9 Makanan Penyebab Asam Urat yang Jarang Diketahui

sumber : ippmedia
Asam urat adalah penyakit yang tergolong dalam penyakit Arthritis. Dimana penyakit ini dapat terjadi karena faktor usia, makanan dan suhu udara. Penyakit asam urat menyerang tubuh pada bagian sendi, ditandai dengan rasa nyeri seperti memar dan bengkak. Secara umum penyakit ini bisa juga disebut dengan Encok, cara penyerangannya pun secara tiba-tiba tanpa menimbulkan gejala sedikit pun.

Secara garis besar, penyakit Asam Urat banyak menyerang seseorang yang berjenis kelamin laki – laki, dengan alasan lebih banyak melakukan pergerakan yang semestinya harus mereka lakukan dengan batasan - batasan waktu tertentu. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah persendian seperti itu, misalnya pengobatan medis, urut, serta pengobatan herbal. Namun perlu anda ketahui, penderita asam urat memiliki beberapa tantangan, salah satunya adalah menghindari makanan yang mengandung Purin dan jenis zat lain seperti penjelasan berikut :

1. Biji Melinjo
Biji melinjo merupakan salah satu hasil tanaman yang banyak diolah menjadi bahan pangan seperti kerupuk. Rasa pahit gurih yang khas pada kerupuk melinjo, menjadikan banyak orang yang tidak bisa move on dari camilan jenis ini. Meski memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan berbahan dasar biji melinjo juga dapat meningkatkan risiko kambuhnya penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan dalam 100gram biji melinjo mengandung antara 100 - 150 mg Purin, dimana senyawa tersebut sangat berbahaya bagi orang yang memiliki asam urat.

2. Kacang Hijau
Selain kebiasaan sehari – hari, penyebab lain kambuhnya asam urat adalah mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang hijau. Nah bagi kamu yang memiliki penyakit asam urat atau sedang dalam kondisi umur tua, kamu sebaiknya membatasi jenis makanan yang mengandung kacang - kacangan ini.

3. Kacang Mete
Berikutnya adalah kacang mete. Banyak orang suka mengonsumsi kacang mete yang pembuatannya dengan cara digoreng. Dengan tambahan bumbu garam membuat siapa pun yang menikmati camilan ini terkesima. Rasa gurih yang luar biasa, menjadikan alasan tertentu orang yang memiliki penyakit asam urat tetap mengonsumsi camilan ini. Padahal makanan jenis ini mengandung senyawa zat Purin yang tinggi, bahkan dikatakan sangat berbahaya bagi penderita asam urat.

4. Jeroan Sapi
Secara umum asam urat disebabkan karena faktor umur yang kita miliki semakin bertambah. Berdasarkan kondisi tertentu, asam urat bisa jadi menyerang kapan saja saat tubuh kebanjiran suplai zat Purin dalam asupan bahan pangan. Selain itu mengonsumsi daging jeroan sapi juga memiliki risiko tinggi terhadap kambuhnya asam urat dalam tubuh.

5. Roti Manis
Mungkin kamu sedikit tidak percaya jika mengonsumsi roti manis setiap hari dapat memicu risiko terjadinya penyakit asam urat. Kandungan zat Purin yang terdapat dalam makanan olahan ini mencapai 100 - 1000 mg per 100 gramnya. Roti manis memiliki zat Purin berdasarkan dengan tingkat rasa manis di dalamnya. Untuk itu jagalah selalu camilan anda agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan ini.

6. Tempe
Meski terdengar sehat, mengonsumsi makan berjenis tempe merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai bagi penderita asam urat. Salah satu bahan baku pembuatan tempe adalah kedelai. Dimana kedelai adalah jenis kacang - kacangan yang mengandung senyawa Purin. Sama halnya dengan makanan lain seperti mete, kacang hijau maupun melinjo.

7. Hati Ayam
Memang rasa yang didapat saat kita mengonsumsi jeroan ayam sangatlah gurih. Banyak ahli medis yang menyarankan jika mengonsumsi daging ayam dalam jumlah terbatas saja, terutama pada bagian jeroan. Jeroan seperti Hati, Ampela, bersifat menyaring racun yang masuk melalui kerongkongan saat ayam sedang memakan sesuatu. Nah.. untuk itu mengonsumsi jeroan ayam sangat berisiko buruk pada Asam Urat jika melebihi konsumsi batas wajar.

8. Ikan Bandeng
Siapa yang tak kenal dengan hasil tambak satu ini..? Ikan bandeng adalah jenis ikan yang memiliki rasa gurih jika dinikmati dengan cara digoreng. Namun efek lain yang timbul jika mengonsumsi ikan bandeng berlebihan adalah gatal. Usahakan untuk mengonsumsi ikan bandeng setiap hari tidak lebih dari 50gr, karena untuk menghindari efek buruk seperti gatal dan asam urat.

9. Udang
Sama seperti halnya dengan ikan bandeng. Udang mengandung beberapa nutrisi hewani tertentu yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Udang mengandung banyak lemak, sama seperti kepiting laut. Jika kamu mengonsumsi udang dalam jumlah berlebih, maka dalam jangka waktu lama akan menimbulkan risiko asam urat.
By Adi  /  sumber : halosehat, alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel