Berakibat Fatal! Jangan Konsumsi Alpukat Dicampur Dengan Susu

Gambar (From Medium)
Mengonsumsi buah alpukat atau jus alpukat yang dicampur dengan gula dan susu semua jenis, adalah pilihan yang sepertinya tepat nan menyegarkan di tengah panasnya siang hari. 

Alpukat adalah buah yang kaya vitamin dan lemak nabati, sayangnya jika dikonsumsi bersamaan dengan gula / susu olahan apalagi dalam jumlah yang banyak, maka manfaat yang akan didapat dari buah alpukat itu sendiri akan hilang, dan memang tidak dianjurkan oleh pakar gizi. Selain itu, juga terdapat risiko - risiko lainnya yang akan membahayakan tubuh jika sering dikonsumsi dengan cara dicampur dengan susu, Berikut ulasannya.

1. Risiko terkena diabetes
Tahukah anda, jika kandungan gula dan lemak dalam susu akan mendominasi nutrisi dalam alpukat, sehingga manfaat dari alpukat akan terkurangi. Alih-alih karena rasanya yang enak dan manis, penggunaan gula dan susu kental manis bersamaan dengan alpukat malah akan menjadikannya tumpukan kadar gula, yang lama-kelamaan akan berubah menjadi penyakit diabetes.

2. Mengakibatkan obesitas
Alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak. Jika ditambahkan susu saat mengonsumsinya dan dibarengi malas berolahraga, akan menghasilkan tumpukan lemak yang hebat dan mengakibatkan kenaikan berat badan secara signifikan atau obesitas.

3. Berkurangnya nafsu makan
Gabungan lemak susu olahan dan lemak alpukat dapat menjadikan nafsu makan seseorang menjadi berkurang. Dalam hal ini disebabkan karena lemak-lemak itu akan menekan nafsu makan, sehingga seseorang akan merasa kenyang sepanjang hari. Meskipun kelihatannya ini seperti menu yang bagus untuk diet karena dapat menekan nafsu lapar, kebanyakan mengonsumsi lemak juga tidak akan baik dalam proses diet.

4. Meningkatkan produksi asam lambung
Bagi beberapa orang yang memiliki riwayat alergi dengan susu, maka bahaya yang akan timbul jika mengonsumsinya dengan alpukat adalah asam lambung menjadi naik. Dan jika hal ini terjadi, biasanya kamu akan mengalami sakit perut, mual dan merasa panas.

5. Penurunan masa otot
Penggabungan dua bahan makanan antara susu dan alpukat dapat mengurangi massa otot seseorang. Hal ini disebabkan karena kandungan protein dan asam folat yang bertugas untuk melindungi jaringan dan menambah massa otot, akan tergerus oleh protein Casein pada susu.

6. Menyebabkan sakit perut dan diare
Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi jus alpukat atau olahan berbahan dasar alpukat lainnya dengan susu atau gula sebagai pemanis rasa. Sebab gabungan dari ketiganya dapat memicu timbulnya gas pada lambung, yang akan membuat sakit perut bahkan sampai diare.

7. Tekanan pada rongga perut
Rasa perih dan begah yang terjadi pada bagian bawah perut adalah efek samping yang kerap terjadi setelah berlebihan mengonsumsi alpukat bersamaan dengan susu dan gula. Hal semacam ini bisa terjadi karena adanya reaksi lemak dan protein dalam susu, yang mana mencederai dinding lambung, usus dan mengganggu sistem pencernaan.

8. Radikal fruktosa
Nutrisi yang terdapat dalam alpukat dan susu tidak bisa bercampur. Akibatnya nutrisi baik yang seharusnya didapatkan tubuh, justru berubah menjadi racun yang dapat merusak jaringan tubuh. Keadaan ini dinamakan radikal fruktosa atau reaksi zat Leusin. Bahaya alpukat yang dicampur dengan susu ini mudah terjadi pada balita. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak memberikan alpukat yang dicampur susu ini kepada buah hati anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel