8 Ramuan Herbal Obati Batuk Berdahak dengan Cepat

image : fresh-healthy-food
Batuk adalah respon alami yang diberikan oleh tubuh untuk menghilangkan lendir penyebab gatal di tenggorokan. Secara umum batuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering disebut batuk Non – produktif karena batuk kering tidak didapati dahak. Penyebab utama batuk kering adalah debu dan asap yang masuk ke saluran pernafasan. Beda dengan batuk produktif, yaitu batuk berdahak yang disebabkan memiliki gangguan kesehatan dari dalam, seperti asma, jantung, paru-paru, virus dan flu.

Biasanya orang lebih memilih mengobati penyakit dengan cara instan, agar gejala penyakit yang ia alami cepat usai. Namun untuk gejala penyakit batuk pengobatan instan tidaklah efektif. Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dalam durasi waktu lebih lama. Hal ini dikarenakan virus penyebab batuk dapat diatasi dengan obat kimia melalui jalur insiden, yaitu dari obat yang didapat melalui resep dokter. Untuk kamu yang mengalami kondisi kesehatan seperti ini, ada cara lain yang lebih mudah untuk diterapkan, yaitu dengan mengonsumsi beberapa ramuan yang terbuat dari bahan alami seperti berikut.

1. Minuman Jahe
Jahe merupakan hasil rempah yang banyak ditemukan di berbagai wilayah penjuru dunia. Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengonsumsi jahe di malam hari saat udara dingin. Kandungan yang terdapat dalam jahe dapat melengkapi senyawa dalam tubuh kita, pada akhirnya akan menimbulkan efek hangat saat dikonsumsi dalam bentuk minuman. Bukan hanya itu, efek hangat dari jahe juga dapat mencegah respon otomatis tenggorokan yang menyebabkan kita batuk.

2. Teh 
Selain menggunakan daun teh dan uap minyak kayu putih, kamu juga dapat menggunakan minuman teh untuk meredakan batuk secara alami. Kandungan antioksidan dalam teh mampu mengusir virus penyebab batuk berdahak yang mengganggu aktivitasmu secara perlahan.

3. Jeruk Nipis
Buah super yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah jeruk nipis. Buah yang banyak digunakan sebagai bahan penyedap rasa masakan ini, menyimpan ribuan manfaat yang baik digunakan untuk perawatan kesehatan tubuhmu. Mengonsumsi jeruk dalam bentuk minuman panas / hangat, sangat disarankan bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan seperti flu dan batuk. Sehingga gejala tersebut dapat sembuh secara optimal. Oleh sebab itu Kamu bisa mengonsumsi ramuan ini rutin setiap hari. 

4. Kunyit
Kunyit mengandung minyak Atsiri sebanyak 2 - 5%, selain itu sejumlah senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh pada kunyit juga tidak sedikit. Bagi masyarakat Jawa ramuan yang terbuat dari kunyit ini sudah tidak asing keberadaannya. Rasa segar yang diberikan oleh minuman berbahan kunyit, menjadikan popularitasnya semakin banyak di setiap waktu. Untuk Anda yang memiliki masalah batuk berdahak, salah satu langkah tepat untuk mengatasinya bisa mengonsumsi ramuan ini secara rutin.

5. Madu
Jika kita hidup dengan orang tua yang memiliki umur 70 tahunan, pasti yang mereka lakukan saat mengalami batuk berdahak adalah mengonsumsi madu secara langsung. Selain memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan senyawa pada madu organik  juga dapat berfungsi untuk meredakan batuk berdahak secara alami.

6. Daun Asam Muda
Di wilayah Kepulauan Jawa daun Asam Muda diberi julukan daun Sinom. Dengan ribuan manfaat yang terkandung didalamnya, daun ini memberi efek untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara maksimal, serta mampu meringankan batuk berdahak. Pupus daun asam dapat dikonsumsi secara langsung tanpa harus dicampurkan dengan bahan lain. 

7. Air Putih Hangat
Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat mengonsumsi air putih hangat. Memang secara langsung jika kita mengonsumsi air putih dalam keadaan hangat, maka akan terasa tawar, bahkan bisa bikin kita enggan untuk mengonsumsinya lagi. Saat batuk kamu kambuh, cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air tawar. Meski hanya bisa membantu proses penyembuhan secara bertahap, namun efek hangat yang ditimbulkannya dapat membantu mengurangi respon batuk yang mengganggu aktivitas kita.

8. Air Garam
Salah satu tantangan penderita batuk berdahak adalah udara dingin di malam dan pagi hari. Kebanyakan pada saat kondisi udara seperti itu, batuk berdahak sering kambuh karena lendir yang diproduksi dari tenggorokan meningkat. Nah bagi seseorang yang pernah mengalami hal demikian, maka bisa mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan sedikit garam. Ramuan ini dapat diminum setiap kamu merasa batuk dan susah saat mengeluarkan dahak.
By : Adi  /  sumber : alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel