Waspada! 4 Kebiasaan Ini Bikin Anda Sakit Punggung

gambar : clevelandclinic
Anda sering merasakan sakit punggung atau mungkin malah sering mengalaminya, pasti sebagian teman dan keluarga anda mengatakan ” Bahwa sakit punggung tersebut merupakan faktor umur yang sudah tua “. Memang banyak orang yang berumur lebih tua memiliki masalah pada tulang punggungnya. Namun tahukah Anda, tak semua masalah sakit punggung itu disebabkan karena faktor umur yang tua, melainkan dari kesalahan saat kita melakukan aktivitas tertentu.

American Chiropractic Association telah mengungkapkan, bahwa sakit punggung merupakan gejala yang sering dialami oleh beberapa orang Amerika yang bukan karena umur. Nah dari beberapa penelitian dan survei, sekitar 50 sampai 80 persen penyebab sakit punggung bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Duduk Terlalu Lama
Bukan hanya sakit punggung biasa, duduk sambil membaca buku dan juga bermain gadget dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan tulang punggung terserang Kifosis. Gejala awal penderita Kifosis yaitu mengalami nyeri pada punggung saat duduk dengan posisi agak membungkuk.

2. Beban Punggung Terlalu Berat
Membawa beban berat dengan tumpuan di punggung ternyata juga termasuk membahayakan tulang. Karena tulang punggung berfungsi untuk menahan diri agar tetap dalam kondisi tegap, maka perlu kita rawat dengan baik demi mendapatkan umur tulang yang lebih lama.

3. Posisi Bantal yang Salah
Setiap manusia memiliki beban kepala sekitar 6 Kg, sangat berat bukan..? Maka dari itu tak terbayang jika kita tidur dengan kondisi kepala dan leher tidak sejajar. Maka tulang punggung kita juga dapat menjadi korban akibat dari tekanan yang ditimbulkan dari beban kepala tersebut. Pada akhirnya tulang punggung dan leher akan sering merasa sakit maupun kram.

4. Pengaruh Stres
Stres merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit punggung. Hal ini memang sulit dipercaya, namun faktanya sudah banyak peneliti yang mengatakan “ Bahwa dalam jurnal Brain Behavior telah tercatat sebagian besar orang dapat menghindari gejala sakit punggung dengan cara mengontrol emosional dengan baik “. Sehingga efek dari rasa nyeri akibat dari emosional akan hilang secara berangsur.

Demikianlah kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit punggung di rentan usia yang masih muda. 
Oleh : Adi. K  /  Arbamedia
Sumber: health.liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel