5 Alasan Bayi Sering Menggosok Matanya

Gambar: Thebump
Bayi memang terlahir imut dan lucu, mereka pun kerap kali mengusap – usap wajah dan matanya. Bahasa tubuh yang diperlihatkan semacam ini patut untuk kita ketahui apa yang sebenarnya mereka inginkan. Apakah mereka sedang menginginkan sesuatu, sehingga mengusapkan kedua tangannya untuk disentuhkan di sekitar area wajah dan mata sebagai pertanda. Atau malah sebaliknya, hal itu dilakukan sebagai ekspresi ajakan Si kecil kepada Sang Ibu agar ia mau bermain dengan mereka.

Ternyata banyak sekali alasan mengapa bayi sering kali menggosok mata mereka. Jadi, bisa saja kebiasaan menggosok mata dilakukan oleh si kecil, menunjukkan pertanda bahwa ia sedang mengalami masalah atau gangguan medis tertentu. Tapi tidak semua memberi alasan demikian, adakalanya itu dilakukan karena Si kecil ingin mencoba melakukan penyesuaian terhadap gerak tubuhnya.

Dilansir dari Curejoy.com, Inilah beberapa alasan mengapa bayi melakukan kebiasaan menggosok mata :

1. Dia Ngantuk
Alasan paling umum dari kebiasaan bayi yang sedang mengusap mata, yaitu sebagai tanda kalau mereka sedang lelah alias ingin cepat tidur. Sama halnya Anda ketika sedang ingin menenangkan otot – otot di tubuh saat merasa tegang atau kaku. Si kecil tentunya akan respek kalau misalnya terdapat kelelahan pada otot di sekitar mata mereka. Maka dari itu, ia selalu mencoba menenangkan otot mata yang kaku itu dengan cara menggosok mata.

Lantas, bagaimana respon Anda sebagai Sang Ibunda…? Kalau sudah tahu Si Kecil sedang mengantuk, maka segera tidurkanlah. Cobalah untuk membuat jadwal tidur baginya sedini mungkin, sambil diayunkan pelan - pelan –dengan memberikan bantalan empuk agar si kecil mudah tertidur. Atau kalau enggan melakukannya, maka baringkan bayi di kamar tidur sambil diberikan selimut untuk menghilangkan rasa kantuknya.

2. Si Kecil Ingin Membiasakan Diri
Tidak aneh kalau mereka hendak mencoba ingin menyesuaikan diri dengan kondisi tubuhnya, yaitu dengan cara menggerak – gerakkan sebagian organ tubuhnya : Seperti tangan yang diayunkan ke wajah dan mata, sedangkan kakinya ingin sekali bergerak – gerak dan sebagainya. Ternyata ini pertanda baik kalau Si kecil mencoba ingin tahu bagaimana sebenarnya fungsi organ tubuhnya dapat bekerja dengan baik.

3. Ada Sesuatu di Matanya
Mata bayi masih rentan sekali terkena debu atau benda – benda kecil di sekitarnya, seperti bulu mata dan lendir kering. Bisa jadi mereka menggosok – gosok mata mereka dikarenakan ada debu yang menempel. Sehingga Si kecil memberi isyarat dengan menyentuhkan tangannya di sekitar area mata. Jika terdapat sesuatu di matanya, maka segeralah keluarkan debut tersebut dengan benda halus yang steril.

4. Mengalami Mata Kering
Mata kering bisa menimpa siapa saja dan tak mengenal usia. Kalau bayi yang sedang terkena mata kering, biasanya disebabkan oleh berkurangnya zat alami pelindung air mata, karena terkena udara berlebihan secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Pada akhirnya, Si kecil mencoba untuk menggosok matanya, agar mampu memicu air mata keluar sehingga dapat membasahi mata kering tersebut.

5. Matanya Sedang Sakit / Gatal
Mata bayi yang sakit biasanya disebabkan oleh infeksi. Jika Si kecil terkena infeksi, kebiasaan menggosok mata sering kali dibarengi dengan tangisan mereka. Gejala infeksi yang ditimbulkan bermacam – macam, Seperti : Bengkak, gatal – gatal, demam, mata menjadi kemerahan dan lainnya. Jika bayi mengalami kondisi demikian, maka ajaklah ia ke dokter anak terdekat supaya mereka segera mendapatkan penanganan yang intensif.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Rah. w

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel