Bahaya Keringat Dingin dan 6 Cara Mencegahnya

image : hellodoktor
Setiap orang pasti mengeluarkan keringat saat ia melakukan aktivitas yang menurutnya berat. Bukan hanya itu, keluarnya keringat dari pori-pori kulit juga dapat digunakan sebagai penanda, bahwa pembakaran lemak dalam tubuh berjalan dengan lancar. Namun sebaliknya jika anda mengeluarkan keringat dingin, artinya keringat yang keluar tanpa melakukan aktivitas fisik, sepertinya anda harus segera mendapatkan solusi tepat atau perawatan secara medis.

Pada dasarnya keringat dingin terjadi karena adanya gangguan psikis, seperti pikiran stres, merasa tegang dan kepanikan. Keringat dingin pertama kali muncul pada kaki, telapak tangan, dan pangkal lengan atau ketiak. Biasanya keringat ini muncul disertai dengan gejala lain, seperti warna kulit memucat, badan terasa lemah serta stres. Namun itu semua bergantung pada kesehatan anda sendiri. Keringat dingin memang terlihat biasa, namun jika tidak segera memeriksakan diri ke dokter, bisa saja keringat ini menjadi salah satu gejala penyakit berbahaya, seperti Kanker Limfoma.

Nah.. terkait jenis gangguan keringat dingin, ternyata juga dapat kita redakan dengan beberapa cara cukup sederhana. Tentunya juga akan membuat seseorang menjadi tenang, dan terhindar dari risiko keringat dingin. 

1. Perbaiki Pola Makan
Salah satu cara efektif untuk meredakan gejala keringat dingin adalah mengimbangi pola makan dengan teratur. Perlu anda ketahui, jika pola makan tidak teratur maka ada banyak dampaknya yang mungkin terjadi, seperti gangguan saluran pencernaan. Selain itu memiliki kebiasaan makan tidak teratur juga dapat berdampak pada tubuh, hingga sampai mengakibatkan keringat dingin.

2. Minimalisasi Ketidaknyamanan Dalam Kamar
Mungkin masih jarang orang menyadari tentang kenyamanan kamar. Kamar tidur yang kumuh, kotor dan lembab dapat menjadi sebuah kebanggaan bagi para induk virus. Tentu selain memiliki risiko buruk, kamar seperti ini akan dapat  memicu timbulnya penyakit pada tubuh kita, termasuk keringat dingin. Untuk mengatasi kamar yang tidak nyaman, Anda bisa melakukan pembersihan terhadap lantai setiap hari, selain itu sirkulasi udara yang optimal juga harus menjadi pertimbangan. Lebih penting lagi, selalu usahakan kamar terkena jangkauan sinar matahari agar kondisinya tidak lembab.

3. Buat Diri Anda Lebih Aktif
Selalu sempatkan waktu untuk membuat tubuh anda menjadi aktif dalam segala aktivitas. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengalihkan pikiran negatif dan mengusik kekhawatiran yang sering terjadi pada seseorang. Kiat agar membuat tubuh menjadi aktif, kita dapat melakukan suatu gerakan yang bertujuan sebagai pelatih pernafasan, usahakan pula melakukan olahraga setiap pagi jika perlu. Tubuh yang cenderung aktif akan mampu meminimalisir gejala / gangguan keringat dingin.

4. Konsumsi Obat - Obatan
Langkah terpenting saat tubuh mengalami gangguan kesehatan adalah memeriksakan diri ke dokter. Maka dengan hasil diagnosa yang dilakukan oleh dokter spesialis, kita pasti diberi rekomendasi / resep khusus. Sebagai contoh pemberian resep / obat-obatan yang akan membantu mengurangi tingkat risiko gejala negatif pada tubuh.

5. Lakukan Terapi
Lakukan terapi khusus jika mengalami gejala keringat dingin. Karena bisa saja keringat dingin berawal dari gejala yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti gangguan jantung dan kanker Limfoma.

6. Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna
Banyak orang sudah lupa dengan slogan 4 sehat 5 sempurna. Slogan yang populer di era 90an ini ternyata memiliki makna sangat penting. Sesuai dengan kalimatnya, 4 sehat berarti mengonsumsi makanan pokok seperti nasi, lauk, buah dan sayur. 

Lalu 5 sempurna berarti meminum susu untuk mengimbangi gizi pada tubuh kita. Maka dari itu jika Anda selalu menjaga keseimbangan gizi dengan menerapkan langkah tersebut, setidaknya kesehatan Anda akan selalu terjamin mutunya. Pada akhirnya gejala keringat dingin yang muncul secara tak diduga bisa dicegah dengan langkah efektif.
By : Adi k  /  Arbamedia
Sumber : alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel