7 Solusi Alami Hitamkan Rambut Anda dengan Cepat

image : thebrunettediaries
Salah satu yang menjadi bagian dari ketampanan / kecantikan seseorang adalah motif rambut yang diterapkan. Meski ada banyak model yang sering kita lihat, namun pada dasarnya rambut tetap terlihat sehat jika melakukan perawatan dengan rutin. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi perubahan warna rambut, seperti faktor usia, genetik, dan kebiasaan hidup yang kurang sehat. Beberapa orang mengalami rambut hitamnya beruban saat mereka masih muda, dalam istilah umumnya hal ini disebut dengan uban dini.

Pernahkah membayangkan jika rambut hitam Kamu tumbuh dengan warna putih pada usia masih muda..? Tentu jika hal demikian terjadi pasti akan menjadi perbincangan publik bukan..? Sebenarnya untuk menjaga kesehatan rambut ada beberapa hal yang memang wajib untuk kita terapkan, Pastinya juga berhubungan dengan kesehatan tubuhmu. Pada Zaman yang berkembang saat ini, beberapa ilmuwan telah melakukan pengujian terhadap beberapa tanaman herbal di sekeliling kita. Sementara hasil yang mereka berikan tak tanggung – tanggung, beberapa tanaman herbal yang banyak dijumpai di sekitar Anda memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga agar warna hitam pada rambut tetap optimal. 

Berikut adalah daftar dari beberapa tanaman herbal yang dapat kita gunakan untuk menjaga warna rambut agar tetap terlihat hitam alami dan memesona :

1. Teh Hitam 
Teh hitam merupakan salah satu teh herbal yang mengandung senyawa dalam dosis cukup tinggi. Namun pengonsumsian terhadap teh herbal satu ini tidak boleh berlebihan, karena dapat menimbulkan suatu masalah dalam kesehatan tubuh. Manfaat yang dapat kita ambil dari teh hitam ini adalah untuk menjaga kesehatan pada rambut. Seperti namanya, teh yang dapat membuat rambutmu menjadi lebih hitam pekat ini dapat dikonsumsi setiap hari secara rutin agar memiliki rambut yang sehat.

2. Biji Pepaya
Biji buah pepaya memang terlihat sepele, banyak orang tidak mengetahui manfaat dari bagian buah yang sering dibuang ini. Salah satu kandungan dalam biji pepaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut dengan sehat. Cara pengaplikasiannya juga tidak rumit : Tumbuklah biji pepaya yang sudah disangrai hingga lembut, lalu tambahkan dengan minyak kelapa dan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga rata, Jika ramuan sudah siap silakan langsung oleskan pada bagian rambut yang beruban.

3. Minyak Kemiri
Selain berguna untuk penyedap masakan di dapur, minyak yang dihasilkan dari Fermentasi kemiri ini ternyata juga mampu menandingi manfaat yang diberikan oleh biji pepaya. Minyak kemiri memiliki kandungan senyawa yang baik untuk pertumbuhan rambut, termasuk menjaga warna hitam pada rambut. Cukup mengoleskan sedikit minyak kemiri pada kulit kepala anda, maka kesehatan rambutmu akan selalu terjaga.

4. Minyak Kembang Sepatu
Mungkin saja saat ini keberadaan bunga sepatu sudah hampir punah. Bunga yang sempat viral di kalangan praktisi tahun 2006 ini, ternyata kini sudah banyak diolah menjadi beberapa ramuan tertentu, salah satunya adalah sebagai sampo. Dengan kandungan biji sari yang ada di dalamnya, bunga sepatu memiliki kemampuan khusus dalam menjaga kesuburan folikel rambut, hingga menghitamkan warna rambut yang mulai terlihat kusam. 

5. Minyak Zaitun
Salah satu cara alami untuk menghitamkan rambut secara sehat adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak yang diproduksi dari hasil tanaman di negara Timur Tengah ini, dapat kita terapan dengan cara dioleskan pada bagian kulit kepala secukupnya. Setelah itu diamkan beberapa menit guna peresapan zat yang terkandung dalam minyak zaitun. Setelah itu bilas minyak zaitun dengan bantuan air bersih yang mengalir. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, lakukan cara ini setiap hari jika rambut belum terlihat sempurna.

6. Mangga Muda
Buah yang memiliki popularitas tinggi saat musimnya tiba, ternyata bukan hanya memiliki rasa yang enak dan manis. Namun dengan kandungan Antioksidan yang tinggi di dalamnya, buah mangga dapat membantu kamu yang memiliki masalah kesehatan, terutama berhubungan pada warna rambut yang hitam berkilau. 

Caranya cukup mudah : Kupas buah mangga yang masih muda, lalu campurlah buah mangga dengan daun mangga muda yang sudah diambil dari pohonnya. Setelah itu tumbuk kedua bahan ini hingga halus / merata. Tambahan minyak kelapa secukupnya, setelah diaduk sampai rata ramuan ini siap dioleskan pada kulit kepala. Agar menuai hasil sempurna, setelah dioles pada bagian kulit, diamkan dulu selama 1 - 2  jam lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Lidah Buaya
Lidah buaya termasuk salah satu tanaman paling umum dipercayai memiliki khasiat untuk mempercantik rambut. Senyawa alami pada gel lidah buaya dipercaya dapat membantu membuat rambut lebih hitam bercahaya. 

Caranya juga tak begitu sulit : Gel yang sudah diambil dari bagian lidah buaya langsung bisa dioleskan ke kulit kepala secara menyeluruh. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan langsung bilas dengan air. Tidak ada efek samping sama sekali dalam melakukan treatment tersebut. Jadi jika ingin hasil maksimal dalam meraih rambut hitam berkilau, lakukan cara ini setiap 2 kali sehari.
By : Adi K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel