5 Rahasia Mata Sehat yang Direkomendasikan Pakar Mata

image : stylecraze
Berbicara mengenai kesehatan mata tentu dibenak kita akan terlintas, bagaimana jika ternyata mata kita mengalami gejala gangguan penglihatan yang tidak begitu terasa. Memang sudah menjadi suatu hal wajar akan gangguan kesehatan mata, selain berlaku menurut faktor umur, masalah pada mata juga dapat disebabkan karena kebiasaan yang kita lakukan sehari - hari. 

Pakar retina dari UCLA, Amerika Serikat memberitakan, bagaimana kebiasaan yang dapat kita terapkan agar mata selalu dalam keadaan sehat pada usia muda maupun tua. Penyakit yang dapat menyerang mata manusia umumnya terbagi menjadi dua golongan, yaitu sakit mata menular dan sakit mata tak menular. Sebagai contoh kecil jika seseorang mengalami sakit mata menular, seperti sakit mata Herpetic, akan disarankan oleh dokter untuk tidak melakukan rutinitas seperti biasanya. Karena dikhawatirkan penyakit yang mengidap penderita tersebut akan menular kepada orang lain.

Nah, Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang disarankan oleh pakar retina “ Luca Zatreanu “ : 

1. Pola Makan Sehat
Seperti yang dianjurkan oleh banyak dokter di Indonesia, Mengubah pola makan yang lebih sehat pasti akan berefek baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Bukan hanya berdampak pada organ mata, makanan sehat alami yang kita konsumsi setiap hari pasti mengandung banyak senyawa alami, seperti vitamin A, Vitamin C dan karbohidrat. Sementara ketiga kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam tubuh setiap hari, tak lain adalah sebagai sumber energi dan kesehatan mata.

2. Jauhi Rokok
Kebiasaan yang sudah banyak dilakukan oleh para lelaki ini memiliki rasa / sensasi tersendiri bagi kalangan pelakunya. Tak lain yang terpandang dari perokok ialah asap yang mengandung nikotin dan tar. Menurut salah satu ahli kesehatan dari dalam negeri, beliau mengatakan bahwa asap yang keluar dari rokok sebenarnya mengandung jutaan partikel, bahkan dapat mengancam kesehatan para perokok dan orang di sekitarnya. Selain itu Zatreanu ahli retina yang berasal dari AS berpendapat, asap rokok yang dikeluarkan langsung dari batang rokok jika mengenai mata akan terasa pedih. Di sinilah partikel itu dapat menyebabkan kerusakan pada sel mata. 

3. Ingat Perlindungan UV
Melindungi mata dari sinar UV juga perlu kita terapkan agar menjadi kebiasaan baik di setiap harinya. Selain berakibat buruk pada kulit kita, sinar UV juga memiliki efek lain yang tentunya juga kurang baik bagi kita yang bekerja di lapangan. Oleh karena itu perawatan menggunakan tabir surya juga diperlukan agar kulit tetap terjaga dengan sehat. Tak hanya itu, agar mata menjadi sehat dan terhindar dari katarak pada masa depannya, Zatreanu menyarankan untuk menggunakan kaca mata gelap, yakni dengan alasan terhindar dari pancaran sinar UV secara langsung.

4. Kurangi Bermain Gawai ( gadget )
Kebiasaan yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda masa kini, yaitu dengan bermain Gadget atau Laptop setiap hari, bahkan dengan durasi waktu cukup panjang. Layar LED yang terpasang pada sebuah perangkat, tentu memiliki tingkat kecerahan berbeda - beda. Namun dengan berbagai fitur yang tersedia pada perangkat gadget, tentunya sangat mampu untuk mengalihkan daya tarik dari segalanya. Pada akhirnya, seseorang bisa lupa atas waktu produktif mereka, karena terlalu terbuai bermain gadget.

5. Kontrol Kesehatan Mata
Tidak perlu menunggu mata terasa sakit. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita, bahwa untuk menjaga kesehatan mata sebenarnya ada ragam cara yang dapat kita terapkan sendiri tanpa bantuan orang lain. Seperti mengubah pola makan lebih sehat, lingkungan bersih & tidak berbau asap, dan selalu kontrol penggunaan gadget yang berhubungan dengan LCD digital. Selain itu mengontrolkan kesehatan mata pada dokter / spesialis mata juga wajib untuk kita lakukan, guna mengetahui kesehatan organ mata kita secara menyeluruh.
By : Adi K  /  Arbamedia
Referensi : alodokter, lipiutan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel