7 Dampak Buruk Jika Anda Malas Bersihkan Rambut

image : hexapolis
Pernahkah anda memikirkan kondisi saat malas untuk menjaga kebersihan rambut..? Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang juga penting untuk kita jaga kebersihannya. Sebagai seorang sejati, perawatan rambut merupakan hal tak kalah penting untuk dilakukan, karena sebagian penampilan seseorang dinilai dari bagaimana cara dia mengatur rambutnya. Banyak orang mengatakan rambut adalah mahkota atas nama diri kita. Untuk itu jika kita lalai menjaga kebersihan rambut, maka akan timbul omongan negatif yang muncul dari mulut seseorang.

Menurut analisa dari ilmu kesehatan, rambut dapat mengalami beberapa masalah seperti berminyak, rapuh, pecah, bercabang dan berbau tidak sedap. Demikian sering terjadi pada seseorang yang jarang mencuci rambut. Padahal untuk menjaga kebersihan rambut itu sangat penting, serta juga berguna untuk mempercantik penampilan agar tetap rapi, tentunya juga sehat. 

Sementara untuk membersihkan rambut pada zaman modern ini tidak perlu bersusah-payah. Dengan adanya sampo bermerek yang ada di pasaran, kita sudah bisa menjaga kesehatan rambut dengan baik, tanpa bantuan orang profesional. 

Di bawah ini adalah beberapa risiko yang terjadi jika kita malas untuk membersihkan rambut :
1. Rambut Berminyak
Saat kamu malas mencuci rambut, kemungkinan ada banyak hal yang dapat terjadi pada dirimu. Jika kamu termasuk golongan orang yang malas untuk mencuci rambut, maka tidak menutup kemungkinan keadaan rambut tidak sehat seperti biasanya. Selain itu risiko lain yang akan timbul adalah penumpukan kotoran pada kulit kepala, hingga dapat menyebabkan korengan.

2. Menjadi Sarang Kotoran
Tidak lagi terlihat sepele jika masalah satu ini muncul pada diri kita. Saat anda lupa akan menjaga kebersihan rambut, mungkin dalam jangka waktu pendek tidak terlihat efek buruknya. Namun jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama, maka masalah buruk pun tak dapat dihindari, salah satunya rambut akan menjadi sarang kotoran.

3. Penumpukan Bakteri
Banyak hal terjadi saat malas mencuci rambut, seperti dilansir dalam laman kompas.com, rambut yang lama tidak dicuci maka akan menjadi penyebab perkembangbiakan bakteri semakin banyak. Beberapa bakteri yang dapat berkembang pada rambut manusia adalah jamur, ketombe, bahkan paling menyebalkan adalah kutu rambut.

4. Rambut Rontok
Penumpukan kotoran pada rambut akan membuat pori-pori kepala tersumbat. Hal ini tidak terjadi pada pori-pori saja, namun folikel yang berfungsi untuk menjaga kesehatan akar rambut juga akan terganggu. Sehingga menyebabkan rambut rontok dengan sendirinya.

5. Membuat Volume Rambut Berkurang
Sangat banyak sekali masalah yang dapat terjadi jika jarang menjaga kebersihan tubuh, salah satunya mencuci rambut. Mulai saat ini hindari kebiasaan malas mencuci rambut, karena dapat menyebabkan folikel pada kepala tersumbat. Lambat laun rambut akan mengalami rontok serta dapat menimbulkan kebotakan.

6. Rambut Menjadi Kusam
Banyak orang mengatakan, rambut hitam mengkilap merupakan salah satu ciri rambut sehat. Bagi seseorang yang tidak memiliki kebiasaan menjaga rambut tetap sehat, maka penampilannya akan terlihat jauh berbeda. Terutama dari segi rambut memiliki warna kusam dan terlihat kumel jika dipandang orang lain.

7. Berbau Tak Sedap
Seseorang yang tampil menawan, tidak mungkin mengeluarkan bau tak sedap dari balik tubuhnya. Banyak sekali faktor penyebab tubuh berbau menyengat, salah satunya adalah keringat. Sementara organ tubuh yang berhubungan dengan bau badan adalah ketiak. Namun perlu anda ketahui kulit kepala juga berperan seperti kulit organ lainnya. Kulit kepala dapat memproduksi keringat lebih banyak saat keadaan rambut tidak terawat dengan baik. Permasalahan tersebut diakibatkan karena kondisi kulit yang tidak segar, serta kurangnya pasokan oksigen.
By : Adi  K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel