Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syair Wanita Ini Membuat Umar bin Khattab Menangis Tiada Henti

Gambar: safhaa
Ketegasan Umar bin Khattab saat menduduki kursi khalifah akan membuat siapa saja menghormati kepemimpinannya. Tidak pandang siapa yang salah, baik dari pihak keluarganya ketika mendapati kesalahan, maka Umar r.a pun akan segera menjatuhkan hukuman tanpa rasa bimbang dan ragu. Itu semua semata – mata dilakukan oleh beliau, karena demi menegakkan syariat islam, serta mempertahankan budi pekerti luhur yang telah diajarkan melalui risalah nabi SAW -semasa beliau masih hidup di dunia. 

Berkat ketangkasan beliau dalam menghadapi masalah internal, maupun saat terjadi peperangan melawan orang – orang yang memusuhi orang Islam kala itu, maka telah banyak kemenangan yang tercapai. Tapi dibalik ketegasan sahabat Umar r.a dalam memimpin, ternyata ia juga memiliki kerinduan amat mendalam terhadap sosok seorang yang dinanti –nantikan kehadirannya. Siapakah itu…? Baginda Rasulullah SAW. Sayangnya, saat itu Rasulullah SAW sudah mendahuluinya pulang ke Rahmatullah. 

Lalu, sahabat Umar pun terus melinangkan air matanya -ketika ia mendengarkan sebuah syair yang dibacakan seorang wanita. Bagaimanakah bunyi syair tersebut …?

Dikisahkan sebagaimana dalam Muntakhab Al kanz -terdapat sebuah riwayat Ibnu Al-Mubarak Dan Ibnu Asakir dari Zaid bin Aslam, katanya : Pada suatu malam Umar bin Khattab r.a keluar guna melihat orang ramai, Beliau melihat ke arah lampu dalam sebuah rumah. Sesampai ia menghampiri lampu itu, beliau melihat seorang wanita sedang membersihkan kapas untuk ditenun sambil bersyair :

“ Shalawat orang –orang berakal atas Muhammad ”
“ Orang – orang terpilih telah ber-shalawat kepadamu ”
“ Engkau telah menghabiskan waktu malam-mu untuk beribadah kepada Allah dan tangisan pada waktu sahur ”
“ Semoga syairku dan kematian itu dalam berbagai cara ”
“ Adakah ( Allah SWT ) menempatkanku dan kekasihku ( Muhammad ) di dalam sebuah rumah yang sama..? ”

Setelah Umar r.a mendengar lantunan syair itu, dalam riwayat di atas menjelaskan -seketika ia pun duduk pada permukaan pintu sambil menangis. Ia terus menangis tiada henti, sehingga ia dengan sendirinya mengetuk pintu rumah yang ditempati wanita tua penyair itu. Sebelum dibukakan pintu rumah tersebut, wanita penyair bertanya kepada Umar bin Khattab r.a :  Siapakah yang mengetuk pintu..?

Jawab beliau : “ Umar bin Khattab ”, kemudian sahut wanita tua tersebut : “ Apa yang Umar inginkan dariku..? Umar tidak akan datang pada waktu seperti ini ”, sahabat Umar pun berkata : “ Bukalah pintu ini, Allah SWT merahmatimu ”

Lalu barulah wanita penyair mau membukakan pintu, lalu Umar pun masuk sambil berkata : “ Ulangilah kata – katamu yang baru kamu ucapkan tadi ”, Lalu wanita itu mengulangi kata – katanya ( syair yang tadi diucapkan ). Sesampainya di penghujung syair, Umar r.a pun berkata : “ Aku pun meminta darimu agar memasukkan aku bersama kamu berdua ”. Kemudian wanita tersebut berkata : “ Ampunilah dia, Wahai yang Maha Pengampun ”. Usai mendengarkan jawaban wanita penyair, Umar bin Khattab r.a merasa bergembira kemudian beliau pulang. 

Lantunan syair itu menggambarkan mengenai begitu besar rasa kecintaan penyair terhadap baginda Rasulullah SAW, begitu pula Umar sebagai pendengarnya sekaligus sahabat dekat Nabi SAW. Dimana beliau sebelumnya bersama – sama Rasulullah SAW berjuang menegakkan agama Allah SWT. Ketika ia sudah tidak bersamanya lagi, pastinya hatinya pun rindu terhadap kekasihnya itu. Lantas bagaimana dengan kita semua..? Apakah di dalam hati masih tetap menanamkan kecintaan kepada Rasulullah, serta menempatkan beliau sebagai titik utama suri tauladan yang baik ...?
Baca: Inilah Tangisan Umar bin Khattab Pada Kemewahan Dunia
Ditulis Oleh :  Arbamedia  /  Rah. W