8 Cara Alami Tuntaskan Kulit Keriput Tanpa Ribet

sumber : femalevenue
Kulit keriput merupakan salah satu tanda melemahnya jaringan sel kulit yang terjadi karena proses penuaan. Selain itu kulit keriput juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, seperti usia mulai tua, kesehatan kulit melemah, hingga permukaan kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Tentu kebayang bukan jika kamu memiliki kulit keriput yang sangat mengganggu penampilan..?

Masalah kulit keriput termasuk gangguan kulit yang paling banyak ditakuti orang, terutama anak muda. Karena selain menandakan tubuh dalam masa proses penuaan, orang yang memiliki kulit keriput juga akan memiliki perasaan kurang percaya diri, karena penampilannya yang terlihat sudah tua, meski usia baru 20an tahun. 

Sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti ini tidaklah sulit, beberapa ahli kesehatan dari universitas of California, telah melakukan pengujian terhadap beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit keriput. Dengan hasilnya yang didapatkan begitu maksimal, sampai saat ini cara ini masih banyak digunakan di berbagai wilayah penjuru dunia. Berikut sederetan bahan alami sebagai langkah sederhana dalam mengatasi kulit keriput.

1. Minyak Zaitun
Dalam mitologi Yunani, minyak zaitun memiliki nama zat pengawet muda yang memiliki arti dimana minyak zaitun mengandung ribuan bahan alami, berasal dari timur tengah. Dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terjaga kekencangannya. Cara penggunaan minyak zaitun sebagai masker wajah anti keriput juga mudah, tinggal oleskan saja pada kulit sebelum kita tidur malam.

2. Rajin Berolahraga
Kunci lain agar memiliki kulit yang terhindar dari keriput adalah dengan membiasakan tubuh dengan gerakan olahraga tertentu. Seperti senam dan olahraga Tai Chi, selain itu olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh seperti tulang, pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh. 

3. Makan Makanan Mengandung Antioksidan
Kandungan antioksidan seperti yang terdapat dalam buah jeruk, memiliki peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Selain itu proses pertumbuhan sel permukaan kulit akan dengan mudah terbangun jika asupan antioksidan kita tercukupi. Untuk itu bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat terhindar dari masalah keriput, bisa mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan seperti jeruk, apel dan pepaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

4. Putih Telur
Selain melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan mengandung antioksidan, untuk mengatasi kulit keriput kamu bisa menggunakan masker (bahan oles) yang berasal dari putih telur. Kandungan protein putih telur berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh, tak lain fungsinya untuk membangun beberapa bagian sel kulit yang rusak akibat terkena goresan atau terluka. 

5. Menjaga Kebersihan Kulit
Menjaga kebersihan kulit ternyata juga menjadi salah satu hal penting yang wajib untuk kita perhatikan. Pasalnya dengan membasuh permukaan kulit menggunakan air bersih, akan membantu proses pengangkatan bakteri akibat debu, yang dapat memicu kerusakan kulit seperti kulit berminyak dan jerawat.

6. Masker Madu dan Susu
Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari masalah keriput, yaitu dengan menggunakan master yang terbuat dari bahan madu dicampur susu. Kandungan nutrisi pada madu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kulit. Sehingga membantu menjaga kulit dari penyebab keriput. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah :

- Sediakan madu secukupnya
- Tambahkan beberapa sendok susu bubuk pada madu yang sudah disediakan tadi
- Aduk hingga rata 
- Tambahkan sedikit air jika perlu
- Oleskan pada permukaan kulit hingga merata
- Diamkan selama kurang lebih 25 menit
- Terakhir bilas menggunakan air dingin

7. Mentimun dan Wortel
Sudah dipercaya sejak era dahulu kala, bahwa mentimun memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk membantu proses pengencangan kulit. Cara penggunaan kedua bahan ini sangatlah mudah :

- Kupas mentimun dan wortel
- Haluskan keduanya dengan menggunakan blender hingga merata
- Oleskan ramuan ini pada kulit wajah atau dahi yang keriput
- Diamkan selama beberapa saat hingga terasa sudah mengering 
- Bilas dengan air dingin yang mengalir

8. Masker Bengkuang
Selain menggunakan bahan seperti di atas, kamu juga dapat memiliki kulit bebas kerut dengan memanfaatkan sari buah bengkuang. Selain memiliki harga cukup ekonomis, Jika kamu menggunakan masker buah bengkuang, maka kulit akan terasa dingin dan nyaman. Cara menggunakannya sebagai berikut :

- Siapkan buah bengkuang berukuran sedang
- Kupas bengkuang hingga bersih
- Haluskan dengan cara diparut
- Setelah itu lulurkan sari bengkuang pada bagian wajahmu yang keriput
- Diamkan selama beberapa saat, kurang lebih 15 menitan
- Langkah akhir cuci wajahmu menggunakan air bersih.
By : Adi  /  sumber : alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel