Awas, 7 Cara Makan Ini Bikin Perut Cepat Kembung

Gambar: Dherbs
Pemecahan setiap makanan dalam tubuh kita haruslah menjadi aspek penting guna memudahkan tubuh agar mampu menyerap tiap – tiap kandungan nutrisi di dalamnya. Terutama sebelum makanan itu diproses oleh sistem pencernaan, bukankah kita tidak lupa untuk melahap dan mengunyahnya? Pastinya demikian itu lazim sekali, karena setiap hari mengenai cara makan sendiri telah diaplikasikan. Tapi tanpa sadar, seringkali kita melampaui batas akan tata cara makan sehingga berakibat tidak bagus bagi kesehatan. Mengapa? Karena ternyata ada beberapa teknik konsumsi makanan yang justru dapat membuat perut jadi tidak nyaman, akhirnya menyebabkan perut cepat kembung.

Padahal kita sudah merasa telah melahap semua makanan yang dihidangkan dan minum cukup air putih. Namun bagaimana bisa di penghujung hari kita tak sadar mengalami perut kembung ? Menurut apa yang diungkapkan oleh seorang ahli gizi bernama Beth Warren, RD yang dilansir dalam Bethwarren Nutrition, menjelaskan terjadinya perut kembung merupakan kasus pembengkakan di daerah perut, bisa saja itu karena kondisi perut tidak nyaman atau terdapatnya banyak ruang. 

Meski adanya situasi tersebut mampu dikurangi dengan menghindari makanan penyebab perut kembung yang mungkin sering kita konsumsi, perhatikan juga  kebiasaan makan tidak baik lainnya yang memberikan efek negatif bagi kondisi perut Anda agar mampu melawannya.

Berikut cara makan yang ternyata selama ini menyebabkan perut kembung terjadi :

1. Konsumsi  Terlalu Banyak Makanan Berminyak
Apakah Anda gemar makan gorengan sampai mungkin membuat perutmu mudah terasa kembung ? Kalau memang begitu cukupkan saja dalam mengonsumsinya. Artinya, makanan berminyak seperti gorengan, kerupuk goreng, dan sebagainya, bisa saja akan menghasilkan kandungan lemak tubuh semakin bertambah atau kalori penyebab gemuk berdatangan. Bahkan mereka juga membutuhkan waktu lebih lama saat diproses tubuh bila dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Kalau tubuh terus menerus mengonsumsinya tanpa diimbangi oleh  makanan lain, tentu demikian dapat berkontribusi menjadikan perut mudah kembung.

2. Konsumsi Sodium Berlebih
Garam, tentu bumbu dapur satu ini kerap digunakan sebagai penambah rasa masakan bukan? Tapi ingat jangan berlebihan saat menyantapnya. Kalau garam terus dipaksakan, berarti kita telah mengizinkan sodium masuk ke tubuh. Lalu bagaimana dampaknya jika sudah terlanjur? Menurut penjelasan dalam Mayoclinic, telah menegaskan ketika banyak Natrium masuk ke dalam tubuh, maka mereka akan dapat menarik air pada tingkat Molekuler. Sehingga dari situ mengakibatkan tubuh mempertahankan lebih banyak cairan di perut. Bisa jadi itu semua akan berdampak pada pembengkakan perut atau bagian tubuh lainnya menjadi terlihat bengkak / buncit. Disinilah mengapa Anda sering terasa kembung seusai mengonsumsi garam berlebih.
Gambar: Liverdoctor

3. Makan Terlalu Cepat
Makanlah secara perlahan dan jangan terlalu cepat seperti lomba. Karena terburu – buru dalam mengonsumsi makanan sama halnya membiarkan udara masuk secara berbarengan dengan makanan ke perut secara tidak wajar, sehingga menjadi penyebab perut kembung. Idealnya, cobalah memberikan jarak satu menit pada setiap suapan. Kalau mungkin hal itu terasa sulit, maka gunakan teknik penghitungan saat makan sampai Anda terbiasa makan sambil perlahan.

4. Minum Air Berlebihan
Bukan makan saja, cara minum air pun haruslah diperhatikan. Jika tubuh mendapat asupan air yang cukup, itu sangat direkomendasikan. Sebaliknya kalau tubuh banyak minum air, justru demikian akan menyebabkan banyaknya timbunan gas pada saluran pencernaan. Sesuai apa yang dijelaskan oleh Warren, bahwa kelebihan gas dalam saluran pencernaan dapat juga menimbulkan pembengkakan di perut. Oleh karenanya, takarlah konsumsi air ini secara tepat.

5. Banyak Mengonsumsi Pemanis Buatan
Berdasarkan apa yang dijelaskan oleh Warren, bahwa pemanis buatan tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik, maka hal itu cukup berisiko untuk menyebabkan perut kembung. Karena mungkin saking banyaknya konsumsi pengganti gula tersebut, sehingga menyebabkan retensi air dalam tubuh secara berlebihan.  

6. Makan Hingga Perut Tidak Muat
Tentu Anda tahu, bahwa cara makan yang benar yaitu dengan takaran pas alias tidak lebih. Sedangkan memiliki porsi makanan melampaui batas akan berisiko untuk mengasup makanan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh. Jadi, selain kebiasaan terlalu banyak makan itu kurang baik, demikian juga akan membuat perut kembung karena saking beratnya kinerja sistem pencernaan dalam mengolah makanan berat pada satu waktu.  

7. Kurangnya Makanan Mengandung Tinggi Serat
Bagi orang yang sama sekali bukan penggemar makanan berserat tinggi seperti sayuran, kacang dan sejenisnya, ketika makannya secara berlebihan mungkin dampaknya akan membuat perut mereka kembung. Meski dampaknya bersifat sementara, tapi alangkah lebih baiknya kalau Anda ingin memulai makan buah dan sayur dengan tinggi serat, maka lakukanlah secara perlahan saja guna menyeimbangkan organ usus dalam mengembangkan bakteri yang dibutuhkan sebagai pengolah makanan itu. 
Ditulis Oleh: Arbamedia  /  Ar. M

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel