Jangan Lakukan Ini Saat Duduk di Depan Komputer

(Gambar: abcnews)
Aktivitas duduk terlalu lama bersamaan dengan menghadap layar komputer, kerap membuat gerakan tubuh kurang aktif. Perlu diperhatikan, kalau tubuh banyak gerakan, tentunya akan mampu membuat tingkat fleksibilitas otot tubuh bekerja dengan baik bukan…?. Sebaliknya jika tubuh terlalu banyak diam, bisa jadi otot malah menjadi kram dan timbul rasa nyeri memilukan. 

Tidak peduli seberapa nyaman tempat duduk yang berada di tempat kerja Anda sekarang ini. Menurut seorang Chiropractor sekaligus Co – direktur pengobatan konservatif berasal dari Texas Back Institute, yakni dokter John J. Triano, DC, PhD, mengungkapkan kebiasaan duduk terlalu lama di kursi kantor, terlebih saat di depan layar komputer / laptop, pastinya mengakibatkan masalah nyeri punggung, serta memperburuk berbagai masalah tubuh lainnya.  Alasan umum permasalahan itu, biasanya dikarenakan oleh postur tubuh yang cenderung terus statis, sehingga dapat menyebabkan stres di bahu, lengan, kaki, meningkatkan tekanan terhadap otot punggung dan cakram tulang belakang.

Persoalan itu sebenarnya bukan hanya dikarenakan oleh berapa lama rentan waktu duduk sambil menatap layar komputer. Namun karena posisi duduk yang salah itulah, dapat memengaruhi terjadinya kekakuan serta nyeri pada bagian tubuh tertentu. 

Jadi, cobalah untuk menghindari berbagai kesalahan ini saat duduk di kantor :

1. Duduk Menyandar Sambil Merosot ke Bawah
Gambar: brightside
Kebiasaan sering memposisikan duduk menyandar, dapat mengakibatkan postur tubuh mudah sekali terperosot ke bawah, sehingga mampu mengundang masalah sakit punggung. Kalau memang Anda tetap ingin duduk menyandar ketika bertatap langsung dengan layar komputer atau membaca buku, maka sebaiknya posisikan duduk untuk tetap tegak. 

Bagaimana caranya..? Jika tempat dudukan kursi terlalu lebar buat Anda, dapat pula menambahkan bantal diletakkan di belakang punggung, guna membantu tubuh sedikit mendapat tekanan. Sehingga posisi tubuh bisa tetap tegak serta juga tidak terlalu membungkuk. 

2. Posisi Lengan yang Cenderung Lurus di Atas Meja
Gambar: brightside
Saat duduk sambil menghadap di depan komputer, mungkin saja posisi lengan tangan kurang tepat atau cenderung lurus di atas meja, sehingga memicu ketegangan konstan. Jika demikian terus dibiarkan, akibatnya dapat menjadi penyebab tangan mudah lelah, mati rasa, maupun terasa nyeri. 

Jadi, sebaiknya posisikanlah lengan tangan untuk menyiku / membentuk 90 derajat ketika diletakkan di atas meja kantor. Langkah ini bukan hanya membuat tangan terhindar dari ketegangan, tapi juga mampu membuat leher serta bahu tetap dalam kondisi rileks.

3. Leher Terlalu Ditekuk Saat Duduk
Gambar: brightside
Bilamana posisi leher cenderung menekuk ke belakang saat bersandar di tempat duduk, tentunya tidak hanya membuat jarak pandang mata terlihat lebih rendah dengan layar komputer. Namun itu semua dapat memicu sakit kepala dan leher kaku. Mengapa..? Karena posisi semacam ini bisa menambahkan beban terhadap bagian tepi depan pada cakram intervertebralis. Untuk mengantisipasinya, cobalah membiasakan diri duduk tegak sambil sedikit mengarah ke depan layar komputer. Jangan lupa mengatur jarak pandang mata dengan komputer, agar kesehatan mata selalu terjaga.

4. Duduk Sambil Menyilangkan Kaki
Gambar: brightside
Janganlah menyilangkan kaki kalau tidak mau merasakan nyeri kaki ketika duduk. Usahakan untuk selalu mengondisikan kedua telapak kaki tetap berpijak di atas lantai. Tentu kalau Anda terlalu sering menyilangkan kaki, demikian malah akan memperburuk sirkulasi darah di sekitar area kaki. Sehingga memunculkan rasa ketidaknyamanan seperti : nyeri, sindrom kaki gelisah maupun mati rasa.

Selain menghindari posisi duduk yang salah, hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu : Selalu melakukan relaksasi mata / mengistirahatkan mata sejenak, minimal 20 detik setelah satu jam bertatap langsung di depan komputer, agar mata tak mudah lelah maupun sakit. Kalau memang pekerjaan kantor setiap hari membutuhkan duduk berlama – lama, sebaiknya Anda bisa rutin melakukan peregangan ringan. Layaknya menerapkan jalan kaki setiap pagi guna mengimbanginya. 

Dokter Triano juga  menjelaskan, jika rutin melakukan jalan kaki selama 20 menit, akan mampu membentuk sirkulasi darah lebih sehat dalam mengalirkan nutrisi penting bagi struktur tulang belakang. Secara umum, langkah tersebut dapat menjaga kesehatan otot, sendi, ligamen, sebagai rileksasi, kenyamanan, serta menstimulasi kefokusan saat bekerja.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Ar. M
Referensi : brightside.me, spine-health.com, mayoclinic.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel