7 Tips Sederhana Atasi Insomnia yang Mengganggu Tidurmu

sumber : medicalxpress
Insomnia adalah kondisi tubuh dimana penderita kehilangan rasa kantuk, hingga menyebabkan sulit tidur. Pada akhirnya penderita akan mengalami kondisi kurang sehat saat menjalani pekerjaan di keesokan harinya. Tidur merupakan rutinitas yang membuat diri kita kehilangan kesadaran secara alamiah, sehingga memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Saat situasi seperti ini tubuh akan mengalami beberapa siklus, seperti Rapid Eye Movement dan siklus Non Rapid Eye Movement.

Secara umum sangat sulit untuk menentukan lamanya waktu orang bisa tertidur lelap, karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan berbeda - beda. Namun para pakar kesehatan menyimpulkan, ukuran waktu rata - rata orang memejamkan mata hingga kebawa suasana tidur kurang lebih 90 menit. Meski hal ini tidak bisa dijadikan patokan khusus, namun setidaknya bisa menyingkat waktu yang lama tersebut menjadi lebih pendek. Dengan tujuan menghindari terjadinya insomnia, terutama bagi yang memiliki beban pikiran berat. 

Selain itu kamu juga dapat mengatasi sulit tidur dengan menghindari kebiasaan buruk yang membuat alokasi waktu tidurmu menjadi molor. Nah.. berikut adalah tips sehat yang dapat kamu terapkan untuk menghindari terjadinya insomnia :

1. Warna Dekorasi Kamar yang Tepat
Perlu kamu ingat, kondisi kamar yang tidak rapi sama sekali tentu akan menjadi salah satu daya yang membuat pikiran menjadi stres. Akibat dari beban yang dialami oleh pikiran tersebut, maka otak yang seharusnya rileks sebelum tidur akan berubah menjadi sebaliknya, hingga membuat diri kita susah tidur ( terserang insomnia ). Dengan begitu penyesuaian warna pada kamar sangat memungkinkan untuk memanjakan mata kita, serta membuat hati terasa nyaman. Pastinya situasi tersebut akan membuat tubuh menjadi rileks dan mudah untuk tertidur.

2. Kasur yang Sesuai
Beberapa tipe kasur yang terjual di pasaran tak semuanya cocok dengan kondisi tubuh kita. Banyak orang yang memilih menggunakan kasur empuk, dan tak sedikit pula orang yang ingin menggunakan kasur agak keras. Dari itu semua dasar yang harus kita pahami adalah kondisi tubuh yang sesuai dengan keinginan. Kondisi yang memungkinkan membuat badan terasa nyaman adalah sesuatu yang menyebabkan kita merasa ngantuk dengan cepat. Untuk itu pemilihan kasur sesuai dengan keinginan sangatlah penting. Tidak menutup kemungkinan tipologi kasur ada keterkaitan dengan gangguan insomnia.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara Kamar
Memperhatikan ventilasi udara kamar juga sangat penting untuk kamu yang ingin Move On dari insomnia. Dengan aliran udara segar yang keluar masuk melalui lubang udara, akan membuat hidung terasa adem dan lega. Dengan kondisi nyaman seperti itu, tidak mungkin tubuh kamu akan mengalami ketegangan, yang menyebabkan pikiran menjadi stres saat menjelang tidur.

4. Kondisi Tubuh yang Memadai
Berawal dari kebiasaan buruk yang sering kita alami saat melakukan aktivitas sehari – hari, ternyata juga dapat menjadi faktor penyebab insomnia. Jika tubuh terasa lelah, maka sebagian organ akan terasa tidak nyaman dalam kondisi apapun. Perkara tersebut merupakan salah satu hal umum penyebab seseorang susah untuk tidur.

5. Kurangi Cahaya Berlebihan
Mata akan terasa sulit terpejam jika ada cahaya terang di hadapan kita, hingga berakibat pada gangguan insomnia. Menurut hasil survei yang ditulis pada jurnal Amerika serikat, sedikitnya 10% dari 40 % manusia akan merasakan tidur nyenyak jika lampu kamarnya dimatikan. Hal ini sangat berhubungan langsung dengan radiasi / pancaran cahaya lampu yang membuat pandangan mata menjadi buram ( kabur ). Pada sebagian orang, cahaya terang lampu kamar juga bisa memicu timbulnya sakit kepala, akhirnya mereka kesulitan untuk tidur.

6. Hindari Bermain Gadget
Kebiasaan yang banyak dilakukan oleh kawanan anak muda ini ternyata juga bisa menjadi dampak utama penyebab insomnia. Sementara radiasi ponsel yang dipancarkan melalui gelombang Elektromagnetik, secara tidak langsung akan mengganggu aktivitas sel otak kita. Makanya tidak heran jika ada anak kecil bermain ponsel, maka ia akan merasa dirinya tidak terasa ngantuk.

7. Hindari Mengonsumsi Kafein
Banyak sekali minuman yang mengandung kafein, salah satunya paling favorit adalah kopi. Kopi mengandung senyawa kafein, jika dikonsumsi dapat membantu mencerahkan sistem syaraf dalam sel otak. Dari sinilah banyak orang mengatakan, bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu kinerja otak, bahkan membuat seseorang terhindar dari rasa mengantuk. Namun dampak buruk akan terlihat jika kita mengonsumsi ini dalam jumlah berlebih, salah satunya adalah insomnia serta merasa tidak tenang saat tidur.
By : Adi k  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel