Teknik Pijat Akupuntur yang Terbukti Menurunkan Berat Badan

Gambar: brilio
Berat badan naik cukup menjadi masalah kesehatan secara umum bukan..?.  Tentu kita semua mengerti, obesitas memiliki serangkaian dampak berbahaya semisal :  napas jadi lebih pendek, risiko asam lambung naik, muncul masalah kulit, mudah depresi, mendengkur, hipertensi dan paling menonjol yakni tampilan tubuh tidak lagi mempesona. Tapi mengenai formula paling simpel untuk mengatasinya sekarang begitu banyak dipertanyakan oleh orang yang ingin memiliki tubuh langsing. Karena selama proses diet, tentu tidak jarang mereka harus berolahraga ekstra, mengonsumsi suplemen tertentu serta rajin – rajin makan buah dan sayur. 

Tapi kini telah hadir cara baru untuk menurunkan berat badan, tentunya demikian tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan cara diet yang banyak diketahui pada era modern saat ini. Setelah menyelesaikan uji klinis, sekolah ilmu pengobatan China ( School of Chinese Medicine / SCM ) dari Hong Kong Baptist University, telah menemukan diet menggunakan teknik akupuntur yang terbukti mampu menurunkan berat badan dengan lebih mudah. 

Sebelumnya sekolah medis itu  telah bekerja sama dengan otoritas rumah sakit Hong Kong, lalu melakukan kesepakatan dari bulan September 2015 sampai Oktober 2016, menghasilkan 72 peserta untuk uji klinis. Para peserta terdiri dari 59 wanita, 13 pria berusia 18 hingga 68 tahun yang memiliki masalah berat badan, serta sebelumnya tidak pernah mengambil langkah pengobatan maupun pengendalian berat badan mereka.

Didampingi oleh penyelidik tim peneliti yaitu profesor Bian Zhaoxing sebagai divisi klinis dari SCM  dan direktur pusat pengobatan China HKBU Hong Kong, maka proses uji klinis dilakukan. Selama proses uji coba berlangsung, awalnya peserta dipilih secara acak kemudian dibagi menjadi dua bagian, yaitu satu kelompok disebut “ akupuntur sejati ” selanjutnya dinamakan “ kelompok akupuntur palsu ”. Mereka semua diharuskan untuk melakukan 16 sesi perawatan selama kurun waktu 8 Minggu guna melihat efek perbandingan hasil uji coba. Penekanan titik akupuntur yang diberikan di antaranya yaitu :

1. Titik point perut meliputi : Dahen, Daimai, Tianshu, Zhongwan, Qihai
2. Akupoint tungkai bawah : Sanyinjiao, Fenlong, dan Zusanli
Gambar: laozongy Benih Vaccaria )
Selain memberikan kedua akupoint di atas, peserta juga menerima pijatan akupresur aurikuler dengan cara menempatkan Semen Vaccariae ( Benih Vaccaria / Wang Bu Liu Xing - lihat gambar ) yang telah disematkan dalam pita perekat agar mampu menuju ke titik aturikular tertentu, di antaranya : Shen Men, Hunger, Perut dan Limpa. Mengapa hal ini dilakukan…? Karena berdasarkan sudut pandang dari pengobatan tradisional Tionghoa menyatakan adanya titik akupuntur tersebut mampu menyelaraskan aliran energi pada organ usus, mengeluarkan dahak, dan mengubah cairan tubuh. Oleh karenanya, tidak salah kalau penerapan pemijatan titik tersebut diterapkan guna menyuplai proses uji coba klinis pengendalian berat badan, agar hasilnya dapat bekerja maksimal. 

Usai peserta menjalankan uji perawatan, hasilnya menunjukkan kelompok akupuntur sejati berhasil menurunkan berat badan dengan nilai rata – rata 2,47 kilogram, sedangkan penurunan BMI (Body Mass Index) mencapai 1,56 kg/m2.  Hasil paling bagus dari peserta kelompok ini mampu mencapai penurunan berat badan hingga 7,2 kilogram dengan BMI 3,2 kg/m2. 

Kalau dibandingkan dengan kelompok akupuntur palsu yang kurang mendapatkan perawatan maksimal, mereka hanya memiliki nilai rata – rata penurunan berat badan sekitar 0,54 kg dan penurunan BMI sebanyak 0,17 kg kg / m2. Sehingga dari hasil uji klinis itu dapat membuktikan masih terdapat banyak langkah mudah untuk diet yang bisa dilakukan, termasuk penggalian kembali teknik akupunktur yang dikenal sebagai pengobatan tradisional kuno, yang tidak kalah menariknya dengan treatment modern saat ini.

Perlu diketahui bahwa uji coba akupuntur untuk diet tersebut juga didukung oleh berbagai anggota di antaranya Dr Yang Junjun sebagai divisi klinik, Dr Zhong Lidan sebagai divisi asisten profesor, serta Dr Zhang Shiping sebagai asosiasi profesor dari divisi pengajaran dan penelitian. Menurut Dr Zhong mengungkapkan bahwa penerapan teknik akupuntur ini cukup bagus karena bisa jadi memiliki efek stimulasi terhadap Serotonin dan Beta Endorphin di tubuh. Sehingga dari situ akan berfungsi menekan nafsu makan hingga meningkatkan pergerakan Lipolisis, yang pada akhirnya dapat menurunkan berat badan. Beliau juga menambahkan bahwa penurunan berat badan menggunakan akupuntur juga cukup membuktikan menjadi cara aman, sehingga patut dikembangkan guna melawan obesitas. 
Ditulis Oleh : Rah. W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel