Oleskan Minyak Atsiri di Telapak Kaki, Manfaatnya Menakjubkan

(Gambar: newhealthadvisor)
Kaki mampu memberikan jalur alternatif guna menstimulasi kembali organ tubuh terpenting, karena setiap baris saraf tubuh akan berakhir di sana. Selain telinga dan tangan sebagai titik meridian, mengaplikasikan telapak kaki dengan minyak atsiri juga tidak bisa dipungkiri cukup berguna membangkitkan kesehatan badan. Bukan hanya tubuh saja yang sehat, kemungkinan besar demikian bisa berefek positif terhadap kecantikan tubuh. 

Dijelaskan dalam Aromatic Studies, seorang penulis sekaligus pelopor di kesehatan Holistik dan Aromaterapi bernama Suzanne Catty, menemukan terdapat jenis minyak esensial / minyak atsiri murni, ketika diaplikasikan pada titik tekan Solar Plexus dan Paru di telapak  kaki, cukup efektif membantu pengobatan Otitis Media ( infeksi telinga bagian tengah ). Di mana tanda – tanda infeksi itu dapat dituntaskan dalam kurun waktu tiga sampai empat hari selama pengobatan. 

Jadi, mengoleskan minyak atsiri di kaki dapat memperoleh  manfaat berbeda, sesuai dengan titik tekan dan jenis minyak esensial yang digunakan. Tapi secara umum, kalau kita gemar menerapkan minyak atsiri pada telapak kaki, maka hasilnya juga tak kalah hebat untuk kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Iritasi & Meningkatkan Sensitivitas
Jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, mungkin telapak kaki cenderung kurang sensitif. Apalagi kalau telapak kaki sedang terkena kapalan, pastinya keadaan kulit kaki bagian bawah menjadi lebih menebal, sehingga membuat aktivitas pun tidak nyaman bukan..?. Mengoleskan minyak atsiri, mampu membuat kulit terhindar dari terjadinya iritasi sekaligus meningkatkan sensitivitas kulit telapak kaki. Jenis minyak atsiri yang dapat dicoba berupa minyak Oregano, Jeruk maupun Peppermint. 

2. Sebagai Terapi Refleksologis
Memberikan sedikit minyak atsiri pada kaki, dapat membantu meningkatkan efek pijat refleksi menjadi lebih maksimal. Seperti diungkapkan oleh seorang ahli gizi berasal dari Carillon Miami Beach, bernama Staci Shacter, MS, RD, LDN, menunjukkan, menggosokkan kaki dengan minyak esensial dapat dikatakan sebagai dasar dari pijat refleksi, karena ketika minyak ini diterapkan pada kaki, maka akan lebih memudahkannya untuk lebih cepat tersebar ke seluruh tubuh.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Seperti minyak Kapulaga, Pepermint, dan Cengkeh, memang dikenal memiliki efek menghangatkan, terlebih untuk sistem pencernaan tubuh. Jika minyak atsiri itu dioleskan pada kaki, maka akan menghilangkan reaksi kurang nyaman ketika terjadi pada pencernaan.

4. Memiliki Efek Relaksasi
Kandungan minyak atsiri yang mudah terserap oleh tubuh saat dioleskan di telapak kaki, maka hasilnya juga sangat menunjang kesehatan mental. Kalau penerapan minyak atsiri ditujukan untuk memberikan efek ketenangan / menghilangkan kegelisahan, maka cobalah menggunakan jenis minyak Lavender. Di mana selain baunya yang wangi, minyak Lavender mampu meningkatkan aktivitas mental, menstimulasi perasaan senang, ceria, serta mengurangi dampak buruk dari kelelahan saraf.

5. Membersihkan Paru – paru
Mungkin selama masa serbuk sari bertebaran, pastinya demikian itu akan memicu masalah pernapasan, alergi dan sebagainya. Terdapat beberapa jenis minyak atsiri misalnya : Lavender, Oregano, Eucalyptus, Juniper Berry, semua itu dapat dijadikan bahan alami membersihkan paru – paru maupun mendukung fungsi hati.

Lantas bagaimana cara penggunaannya..? Untuk mengoleskan minyak atsiri di telapak kaki tidaklah sulit, yakni cukup oleskan satu sampai dua tetes minyak atsiri setiap pagi / sebelum tidur, kemudian lapisi kaki Anda dengan kaos kaki, lalu rasakan manfaatnya.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Ar. M
Referensi : eatthis.com, livingtraditionally.com, boldsky.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel