9 Minuman Super untuk Kesehatan Jantung Anda

sumber : momjunction
Penyakit jantung adalah kategori penyakit berbahaya, yang mungkin sebagian dari kita ada yang pernah menderitanya. Penyakit yang memiliki julukan penyakit mematikan ini, menjadi salah satu penyebab dari 10 kematian di seluruh dunia. Jantung adalah organ tubuh penting yang berperan sebagai pemompa darah dan oksigen untuk menyuplai ke organ tubuh lain seperti otak, tangan dan kaki. Untuk itu jika organ ini terganggu, maka ada kemungkinan besar organ tubuh lainnya juga terganggu.

Beberapa orang telah mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah utama penyebab penyakit jantung. Penyebab di antaranya adalah rokok, minuman keras dan pola hidup kurang sehat. Dilansir dari laman kompas (02/02/2018), Bahwa untuk menjaga jantung agar tetap dalam kondisi sehat, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis minuman herbal seperti di bawah ini.

1. Jus Delima
Belakangan ini reputasi jus delima semakin melonjak. Hal ini dapat terjadi karena peneliti asal Universitas of California mengungkapkan, kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah delima tidaklah sedikit. Kapasitas antioksidan itu sendiri mencapai 3 kali lipat dari antioksidan yang dibawa oleh buah anggur merah. Dengan manfaat yang menguntungkan tersebut, banyak orang sekarang ini memburu keberadaan buah super tersebut sebagai penunjang kesehatan jantung.

2. Minuman dari Bahan Dasar Anggur Merah
Volume kandungan senyawa seperti Resveratrol dalam buah anggur merah tidaklah sedikit. Kandungan ini dapat berperan sebagai antioksidan pelindung pembuluh darah di jantung, agar tetap dalam kondisi sehat. Selain itu kandungan ini juga dapat membantu memecahkan gumpalan koroner penyebab gangguan jantung koroner. Bagi kamu yang memiliki masalah jantung koroner, mengonsumsi minuman tersebut sangat dianjurkan setiap hari, dengan batasan 1,5 gelas untuk perempuan dan 2 gelas untuk laki-laki.

3. The Hijau
Beberapa jenis teh yang beredar di pasaran salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi, sama dengan teh hitam. Namun yang membedakan keduanya adalah teh hijau ini dibuat bukan dari hasil fermentasi. Mengonsumsi teh hijau dalam jumlah cukup, mampu mencegah terjadinya arteri koroner pada jantung. Selain  itu mengonsumsi teh hijau juga dapat mencegah risiko stroke dan pembekuan darah. Dengan begitu kinerja organ jantung akan tetap berjalan secara maksimal.

4. Air Putih
Memang terdengar sepele jika kita membaca poin yang keempat ini. Seperti yang banyak terjadi di berbagai tempat, saat kamu telat mengonsumsi air putih maka kemungkinan besar tubuh akan mengalami dehidrasi, hingga dapat menyebabkan darah kental dan juga jantung koroner.

5. Jus Wortel
Buah yang banyak dijuluki sumber Vitamin A ini mengandung hingga 200% Vtamin A, 9% Vitamin K dan 7% Vitamin C. Selain wortel buah, kamu juga dapat menggunakan wortel sayur untuk menjaga kesehatan jantung secara alami. Ada banyak cara pengonsumsian wortel, seperti dibikin jus untuk wortel buah, dan sebagai bahan sayuran untuk jenis wortel lain.

6. Susu Kedelai
Susu kedelai atau yang memiliki nama lain sari kedelai, terbuat dari fermentasi kedelai yang diolah menjadi minuman sejenis susu berwarna putih, yaitu dengan sari-sari kedelai lembut di dalamnya. Di Indonesia sendiri minuman hasil fermentasi ini banyak dijual dengan harga terjangkau. Berhubung dengan kandungan yang dimilikinya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menjadikan para pasien di rumah sakit sangat disarankan mengonsumsi sari kedelai, guna membantu proses penyembuhan penyakit seperti jantung.

7. Minuman Berbahan Tomat
Siapa yang tak tahu dengan jenis buah satu ini..? Buah tomat bisa dikonsumsi secara langsung serta dibuat menjadi jus, bahkan diolah untuk bahan dasar sayuran lauk pauk. Tomat mengandung vitamin c yang sangat tinggi. Dengan kandungan antioksidan yang tidak sedikit, tomat banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sel kulit. Selain itu buah ini juga mampu menjaga sel pembuluh darah, agar  organ jantung tetap dalam kondisi baik.

8. Minuman dari Blueberry
Tahukah kamu tentang jenis buah Blueberry yang masih jarang ditemukan keberadaannya..? Buah ini memiliki bentuk bulat kecil bergerombol, dengan ciri khas berwarna biru keungu-unguan. Blueberry mengandung vitamin C, kalium, kalsium dan karatenoid. Mengonsumsi buah Blueberry baik itu diolah sebagai minuman atau dikonsumsi secara langsung, maka akan membantu mencukupi bahkan memperbanyak karatenoid dalam tubuh. Makanan ini dapat berguna sebagai penurun kadar kolesterol, pada akhirnya juga akan menunjang kesehatan jantung Anda. 

9. Jus Buah Alpukat
Salah satu buah yang memiliki peranan penting dalam menyehatkan organ jantung adalah buah alpukat. Alpukat, buah yang berasal dari negara Meksiko Amerika tengah, mengandung senyawa tertentu yang dapat membantu proses penyerapan karatenoid dalam tubuh, seperti beta karoten dan lycopene. Efek positif dari penyerapan ini, kedua zat tersebut sangat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol atau LDL dalam darah.
By : Adi  /  sumber : Kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel