Cara Bikin Lampu Hias Menawan dari Sendok Plastik

(Gambar: futurenow)
Sendok plastik sering kali kita jumpai saat memesan makanan untuk dibawa pulang, baik ketika membeli produk makanan instan, maupun membeli es krim yang membutuhkan sendok plastik untuk menyantapnya. Berbagai jenis dan bentuk sendok plastik akan sangat bervariasi sesuai dengan fungsi penggunaannya. Namun coba perhatikan, seusai menggunakan sendok tersebut, kebanyakan kita tentu cenderung membuangnya, atau menempatkan di tempat sampah. 

Mulai sekarang janganlah membuangnya lagi. Karena sendok plastik yang sering kita abaikan itu, ternyata masih bisa kita manfaatkan kembali, meski bukan menjadi alat bantu untuk mengonsumsi makanan. Kali ini cobalah membuat sendok plastik yang tadinya tidak berfungsi sebagai apapun, jadikan sebuah hiasan lampu yang tak kalah menarik dengan hiasan lampu berbanderol. Sambil memerlukan sedikit usaha dalam langkah pengerjaannya, baik proses pembuatan serta waktu pengerjaan yang mungkin sedikit lebih lama. Tapi hasilnya tidak akan mengecewakan.

Dalam proses membuat lampu hias semacam ini, sebenarnya Anda cukup menyediakan sendok plastik berukuran seperti sendok teh (lebih dianjurkan), atau pun sendok makan. Kalau mengenai jumlahnya, itu semua disesuaikan dengan kebutuhan. Berikutnya sediakanlah botol bekas, atau bisa menggunakan sisa botol air mineral berukuran 1,5 liter / sedikit lebih besar. Lalu sediakan juga tang, cutter, lem, dan obeng / paku. Setelah itu jangan lupa menyiapkan lampu, fitting / dudukan lampu lengkap beserta kabelnya. 

Cara pembuatannya:

1. Memotong gagang sendok plastik & menyisakan bagian cekungnya
Gambar: Futurenow
Membuat lampu hias berbahan sendok plastik, setidaknya mengambil bagian sendok yang ingin dibuat menghiasi lampu. Di sini kita tidak memerlukan bagian gagang sendok, tapi hanya membutuhkan bagian cekungnya saja. Gunakanlah tang untuk memotongnya agar memperoleh hasil potongan yang sama, sekaligus menghindari terjadinya retak / pecah pada bagian cekung sendok.

2. Siapkan botol plastik bekas, kemudian potong bagian bawahnya
Gambar: Futurenow
Bagaimana caranya..? cobalah menggambarkan pola lingkaran terlebih dahulu pada bagian bawah botol plastik tersebut. Pastikan tidak memotong keseluruhan bagian alas botol. Sisakan kira - kira seukuran 1 cm dari tepi botol sebelum dipotong. Setelah itu, gunakan cutter guna memotong botol tersebut dengan pola melingkar yang sebelumnya telah dibuat.

3. Tempelkan lidah sendok pada botol dengan posisi terbalik
Gambar: Futurenow
Jika cara 1 dan  2 telah selesai, kini siapkan lem atau perekat. Mulailah merekatkan satu persatu sendok tadi, dimulai dari bawah botol dengan ujung lancip sendok menghadap ke bawah, dan pastikan lidah sendok dalam posisi terbalik. Guna menghemat penggunaan lem, tidak usah melumasi seluruh bagian sendok dengan lem / perekat. Cukup oleskan sedikit lem pada bagian pangkal sendok. 

Cara merekatkannya harus  melingkar serta berbaris. Maksudnya, jika telah selesai merekatkan sendok dengan baris pertama, maka mulailah dengan cara yang sama. Hanya saja buatlah sedikit jarak, tapi juga jangan terlalu lebar. Cukup pastikan sendok baris kedua berada di atasnya, sehingga mampu menutupi sebagian bidang dari sendok pertama. Begitu pun seterusnya, sampai seluruh bagian botol tertutupi sendok plastik. 

Jika telah mencapai bagian leher botol, selanjutnya gunakan teknik berbeda yakni membuat sendok plastik menjadi lingkaran. Caranya : Lumasi bagian punggung sendok dan bagian dalam sendok menggunakan lem. Lalu rekatkan pada sendok yang lain dengan cara sejajar, sehingga nantinya akan membentuk sebuah lingkaran. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut.

Gambar: Futurenow
Gambar: Futurenow
Setelah sendok mencapai bentuk melingkar, rekatkan pada bagian ujung botol tadi guna menutupi bagian bibir botol.

4. Memasang lampu ke dalam botol
Pertama, lubangi tutup botol dengan paku seukuran kabel. Lalu masukkan salah satu ujung kabel melalui lubang botol tadi. Buatlah simpul dengan cara mengikat kabel, supaya kabel tidak lepas. Mulailah memasang fitting lampu, kemudian masukkan fitting tadi ke dalam lubang botol, lalu pasangkan juga lampu. Tempatkan lampu hias pada posisi di mana Anda ingin memasangnya. Tapi jika ingin membuat lampu hias  tersebut menjadi lampu duduk, maksudnya bukan dijadikan lampu gantung, Anda tinggal menambahkan dudukan sendiri untuk menghiasi kamar tidur. Kini lampu siap dinyalakan dan lihat bagaimana hasilnya.

Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Herry. W
Referensi : handimania.com, goodshomedesign.com

Video by : chrisBcheA27 ( Youtube Channel )
Jika masih penasaran lihat video di bawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel