Jika Anda Memiliki Alergi Musiman, Segera Hindari Makanan Ini

(Gambar: lifechangingx)
Akibat perubahan cuaca secara drastis, semakin membuat keseimbangan ekosistem tubuh terganggu bukan..? Alergi musiman, inilah yang kerap kali dialami oleh kebanyakan orang.  Tenggorokan bengkak, mata gatal, hidung tiba - tiba berair / tersumbat, demam dan flu, semua itu bisa jadi karena peranan sistem kekebalan tubuh tak terkendali ketika berhadapan dengan alergen.  Terbentuknya alergen penyebab alergi musiman ini biasanya berasal dari serbuk sari,  jamur, bulu hewan maupun debu.

Namun kalau dirasa Anda memiliki alergi musiman disebabkan oleh serbuk sari, sebaiknya terlebih dahulu menghindari konsumsi makanan tertentu. Mengapa..? Terkadang orang seusai mengonsumsi buah apel misalnya, mampu menyebabkan mulut mereka cenderung gatal, saat makan jeruk secara tak diduga tenggorakan menjadi bengkak, dan sebagainya. 

Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology, Dr. Clifford Bassett menunjukkan, makanan itu bisa saja dianggap oleh sistem kekebalan tubuh kita sebagai protein mirip dengan serbuk sari. Berdasarkan penjelasan seorang pendiri sekaligus pimpinan medis  dari Allergy & Asthma Care of New York menyebutkan, kondisi demikian biasa disebut sindrom alergi oral ( OAS ), merupakan jenis alergi makanan paling umum di antara kalangan orang dewasa. 

Sehingga tidak salah kalau orang yang terkena alergi musiman, terlebih disebabkan paparan serbuk sari, baik  gulma, tumbuhan / pohon, maupun serbuk sari dari rumput,  mereka cukup sensitif terhadap konsumsi makanan tertentu.

Lantas, apa saja jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita alergi musiman tersebut..?

1. Alergi Berasal Serbuk Sari Rumput
Serbuk sari rumput biasanya terdapat pada awal hingga pertengahan musim panas / kemarau. Agar tidak sampai memperparah reaksi alergi, ada baiknya kalau Anda bisa menghindari makanan berikut :

a. Jeruk
b. Tomat
c. Semangka

2. Serbuk Sari dari Tanaman Gulma
Layaknya tanaman gulma seperti Mugwort ( Baru Cina ) dan Ragweed, memang sering menjadi momok penimbul alergi musiman. Bahkan Ragweed sendiri diklaim mampu menumbuhkan hingga 1 Milyar tepung sari per musimnya. Untungnya kedua tanaman gulma ini jarang ditemui di Nusantara. Tapi kita tetap waspada, kalau misalnya Anda sedang memiliki alergi musiman disebabkan oleh serbuk sari tanaman gulma, sebaiknya menghindari makanan sebagai berikut :

a. Pisang
b. Wortel
c. Seledri
d. Mentimun
e. Semangka

3. Alergi dari Serbuk Sari Pepohonan
Mungkin tidak sedikit jenis serbuk sari berasal dari pepohonan yang jadi penyebab alergi musiman. Semisal  pohon Birch  atau sering disebut Betula Papyrifera, dapat memicu alergi mulut pada seseorang yang terpapar serbuk sari tanaman tersebut. Agar timbulnya alergi musiman cepat mereda, sementara waktu dapat menghindari beberapa makanan berikut :

a. Apel
b. Aprikot
c. Kiwi
d. Ceri
e. Pir
f. Wortel
g. Kacang Almond

Tapi, bilamana Anda tetap ingin mengonsumsinya, maka sebaiknya semua makanan di atas dapat dimasak / dipanggang terlebih dahulu, agar kandungan protein di dalamnya dapat dipecahkan, sehingga tidak lagi menimbulkan reaksi silang. Terlepas dari menghindari berbagai makanan di atas, tentunya cobalah untuk menemukan langkah tepat dalam menanggulangi gejala alergi musiman tersebut. Semisal mengonsumsi suplemen Antihistamin dan menghindari daerah berumput. Dr. Clifford  pun juga menganjurkan, bahwa untuk menghilangkan gejala alergi musiman, Anda bisa menghindarkan tubuh dari makanan mengandung zat aditif, pemanis buatan, serta pestisida.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Rah. W
Referensi : rd.com,dailymail.co.uk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel