9 Minuman Ini Ampuh Bersihkan Usus dari Kotoran dan Racun

sumber : ideahac
Setiap manusia memiliki berbagai macam organ tubuh penting, yang bekerja sesuai fungsi seperti sistem pencernaan makanan. Pada sekitar perut terdapat bermacam - macam organ tubuh seperti usus halus, usus besar, usus 12 jari, lambung dan masih banyak lagi. Fungsi dasar dari beberapa organ tersebut adalah sebagai sistem pencerna makanan dari yang kita konsumsi, dengan cara bekerja sama atar organ. Dengan begitu proses penyerapan sari yang terkandung dalam bahan makanan, akan sangat bermanfaat untuk perkembangan tubuh manusia.

Salah satu masalah paling sering terjadi pada sistem pencernaan adalah usus buntu dan radang usus. Penyebab utama penyakit berbahaya ini adalah kelalaian seseorang untuk menjaga kebersihan usus dari makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Untuk itu bagi kamu semua yang merasa belum pernah membersihkan usus, ada baiknya mencoba mengonsumsi minuman tertentu, agar kotoran di ususmu dapat larut ke saluran pembuangan. 

Berikut adalah daftar minuman alami yang bisa digunakan untuk membersihkan usus dari kotoran, bakteri maupun racun berbahaya :

1. Jus Alpukat
Agar kondisi usus tetap terjaga dari kotoran sisa makanan yang kita makan, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah Alpukat secara langsung / sebagai minuman. Memang secara umum banyak yang tidak suka dengan rasa buah Alpukat jika dikonsumsi langsung. Jika kamu termasuk bagian dari mereka, maka bisa mengolah buah ini menjadi jus agar terasa lebih mudah saat pengonsumsian.

2. Teh Hijau
Di dalam teh hijau dilengkapi dengan kandungan antioksidan tinggi. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam bahan minuman ini juga tidak sedikit. Sehingga memudahkan siapa pun yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya secara alami, dapat melakukan tips dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin. Minuman teh juga mampu menjadi solusi sebagai pembersihan usus dari kotoran maupun racun.

3. Jus Lemon
Salah satu jenis buah - buahan yang dapat diolah menjadi minuman berkhasiat tinggi adalah jeruk lemon. Sama halnya dengan jeruk nipis, jeruk lemon mengandung asam dan vitamin C tinggi. Dimana manfaat vitamin C tersebut adalah sebagai antioksidan, selain itu kandungan asam yang banyak dalam jeruk ini, dapat membantu mengangkat lemak yang menempel pada usus.

4. Minuman Berbahan Apel Organik
Buah apel bisa juga dijuluki buah yang kaya dengan kandungan serat alami, cukup baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan pada manusia. Mengonsumsi buah apel, entah itu dikunyah secara langsung maupun diolah menjadi jus, maka berbagai macam nutrisi seperti vitamin, kalsium, kalium, dan serat, akan membantu memenuhi kebutuhan organ pencernaan dalam proses penyerapan. Sehingga risiko usus kotor akan menurun.

5. Wedang Jahe
Jahe terbagi menjadi dua jenis yaitu jahe biasa dan jahe merah. Secara dasar kedua jenis tanaman herbal tersebut masuk dalam spesies yang sama. Namun dengan hasil yang diberikan dari salah satu laboratorium di Indonesia, kedua jenis jahe tersebut memiliki kandungan yang sama persis, hanya saja dosis setiap gramnya berbeda. Salah satu manfaat yang melegenda dari tanaman herbal ini adalah untuk pembersih usus, dengan cara digunakan untuk seduhan minuman panas / hangat saat santai.

6. Jus Stroberi
Stroberi adalah buah yang banyak dibudidayakan di wilayah dengan suhu udara berkisar 17-20 C. Buah yang memiliki rasa asam manis ini, mengandung banyak nutrisi terutama vitamin C alami. Dengan rasa asam yang diberikan stroberi, membuat buah ini dapat digunakan untuk pembantu pelarutan kolesterol LDL, serta pembersihan usus dari dalam tubuh, yakni dengan cara dimakan atau dikonsumsi sebagai jus.

7. Jeruk Bali
Senyawa lain yang dibutuhkan untuk membantu proses pelarutan kotoran dalam usus adalah serat Pektin. Dimana serat alaminya dapat membantu menjaga kesehatan usus, dan mencegah terjadinya radang pada dinding usus akibat dari bakteri yang terselip dalam makanan. Serat pektin banyak terdapat pada buah Jeruk Bali yang matang secara alami. Untuk itu gemarlah mengonsumsi buah jeruk supaya kesehatan tubuhmu optimal, imbangi dengan mengonsumsi jenis Jeruk Bali.

8. Air Putih
Kebutuhan terpenting sehari - hari yang tidak boleh ditinggalkan yaitu mengonsumsi air putih. Meski terlihat sepele, manfaat air putih sendiri cukup kompleks bagi tubuh. Selain menjauhkan diri dari risiko dehidrasi, mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup, dapat membantu proses pelarutan kotoran yang ada dalam dinding usus.

9. Mengonsumsi Hasil Olahan Lidah Buaya
Salah satu khasiat yang paling dikenal dari lidah buaya adalah untuk membantu menjaga pertumbuhan rambut. Namun lebih dari itu, ternyata lidah buaya juga membantu tubuh dalam menjaga organ usus agar tetap sehat, hingga mampu membersihkannya dari toksin yang mengendap di usus besar / kecil. Meski tanaman ini terlihat sepele dan banyak diabaikan oleh masyarakat, namun khasiat obat di dalamnya sangatlah banyak. Seperti di daerah Korea, pengolahan lidah buaya sendiri sangatlah beragam, antara lain sebagai minuman instan maupun bahan campuran cepat saji.
By : Adi  /  sumber : halosehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel