7 Cara Ini Sangat Manjur Sembuhkan Masuk Angin

sumber : skinnyms
Masuk angin merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami sebagian besar orang di dunia. Masuk angin dapat terjadi karena disebabkan beberapa faktor tertentu, seperti udara dingin, duduk di ruang AC terlalu lama, dan berkendara malam tanpa menggunakan pengaman jaket. Seperti namanya bisa kita artikan, masuk angin adalah dimana kondisi tubuh tidak nyaman karena disebabkan oleh sirkulasi udara dalam tubuh terlalu tinggi. Hal ini biasanya dipicu karena terlalu banyak menghirup udara malam yang sangat minim dengan oksigen.

Sebenarnya selain ke dokter, ada banyak cara untuk mengasi masalah masuk angin yang melanda tubuh anda. Antara lain seperti kerokan, mengonsumsi minuman jahe hangat, dan masih banyak lagi. Hampir seluruh orang di Kepulauan Jawa saat mengalami masuk angin, mereka justru lebih memilih cara alami dengan alasan cepat sembuh, murah dan tentunya tanpa efek samping. Berikut adalah beberapa list bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masuk angin secara alami.

1. Vitamin C
Saat anda menderita masuk angin, ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek buruk ini. Seperti kerokan, pindah lokasi ke tempat yang lebih hangat dan juga mengonsumsi vitamin c yang banyak. Saat kamu mengalami masuk angin dengan durasi waktu yang lama, maka efek lain seperti sakit kepala / pusing kemungkinan besar akan terjadi pada diri anda. Nah.. untuk itu mencukupi asupan Vitamin C sangatlah penting, yang tak lain fungsinya adalah untuk menghindari terjadinya sakit kepala akibat masuk angin.

2. Jahe Hangat / Wedang Jahe
Jahe panas merupakan salah satu jenis minuman hangat yang sudah melegenda di Indonesia sejak ratusan tahun silam. Minuman yang terbuat dari rempah jahe ini memiliki banyak manfaat yang baik digunakan untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena rimpang jahe terdapat senyawa yang memiliki rasa pedas jika dimakan, dan terasa hangat jika dikombinasikan dengan air panas. Selain itu kandungan antioksidan pada jahe, sangat berperan dapat mengatasi perut masuk angin secara efektif.

3. Madu dan Teh Lemon
Madu dan lemon masuk ke dalam golongan buah dan bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Diperlengkap dengan kandungan antioksidan serta nutrisi yang lengkap, menjadikan madu dan lemon memiliki banyak peranan penting dalam dunia terapi. Banyak pula yang memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk mengatasi gangguan kesehatan, salah satunya adalah masuk angin.

4. Bawang Putih
Salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk menyehatkan tubuh adalah bawang putih. Studi farmasi dari Amerika menyatakan, kandungan dalam bawang putih dapat dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan bermacam - macam penyakit. Dilansir dari halosehat (02/02/2018), Kamu dapat menggunakan bawang putih untuk bahan dasar makanan atau dimakan secara langsung guna menghilangkan rasa perut tidak nyaman akibat masuk angin.

5. Rebusan daun Pepaya
Air rebusan daun pepaya rasanya memang sedikit pahit. Namun dengan kandungan yang ada di dalamnya, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan ramuan daun pepaya untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu, salah satunya adalah untuk mengatasi masuk angin. Nah bagi kamu yang mengalami masuk angin secara tiba - tiba, cara efisien untuk mengatasinya adalah dengan meminum air rebusan daun pepaya, dan mengonsumsinya sebelum tidur.

6. Sup Ayam Hangat
Sup ayam adalah salah satu hasil olahan dari daging ayam yang disertai dengan kuah panas. Selain memiliki rasa yang enak dan khas, sup ayam juga memiliki manfaat lain untuk menjaga kesehatan tubuh dari beberapa jenis penyakit ringan. Hal ini dikarenakan bahan dasar sup ayam terdiri dari merica, bawang putih, bawang timur, garam dan bahan lain yang mengandung antioksidan tinggi. Saat kamu mengalami masuk angin, kamu bisa mengonsumsi sup ayam yang masih panas tanpa menggunakan nasi.

7. Kurangi Konsumsi Kafein
Minuman yang menjadi pantangan bagi penderita masuk angin adalah kopi. Kandungan kafein yang tertanam di dalamnya dapat berakibat buruk jika dikonsumsi oleh orang yang menderita masuk angin. Salah satu efek jika kamu masih nekat mengonsumsi kopi dalam keadaan dingin adalah perut menjadi bergas atau kembung. Untuk itu hindari kebiasaan ini agar tubuh anda tetap terbebas dari bahaya masuk angin.
By : Adi  /  sumber : halosehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel