Bahaya! Jangan Konsumsi 7 Buah Ini di Pagi Hari

image : goddessignited
Menurut para ahli, sarapan merupakan salah satu bagian terpenting untuk dilakukan demi mencukupi kebutuhan Vitamin tubuh. Kebiasaan baik ini memang wajib untuk kita lakukan karena memiliki alasan tertentu. Saat kamu bangun pagi sebelum melakukan aktivitas, maka kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah menyediakan nutrisi Vitamin, Karbohidrat dan Mineral, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan sehat setiap pagi. 

Ada banyak pilihan jika ingin memiliki kesehatan tubuh maksimal, terutama adalah menjaga menu sarapan pagi dengan makanan / buah-buahan tertentu. Meski buah - buahan baik untuk dikonsumsi, namun tidak semua buah itu sehat dimakan saat pagi hari dalam keadaan perut kosong. Hal ini dikarenakan setiap buah memiliki kandungan asam dan senyawa lain yang bersifat tajam, tapi dengan dosis berbeda-beda. Untuk itu sangat disarankan untuk memenuhi sumber energi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas, dengan mengonsumsi makanan dan buah - buahan, kecuali yang ada di bawah ini:

1. Jeruk
Mengonsumsi buah jeruk memang sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin memiliki kulit cantik / sehat. Selain itu kandungan vitamin C dan Antioksidan yang tinggi dalam buah jeruk, mampu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh, serta membuat tubuh menjadi kebal terhadap beberapa jenis penyakit. 

Namun meski buah jeruk dikatakan baik, tapi ada beberapa pengecualian. Seperti kandungan Asam dan Serat yang tinggi pada buah jeruk, dapat mengakibatkan kram perut dan diare jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, terutama dalam keadaan perut masih kosong atau pagi hari.

2. Mangga
Rasa enak manis yang khas pada buah mangga memang cukup menggoda lidah penikmatnya. Pasalnya buah yang dapat dinikmati pada musim akhir tahun ini memiliki popularitas tinggi, bahkan hingga tidak ada orang yang tak suka mengonsumsi buah mangga. Namun sayangnya, untuk mengonsumsi buah mangga agar tidak terjadi masalah pada lambung / diare, kita disarankan menghindari mengonsumsi mangga di pagi hari, khususnya jenis mangga muda.

3. Rambutan
Buah yang memiliki daging putih kenyal ini banyak digemari orang, karena memiliki beberapa manfaat / khasiat di dalamnya. Buah rambutan memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Namun efek samping yang ditimbulkan oleh buah ini juga lumayan berbahaya. Kandungan gula pada rambutan bersifat Alcoholic, dimana jika seseorang mengonsumsi buah rambutan saat kondisi perut masih kosong, maka akan terasa pedih dan menjadi penyebab diare.

4. Durian
Durian adalah salah satu jenis buah dengan kulit berduri, dan bau daging harum menyengat. Buah berduri tersebut mengandung alkohol alami dengan jumlah lumayan tinggi. Mengonsumsi buah durian di pagi hari dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan efek samping berbahaya, bahkan bisa mematikan. Kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian, dapat menimbulkan rasa panas jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sementara situasi ini akan memicu penyebab kematian janin yang masih muda.

5. Semangka
Salah satu buah mengandung banyak mineral adalah buah semangka. Diperkaya dengan sumber Vitamin dan Mineral, menjadikan buah semangka enak dan segar jika dikonsumsi saat situasi udara panas. Namun menurut Julia Greer, salah satu asisten kedokteran di University of Pittsburgh menyatakan, bahwa ada sekitar 30 persen orang mengonsumsi buah semangka di pagi hari akan mengalami perut kembung, perut bergas serta diare. Masalah tersebut disebabkan karena beberapa orang tidak bisa menyerap Fruktosa keseluruhannya.

6. Salak
Kandungan Betakaroten, Vitamin C, Kalsium, Zat Besi dan Tanin pada buah salak memiliki fungsi baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi organ tubuh. Manfaat utama yang dapat diambil dari buah salak adalah untuk menjaga kesehatan penderita jantung Kardiovaskular. Akan tetapi kandungan Tanin buah salak yang tinggi memerlukan perhatian khusus jika anda memiliki masalah Ulkus Usus. Maka tidak dianjurkan mengonsumsi buah salak di pagi hari, karena nanti dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, bahkan muntah.

7. Apel
Buah apel biasanya kerap kali dibawa oleh seseorang saat menjenguk orang sakit. Sementara rasa nikmat dalam buah Apel terbentuk dari beberapa kandungan senyawa alami, seperti Vitamin C dan Antioksidan yang tinggi. Selain itu apel juga diperkaya dengan serat. Bagi kamu yang tidak ingin memiliki perut kembung dan bergas, hindari mengonsumsi buah Apel saat perutmu dalam keadaan kosong.
By : Adi K  /  Arbamedia
Referensi : liputan6, hellosehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel