Makanan dan Minuman Penambah Stamina Saat Berolahraga

Gambar: rd.com
Olahraga pastinya sangat penting untuk kebugaran tubuh. Tapi membuat badan tetap memiliki stamina maksimal saat berolahraga juga tidak boleh diabaikan. Karena itulah banyak para Pecinta Gym sering kali mempertanyakan soal bagaimana cara agar kondisi badan bisa lebih optimal ketika sedang melakukan olahraga, baik saat penerapan olahraga berat misalnya : lari, latihan kekuatan otot, senam aerobik, maupun hanya sekadar berjalan kaki yang termasuk kategori latihan ringan. Untuk memaksimalkannya yaitu jangan lupa mengonsumsi makanan pilihan sebelum olahraga. 

Mengapa makan sebelum olahraga ini begitu penting..? Ketika saat perut kosong tubuh dipaksa melakukan latihan di pagi hari, sama halnya membiarkan tubuh kurang memiliki nutrisi yang cukup. Sehingga inilah satu penyebab mengapa tubuh kurang bisa meraih hasil maksimal dalam mencapai tujuan berolahraga. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu sering melakukan olahraga saat perut kosong, mampu mengakibatkan tubuh banyak kehilangan Glikogen dalam jaringan otot. 

Meski dampaknya tidak hilang secara segera, karena tubuh akan berusaha mencari suplai energi berbeda saat pasokan Glikogen otot hampir habis. Namun alangkah lebih baiknya kalau mengambil langkah aman, yaitu mengonsumsi berbagai makanan serta minuman  guna memenuhi terlebih dahulu pasokan nutrisi tubuh sebelum menerapkan latihan. 

Minuman alami yang berstamina maupun sederet makanan sehat, tentunya akan mampu mendorong badan menjadi lebih bersemangat karena merasa memiliki cukup energi, mendapat kekuatan dalam setiap sesi latihan, mampu membakar kalori lebih banyak, sehingga olahraga yang dilakukan dapat berjalan secara maksimal. Lantas, apa sajakah itu..?

A. Minuman Penambah Stamina Saat Olahraga

1. Jus Pisang
Pisang merupakan buah favorit bagi setiap pecinta olahraga. Sudah semestinya mereka layak menjadi asupan penting guna membangkitkan energi dalam tubuh. Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, alih – alih membuat jus pisang sendiri di rumah kemudian cobalah meminumnya selang setengah jam sebelum olahraga. Hasil penelitian berasal dari Appalachian State University menunjukkan, buah pisang bekerja cukup baik dalam menyuplai energi saat melakukan latihan sulit. Mungkin pisang sarat akan karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh, tinggi akan vitamin B6, merupakan asupan pokok berguna dalam memberikan stamina tambahan saat melakukan olahraga. 

2. Kopi
Mengapa kopi menjadi satu rekomendasi minuman saat berolahraga ? Tentunya tubuh memerlukan ketahanan fisik supaya proses latihan dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya stamina juga harus dipertimbangkan guna menyelesaikan pada setiap sesi latihan hingga tahap akhir. Menurut seorang ahli diet dalam Pusat Kebugaran Elmwood Ochsner di New Orleans menjelaskan, sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan kafein kopi dapat meningkatkan ketahanan fisik dan stamina tubuh. Namun kalau Anda tidak menyukai kopi, masih terdapat minuman sejenis yang patut jadi pilihan seperti : teh hijau, cokelat dan sejenisnya. Minumlah minuman itu paling tidak setengah jam pra latihan.

3. Jus Apel
Gambar: slideshare
Quercetin dalam buah apel dapat meningkatkan sistem metabolisme energi, sehingga suplai daya ketahanan tubuh bisa  terpenuhi disaat menjelang latihan. Jika Anda berkenan, potonglah satu buah apel kemudian buatlah menjadi minuman segar untuk menyelingi waktu pagi sebelum melakukan bersepeda setiap hari. Minuman seperti jus apel mungkin cocok sekali bagi penggemar latihan bersepeda, karena hasil penelitian mengungkap kandungan Quercetin pada apel telah terbukti mampu meningkatkan ketahanan bersepeda sebanyak 13 persen lebih lama terhadap pengendara yang tidak terlatih. Ini artinya minuman terbuat dari buah apel akan bisa menambahkan suplai stamina bagi pengendara bersepeda.

4. Air Lemon
Proses latihan tidak dipungkiri akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat maupun cairan dalam tubuh. Supaya badan kita tetap terhidrasi saat olahraga, minuman lemon termasuk jenis penyegar dahaga yang cukup dianjurkan. Karena selain dapat menghidrasi, minum air lemon sebelum olahraga juga dapat berfungsi mengoksidasi sel, kemudian memberikan suplai stamina energi tambahan tanpa menyebabkan efek samping, dan meningkatkan suasana hati. Sehingga proses perjalanan latihan menjadi semakin terasa bersemangat.

B. Makanan Direkomendasikan Saat Latihan

1. Beras Merah
Mengonsumsi sekitar setengah cangkir beras merah memang cukup dianjurkan sebelum olahraga. Karena makanan sehat ini termasuk sumber Mangan yang membantu terhadap sintesis asam lemak dalam tubuh. Mereka juga mengandung antioksidan sehingga membuat badan kita tetap sehat dan terlindung terhadap adanya paparan radikal bebas.

2. Kismis
Gambar: stylecraze
Mungkin Anda berkeinginan melakukan olahraga lebih lama, maka selingilah waktu latihan dengan sedikit mengunyah kismis guna menambah stamina tubuh. Berdasarkan hasil uji coba penelitian di University of California, Davis, menunjukkan terdapatnya peningkatan energi lebih baik terhadap para pelari setelah memakan kismis di pertengahan waktu latihan, dibandingkan dengan para pelari yang hanya mengonsumsi air putih saja.  

3. Jagung
Meski jagung mengandung lebih sedikit kalori, namun termasuk makanan tinggi akan serat. Maka mengonsumsinya sebelum olahraga dapat membuat Anda tetap merasa kenyang dalam jangka waktu lama. Selain itu gemar makan jagung saat latihan juga mampu menambah suplai energi untuk tubuh.

Lantas Bagaimana Langkah Kita Setelah Latihan ?

Biasanya setelah olahraga berat, terkadang tubuh kita memiliki cidera maupun luka. Maka selain mengonsumsi makanan atau minuman penambah stamina saat olahraga, setelahnya dapat merekomendasikan yoghurt, sayuran hijau, minuman hangat seperti jahe guna menjadi hidangan pasca latihan. Semuanya itu ditujukan akan proses perbaikan otot yang bermasalah dapat dipulihkan dengan segera.

Menurut hasil studi dalam British Journal of Nutrition menjelaskan, sayuran hijau yang mengandung Vitamin E dan Beta karoten ternyata mampu menanggulangi permasalahan otot serta mempercepat proses perbaikan. Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih agar tidak sampai menyebabkan badan dehidrasi, baik sebelum maupun pasca latihan.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Ar. M

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel