Langkah Sederhana Bersihkan Pestisida Pada Buah dan Sayur

image : amritaretreat
Untuk menjaga kualitas buah yang habis kita beli, ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan. Mengonsumsi buah bersih yang bebas dari sisa pestisida tentu akan jauh lebih baik dari biasanya. Racun pestisida yang banyak digunakan oleh petani buah memiliki kandungan kimia berbahaya, sehingga siapa pun yang mengonsumsi makanan atau buah, sementara masih mengandung sisa pestisida, maka dapat mengalami masalah kesehatan cukup serius. 

Sebenarnya pestisida memiliki peran tersendiri, yaitu sebagai pelindung hasil pembuahan dari masing - masing tanaman. Sehingga dengan pestisida tersebut, hasil pembuahan dapat menjadi sempurna dan memiliki harga jual cukup tinggi. Pestisida umumnya dilengkapi bahan perekat kimia, yang dapat menambah daya lekat dari pestisida itu sendiri saat disemprotkan ke tanaman. Dengan begitu pestisida akan menjadi awet karena tidak mudah luntur walau terkena air hujan.

Meski dikatakan baik untuk pertumbuhan tanaman, pestisida juga memiliki bahaya yang cukup besar pada kesehatan, bahkan hingga berujung pada kematian. 

Lantas, bagaimana caranya membersihkan pestisida yang mengandung bahan perekat tersebut agar dapat dikonsumsi dalam kondisi sehat..?

Tertulis dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, bahwa untuk melakukan pembersihan terhadap buah dan sayuran yang baru kita ambil dari ladang, tidak perlu melakukan langkah yang rumit. Berdasarkan jurnal tersebut tertulis, bahwa Baking soda yang dapat dibeli di toko bahan pembuatan roti, ternyata memiliki kandungan zat tertentu, serta dapat kita manfaatkan untuk membersihkan sisa pestisida yang masih melekat pada sisi daun maupun buah. 

Berikut adalah bahan utama yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan buah dan sayur dari racun pestisida :

- Baking soda 
Pada tahap awal Anda akan menggunakan baking soda sebagai campuran dasar untuk membersihkan racun dari sisi luar buah. Ahli kesehatan dari Amerika telah menguji antara Baking soda, Clorox, dan air. Dengan berbagai cara yang sudah diterapkan, namun tetaplah baking soda lebih unggul dari semua bahan bahan uji coba tersebut.

- Air bersih secukupnya saja

- Wadah / Baskom
Sediakan baskom berukuran besar, karena buah yang baru saja kita beli akan direndam beberapa menit dalam wadah baskom.

Cara penggunaannya juga tidak terlalu sulit :
Buah dan sayur dari berbagai jenis, langsung saja direndam dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Berikutnya rendam dan biarkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas buah tersebut dengan menggunakan air keran yang mengalir hingga bersih.

Beberapa ilmuwan menyimpulkan, bahwa kandungan seperti sodium karbohidrat yang terdapat di dalam baking soda, mampu membantu menghancurkan partikel pestisida yang melekat pada buah dan sayur. Oleh sebab itu, mencuci buah dan sayur menggunakan baking soda bisa dikatakan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan air biasa saja.
By : Adi K  /  Arbamedia
Referensi : sidomi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel