Awas! 5 Penyebab Kolesterol Menumpuk Dalam Tubuh

Foto ( istimewa )
Kolesterol merupakan zat yang menyerupai lemak, yang tidak dibutuhkan tubuh secara berlebih. Umumnya kolesterol ini ada di setiap bagian sel dalam tubuh kita. Secara langsung keberadaan kolesterol ini memang tidak menimbulkan masalah kesehatan sedikit pun.

Namun jika kadar kolesterol ini melambung tinggi, maka akan menyebabkan kita mengalami suatu masalah kesehatan serius, seperti obesitas hingga menyebabkan penyempitan pembuluh arteri. Lalu apa sajakah penyebab kolesterol dalam diri kita tinggi / meningkat, Berikut adalah ulasannya :

1. Kurang kegiatan fisik
Aktivitas fisik seperti olahraga, bekerja di lapangan, merupakan salah satu upaya baik untuk membantu pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh. Untuk itu bagi kamu yang memiliki kebiasaan kerja dengan aktivitas yang minim atau kerja di perkantoran, sangat disarankan untuk menyelipkan sedikit waktu berolahraga, agar tidak mengalami penumpukan lemak yang bisa menyebabkan kadar kolesterol melonjak.

2. Merokok
Kebiasaan merokok sebenarnya bisa berkaitan dengan melonjaknya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam asap rokok dapat menyebabkan penurunan produksi lemak baik, yang memungkinkan bisa meningkatkan produksi lemak jahat.

3. Berat badan berlebih
Berat badan berlebih umumnya terjadi pada wanita, meski banyak pria yang mengalami hal serupa. Namun hal ini bisa cenderung lebih banyak terjadi pada seorang wanita. Banyak sekali pemicu berat badan berlebih, salah satunya adalah sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh serta minimnya melakukan aktivitas fisik. Hal ini juga berkaitan dengan melonjaknya kadar kolesterol dalam tubuh kita.

4. Mengonsumsi makanan lemak
Faktor berikutnya penyebab kolesterol anda naik, yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Mengonsumsi makanan seperti gorengan, mie instan, dan makanan bersantan, merupakan hal utama yang menjadi penyebab kolesterol anda naik. Untuk itu agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, kurangi mengonsumsi makanan tersebut.

5. Faktor genetik
Jika kamu merupakan salah satu anak yang terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, maka kamu diwajibkan untuk menghindari beberapa hal yang berkaitan dengan meningkatnya kadar kolesterol. Selain itu kamu juga harus selalu rutin check-up kesehatan ke dokter secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel