehidupan sehari - hari, trik berikut ini mungkin bisa membuat Anda berubah pikiran, bahkan cukup membantu dalam berkreativitas.

1. Tempat Lilin
Gambar: homesthetics
Mungkin tak terbayangkan bagi Anda untuk melihat kulit telur menjadi sebuah wadah lilin. Namun, bukan berarti hal yang tidak terbayangkan itu tidak mungkin, karena kenyataannya hal itu sangat mungkin.

Untuk membuat wadah lilin, maka sediakanlah :

1. Kulit telur
2. Bahan pembuat lilin (bisa didapatkan di toko, jenis bahan tergantung selera)
3. Pewarna lilin khusus (tidak disarankan untuk menggunakan pewarna makanan)
4. Sumbu secukupnya

Caranya:

1. Cairkan bahan lilin sesuai cara pembuatan masing - masing bahan ( jika masih bingung, silakan baca petunjuk di bungkusnya )
2. Masukkan pewarna agar lebih menarik
3. Bersihkan cangkang telur dengan air yang sudah diberi sabun, atau dengan air panas
4. Siapkan sebuah sumbu yang berdiri tegak lurus, tepat di tengah cangkang telur
5. Masukkan lilin dalam keadaan cair agar dapat mengikuti bentuk cangkang telur dengan sempurna
6. Lilin siap dinyalakan

2. Pot Benih Tanaman
Gambar: onegoodthingbyjillee
Berikutnya, boleh – boleh saja Anda memanfaatkan kulit telur sebagai pot untuk biji tanaman yang Anda semaikan. Untuk membuat pot tanaman dari cangkang telur, sediakanlah :

1. Cangkang telur
2. Cat semprot
3. Benih tanaman

Caranya membuatnya :

1. Bersihkan cangkang telur seperti sebelumnya
2. Keringkan dengan kain
3. Pastikan tidak ada air tersisa di dalamnya
4. Mulailah mewarnainya dengan warna favorit
5. Masukan sedikit tanah
6. Tanamkan benih tanaman, tepat di tengah cangkang telur
7. Kini pot super mini telah siap diletakkan di luar ruangan / dalam ruangan
Agar cangkang telur tetap berdiri tegak, gunakanlah rak telur sebagai penyangga. Atau dengan cara sedikit melubangi tanah untuk dudukan telur tadi.

3. Pupuk Tanaman
Gambar: homesthetics
Memang harus diakui, bahwa kulit telur kaya kalsium dan mineral baik bagi tanaman. Dari pada membuangnya begitu saja, lebih bagus kalau kulit telur dijadikan pupuk untuk tanaman kesayangan Anda. Begini caranya :

Hancurkan kulit telur sampai menjadi ukuran kecil – kecil / melembutkannya sampai menjadi bubuk kulit telur. Lalu sedikit letakkanlah pada lubang di mana Anda akan menanam tanaman itu. Selanjutnya masukkan tanaman, lalu tutup dengan tanah. Kemudian taburkan juga sejumlah kulit telur yang sudah dilembutkan tadi ke sekeliling tanaman setiap 2 Minggu sekali. Kalau sudah, kini tanaman tersebut benar - benar mendapatkan kalsium dan mineral lebih dari pada sebelumnya.

4. Karya Seni
Gambar: homesthetics
Bagian tersulit dari pemanfaatan kulit telur, yaitu mengkreasikannya sebagai karya seni bernilai tinggi. Tapi jika Anda mempunyai bakat seni, mungkin tidak terlalu sulit untuk menjadikannya sebagai bahan dasar dari karya seni terbaru Anda. Biasanya karya seni yang dihasilkan dari kulit telur berupa : ukiran kulit telur, lukisan abstrak di dinding, dan sebagainya.
Ingatlah, berkat kreativitas  dan usaha Anda dalam memanfaatkan kulit telur, yang sebenarnya hanya jadi sampah, kini jauh lebih berharga. Sehingga menghasilkan karya tak ternilai. Selamat berkreativitas.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : onegoodthingbyjillee.com, littlethings.com, homesthetics.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel