Anda Selalu Bangun Kesiangan, Segera Tinggalkan 4 Hal Sepele Ini

Gambar : findingmastery
Sering kali waktu kita hilang akibat dari keterbiasaan saat bangun tidur kesiangan. Kadang kita berpikir bahwa saat bangun kesiangan itu berawal dari diri kita sendiri saat tidur terlambat. Namun perkiraan itu semua ternyata melenceng dari fakta yang sebenarnya. 

Memang benar, sebagian besar orang yang bangun tidur terlambat, secara langsung disebabkan oleh pola tidur yang kurang teratur. Namun pernahkah anda bertanya-tanya mengapa hal ini masih saja terjadi saat kita sudah mengubah pola tidur menjadi lebih baik..? Nah, di bawah ini terdapat beberapa faktor yang membuat bangun tidur anda menjadi terlambat bahkan hingga bermalas-malasan, seperti diterbitkan pada laman merdeka.com ( retrieved 10/10/2017 ) :

1. Makan Tidak Teratur
Perlu diketahui setiap orang memiliki jam biologis di mana waktu alami yang diatur secara otomatis oleh kebiasaan aktivitas kita sehari hari. Saat pola makan tidak teratur, maka dengan otomatis menjadi kebiasaan yang menentukan jam biologis tubuh berubah setiap harinya. Dengan begitu jam tidur pun juga akan berubah, dan yang lebih parahnya saat kita bangun terlambat badan akan terasa lelah.

2. Tidur Hanya Sebentar Saja
Demikian sering kali dialami oleh seseorang yang memiliki banyak beban pikiran. Tidur dalam hitungan kurang dari waktu rata-rata, ternyata dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Mungkin anda sendiri pernah mengalami saat tidur dalam waktu yang singkat, hingga saat bangunnya badan merasa semakin lelah dan merasa lemas. Bahkan juga aktivitas tidur menjadi semakin terganggu.

3. Tidur Terlalu Lama
Kebanyakan dari kita saat memiliki waktu luang yang lebih banyak atau saat libur sekolah, justru malah bermalas malasan untuk bangun. Tahukah anda, tidur terlalu lama ternyata juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena jam ideal orang dewasa saat tidur itu hanya berkisar 6 jam untuk setiap harinya. Maka dengan begitu jelas akan menjadi hal yang tidak baik jika seseorang tidur dalam waktu yang terlalu lama. 

4. Sering Meninggalkan Sarapan Pagi
Terlalu sering meninggalkan sarapan pagi ternyata kondisi tubuh akan melepaskan enzim yang disebut dengan hormon stres kortisol. Yang mana memiliki pengaruh negatif dalam tubuh, sehingga tubuhpun menjadi lemah setelah menjalankan aktivitas. Sementara jika kebiasaan ini berlangsung lama, maka seseorang  akan cenderung menjadi malas malasan ketika bangun tidur.

Itulah yang menjadi penyebab mengapa kita sering bangun tidur Kesiangan, meskipun pola tidur sudah diatur dengan baik.
Ditulis : Adi K  /  arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel