Menakjubkan! Ini yang Terjadi Jika Ibu Hamil Suka Makan Alpukat

Gambar (wagwalking)
Buah alpukat sudah dikenal oleh masyarakat umum sebagai buah berdaging tebal dan lembut, serta memiliki rasa yang enak. Buah alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin seperti asam folat dan vitamin E. Tak jarang orang menggunakan buah tersebut untuk menutrisi kulit mereka, baik dari dalam tubuh maupun dari luar. 

Selain berguna untuk mempercantik kulit, alpukat juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama untuk bayi yang dikandungnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat jika ibu hamil mengonsumsi buah alpukat secara rutin :

1. Mencegah terjadinya gangguan tulang pada bayi
Kandungan asam folat dalam buah alpukat akan sangat berperan dalam pertumbuhan tulang bayi terutama pada gigi. Di saat kandungan ibu kekurangan asam folat, maka bayi akan mengalami Deformitas sejak sebelum lahir. 

Deformitas sendiri ialah susunan gigi tetap yang tidak teratur akibat adanya gangguan pada rahang saat pertumbuhannya. Di kemudian hari bayi akan mengalami keterlambatan penanggalan gigi susu.

2. Pertambahan asupan kalsium
Selain asam folat, buah alpukat juga kaya akan kalsium. Pada masa kehamilan, kebutuhan tubuh seorang wanita akan sangat meningkat, salah satunya adalah kebutuhan kalsium dalam tubuh. Sebab kalsium nantinya akan berperan sebagai zat penumbuh dan pembangun tulang pada janin.

3. Meningkatkan produksi hormon prolaktin
Vitamin E dalam alpukat jika dikonsumsi ibu hamil secara rutin, akan meningkatkan hormon prolaktin. Kondisi emosional seorang ibu hamil dapat dipengaruhi oleh sedikit banyaknya hormon ini. Selain itu, hormon prolaktin juga dapat memberikan efek nyaman kepada bayi dalam kandungan, Serta vitamin E nya sebagai anti aging untuk bayi ataupun untuk ibunya.

4. Pembentukan sel darah merah
Rajin mengonsumsi alpukat pada masa kehamilan juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah pada bayi. Hal ini karena alpukat mengandung vitamin K yang ikut berperan guna pengelolaan darah merah.

5. Mempercepat penyerapan zat besi
Umumnya wanita hamil akan sering anemia. Jadi penambahan zat besi disertai dengan penyerapannya yang tinggi akan sangat dibutuhkan dalam kondisi ini. Selain itu kandungan vitamin C yang ada dalam alpukat, akan dapat membantu proses penyerapan zat besi secara sehat, sehingga ibu tidak perlu lagi cemas akan anemia selama kehamilan. 

6. Mencegah cacat saraf pada janin
Manfaat yang akan didapat selanjutnya jika ibu hamil sering mengonsumsi alpukat, yakni terhindarnya calon bayi dari cacat saraf. Ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat setidaknya setengah cangkir setiap hari, karena dalam setiap potongan alpukat mengandung 59 mcg asam folat.

7. Mencegah komplikasi
Pada masa kehamilan, wanita sering kali mengalami rasa lelah dan perubahan emosi yang mendadak. Maka fungsi asam folat di sini adalah meminimalisir terjadinya hal tersebut, mencegah komplikasi, anemia, insomnia dan preeklampsia. Preeklampsia sendiri ialah kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang menjadi penyebab kematian bayinya.

8. Mencukupi asupan vitamin B1, B2 dan B6
Asupan yang cukup dari vitamin B1, B2 dan B6 yang alami bisa didapatkan dari buah alpukat. Vitamin B1 atau Tiamin, berperan untuk mengurangi rasa mual pada kondisi morning sickness. Sementara B2 yang dikenal sebagai riboflavin, yaitu sebagai elemen penting pengurai zat makanan untuk janin. Lalu vitamin B6 atau Pyridoxine bermanfaat untuk daya tahan ibu hamil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel