Sakit Perut Sebelah Kiri ? Waspada 5 Penyakit Ganas Ini

proctomir
Sakit perut pada bagian bawah sebelah kiri, bisa kita anggap sebagai masalah sepele jika terjadi antara 1 sampai 2 hari. Namun jika sakit pada bagian ini berlangsung lama hingga berminggu - minggu atau bahkan bulanan, maka tidak menutup kemungkinan tubuh akan mengalami masalah penyakit yang serius.

Pada perut bagian kiri bawah, merupakan bagian ujung dari usus besar atau yang biasa disebut dengan Kolon. Rasa sakit yang timbul pada bagian ini biasanya dikaitkan dengan masalah penyakit maag, gangguan pencernaan, diare, sembelit atau bahkan penyakit berbahaya lainnya yang dibarengi dengan timbulnya gejala lain.

Berikut adalah beberapa penyakit berbahaya yang dapat muncul jika perut bagian kiri bawah terasa sakit.

1. Diverticulitis
Diverticulitis atau sejenis penyakit radang yang terjadi pada dinding usus besar, merupakan salah satu penyakit radang berbahaya yang sangat perlu untuk kita perhatikan. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang berhubungan dengan bakteri. Salah satu gejala awal seseorang mengalami masalah seperti ini, adalah rasa nyeri yang timbul di bagian perut bawah sebelah kiri.

2. Batu ginjal
Jika kamu merasakan nyeri pada bagian bawah perut bagian kiri, maka kemungkinan besar kamu juga mengalami masalah pada ginjal. Lakukan pemeriksaan terhadap medis setempat untuk mengetahui secara pasti kemungkinan yang akan terjadi pada tubuh.

3. Hernia
Hernia merupakan salah satu jenis penyakit, dimana salah satu bagian organ tubuh kita ada yang menonjol keluar dari posisi semestinya. Biasanya orang yang mengalami masalah seperti ini, dia akan merasakan gejala sakit pada bagian bawah perut sebelah kiri.

4. Gangguan pencernaan
Ada berbagai macam gangguan pencernaan yang harus kita ketahui. Antara lain maag, sembelit dan perut bergas banyak. Tanda awal jika kamu mengalami beberapa gangguan pencernaan tersebut, maka kemungkinan perut kamu akan mengalami sakit pada bagian yang sama.

5. Penyakit celiac / seliak
Yang terakhir adalah penyakit celiac, penyakit ini terjadi karena tubuh tidak bisa mencairkan gluten dengan baik. Dengan begitu tubuh akan mengalami suatu hal yang berhubungan dengan kesehatan, seperti penurunan berat badan, diare, gizi buruk, serta perut terasa kembung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel