5 Cara Cepat dan Praktis Hilangkan Flek Hitam Pada Wajah

image : stylecraze
Menjaga keindahan kulit sejak dini sudah menjadi kebiasaan tiap wanita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Bahkan kebiasaan ini sudah menjadi bagian tetap dari aktivitas mereka. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah yaitu meningkatnya melanin dalam tubuh. Dengan kondisi seperti ini, maka perkembangan melanin akan berdampak pada warna permukaan kulit yang membentuk pigmen dengan kontras / berbeda jauh. Sehingga muncullah bintik hitam pada wajah yang dikenal dengan sebutan Melasma ( dalam istilah medisnya ).

Meskipun sebagian besar flek dapat hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara efektif yang dapat membantu mempercepat pengangkatan flek dari kulit wajah, pastinya juga aman untuk kesehatan kulit. Dengan menerapkan racikan bahan tradisional, kita mampu mengembangkan berbagai macam pengobatan yang banyak diambil dari bahan alami. Salah satu tujuannya adalah untuk menghilangkan noda akibat melanin yang berdampak mengurangi kecantikan.

Berikut adalah beberapa macam bahan alami yang dapat anda temukan di rumah, guna membantu menghilangkan flek hitam membandel :

1. Buah Jeruk Lemon
Buah pertama yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan flek hitam pada kulit adalah buah jeruk lemon. Jeruk lemon mengandung Asam Sitrat yang tinggi, kandungan ini dapat digunakan untuk membersihkan sisa sel mati pada kulit, serta membantu pertumbuhan sel yang baru dengan cepat. Selain itu kandungan Antioksidan dalam jeruk lemon dapat membantu mencerahkan kulit tubuh. Meski terbilang aman, jeruk lemon ini juga dapat menimbulkan sedikit efek samping jika digunakan pada kulit sensitif. Cara penggunaannya juga mudah:

- Siapkan 2 buah jeruk lemon yang masih segar
- Alat pemeras jeruk
- Peras jeruk tersebut hingga airnya keluar semua
- Tuangkan air perasan jeruk lemon pada kapas
- Lalu oleskan pada permukaan pipi, namun hindari area sekitar mata
- Terakhir diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih

2. Pepaya
Buah pepaya merupakan buah dengan kandungan Papain cukup tinggi, sehingga banyak ahli kesehatan mengekstrak buah ini dalam bentuk sabun maupun Hand Body. Keunggulan dari kandungan Papain adalah mampu untuk membantu pertumbuhan sel dengan tepat. Nah.. cara menggunakannya seperti berikut :

- Potong buah pepaya yang sudah matang menjadi beberapa bagian
- Haluskan daging buah tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender
- Tambahkan sedikit madu agar membantu proses pencerahan kulit
- Gunakan ramuan ini sebagai masker wajah selama 20 - 30 menit
- Jika sudah agak mengering, bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih
- Penerapan secara rutin akan mempercepat dalam meminimalkan flek hitam di wajah Anda

3. Kentang
Kentang memiliki kandungan nutrisi tertinggi, yaitu pada Vitamin B6. Tanaman yang berasal dari Amerika serikat ini sampai saat ini menjadi salah satu jenis makanan pokok di negara Amerika. Dengan berbagai macam hasil pengolahan kentang, kandungan minyak esensial pada tanaman ini tidak mudah menghilang. Dengan bantuan minyak esensial dan beberapa nutrisi lain, menjadikan tanaman ini mampu mencegah datangnya flek hitam. Cara menggunakan kentang sebagai pencegah maraknya flek hitam sebagai berikut:

- Parut 2 umbi kentang berukuran sedang
- Tambahkan sedikit air, lalu peras kentang yang sudah diparut hingga airnya tersaring bersih
- Tambahkan sedikit air jeruk lemon dan 1 sendok makan madu
- Aduk cairan tersebut hingga merata semuanya
- Oleskan ramuan pada kulit anda yang didapati bintik-bintik / flek hitam

4. Kulit Buah Semangka
Dipercaya oleh beberapa praktisi kecantikan dunia, untuk membantu menghilangkan bercak noda / flek hitam pada kulit wajah, maka dapat menerapkan cara alami, yakni dengan memanfaatkan kandungan pada kulit buah semangka. Cara mengaplikasikannya juga mudah, Cukup gosokan kulit buah semangka yang sudah diiris dan dipisahkan dari dagingnya, oleskan hingga merata pada wajah / kulit tubuh. Selanjutnya biarkan selama 15 - 20 menit dan basuh menggunakan air bersih.

5. Minyak Cendana
Minyak cendana adalah minyak alami yang didatangkan khusus dari India. Minyak ini berasal dari pohon cendana, lalu diolah melalui berbagai macam proses hingga menghasilkan minyak. Salah satu khasiat yang dapat diambil dari minyak cendana adalah untuk menghilangkan noda flek hitam pada wajah. Diperkaya dengan senyawa Antiseptik, menjadikan minyak cendana juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada usia muda. Hasil olesan minyak cendana pada kulit wajah akan menstimulasi kulit dalam mengendalikan sel – sel yang mati, pada akhirnya mampu mencegah flek hitam pada kulit wajah.
By : Adi K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel