Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Software Ini Mampu Tingkatkan Daya Ingat Otak

Gambar: 4nids
Supaya daya ingat otak lebih kuat, pastinya kita tidak lupa mengasahnya dengan belajar bukan..? Karena belajar termasuk kebutuhan utama untuk setiap manusia. Dengan itu kita dapat mengetahui apa yang belum pernah kita temukan di dunia, dan juga memperluas pengetahuan. Ada berbagai cara jika ingin memperluas pengetahuan selain membaca, browsing maupun mendengarkan radio.  Karena kita juga bisa memanfaatkan media digital secara lebih semaksimal. Lantas bagaimana caranya…?

Manfaatkan saja fasilitas internet untuk mencari sesuatu hal yang ingin dipelajari. Pada jaringan internet telah banyak tersedia berbagai software atau Aplikasi untuk meningkatkan daya ingat otak. 

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing, terkadang ada orang yang memiliki daya ingat lemah atau sulit berkonsentrasi. Akibatnya tidak bisa menangkap informasi atau data yang seharusnya dicerna untuk memperluas pengetahuan. Bagi kalian yang memiliki masalah tersebut janganlah khawatir, karena para programer sudah membentuk sebuah software berupa Game, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak. 

Di bawah ini adalah beberapa jenis Aplikasi permainan yang dapat membantu menjaga –bahkan meningkatkan daya ingat otak :

1. Unblock Me Free
Unblock Me Free atau Unblock Master hanya tersedia pada ponsel Android. Dimana game ini penuh dengan berbagai teka teki untuk menata seluruh balok di dalam, dengan susunan tertentu. Permainan ini memiliki kapasitas kecil, dan juga bisa didapatkan dengan gratis –tersedia banyak versi di play store. Unblock, sekilas terlihat mudah jika hanya menggunakan logika. Namun saat menjalankannya langsung, tentu akan merasa kesulitan karena butuh konsentrasi dan strategi yang baik.

2. Sudoku
Sudoku merupakan software permainan yang banyak digemari di dunia. Permainan ini cukup memerlukan kelancaran saat menghafal sebuah angka yang diperlukan. Permainan yang memiliki tampilan tabel berjumlah 9X9 ini, memiliki cara kerja tersendiri bila dibandingkan dari jenis permainan lainnya. Pada satu deret tabel Sudoku, kita perlu memasukkan nomor sebanyak 9 digit –mulai dari 1 sampai 9 tanpa harus mengisikan nomor yang sudah.  Jika kalian penasaran, maka bisa memiliki software game ini secara gratis di play store.

3. Flow Free
Flow Free tersedia pada ponsel Android, memiliki sekitar 1500 teka teki untuk dapat dipecahkan. Permainan asah otak ini memiliki sifat adiktif dan termasuk ke dalam kategori Puzzle. Flow Free dapat diselesaikan dengan cara menyambungkan dari ujung ke ujung pipa yang memiliki warna sama. Namun dengan catatan, warna tersebut tak boleh bersentuhan serta harus memenuhi ruangan papan tersedia.

4. Unroll me
Hampir semua orang beranggapan bahwa aplikasi game akan membuat siapa saja yang menggunakannya menjadi bermalas-malasan. Namun perlu kalian tahu, bahwa tak semua permainan dapat membuat efek kecanduan, akhirnya menjadi malas. Telah terdapat  software permainan disebut Unroll me, tanpa kita sadari dapat membantu mengasah otak. Karena dengan kecanggihannya dalam menyusun sebuah teka teki, menjadikan kita saat menggunakan software ini harus berpikir sekeras mungkin untuk membentuk sebuah strategi guna menyelesaikannya.

5. Teka Teki Silang
Sudah sangat bersahabat dari zaman ke zaman. Teka teki merupakan satu permainan yang memiliki tujuan untuk mengasah otak pengguna. Dimana bentuk teka teki silang tersusun dari beberapa tabel, dengan jumlah berbeda berdasarkan jawaban dari soal tersedia. Permainan teka teki silang atau akrab disebut TTS, pertama kali dikeluarkan sebelum kemajuan teknologi berkembang. Tapi sekarang tak perlu harus membelinya dalam bentuk buku, karena media digital sudah menyediakan permainan ini secara gratis.

6. Cargo Bridge
Sebuah Software / Aplikasi game satu ini benar – benar unik, lucu bahkan menghibur. Cargo Bridge dapat dioperasikan pada laptop atau komputer berbasis Windows. Permainan berbasis flash ini menyediakan berbagai level beserta tempat, dimana pengguna dapat membangun sebuah jembatan yang kokoh dengan anggaran biaya paling sedikit. Saat pembangunan jembatan, ada beberapa trik atau desain yang harus diterapkan supaya menjadi jembatan yang baik dan kuat.

Itulah daftar software permainan unik menghibur, pastinya juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga daya ingat otak.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Adi. K