Tanpa Sadar! 5 Makanan Ini Bisa Memicu Batu Ginjal

Makanan Asin - (gambar:detik)
Batu ginjal termasuk ke dalam jenis penyakit berbahaya dan bisa menyebabkan penderita merasakan sakit yang tak tertahankan. Penyakit batu ginjal terjadi karena adanya penumpukan zat kapur dalam kelenjar ginjal, yang mengakibatkan saluran urine tersumbat. Akibat dari ekosistem tubuh tersebut, penderita sering merasa nyeri di bagian saluran kemih serta pada bagian organ ginjal.

Penyakit batu ginjal umumnya terjadi pada orang yang memiliki umur berkisar 50 - 55 tahun. Namun selain faktor air mineral yang mengandung tinggi zat kapur, penyakit batu ginjal juga bisa terjadi akibat seringnya mengonsumsi jenis - jenis makanan tertentu.

Berikut adalah fakta beberapa makanan pemicu batu ginjal yang wajib kamu waspadai :

1. Teh hitam
Menurut salah satu analisa ahli ginjal mengatakan, batu ginjal dapat terbentuk dari urin yang mengandung tinggi kalsium. Makanan pertama yang bisa menjadi pemicu berat batu ginjal yaitu teh hitam. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, teh hitam memiliki zat kalsium tinggi yang bisa mengendap dalam urine, serta menjadi penyebab utama seseorang mengalami masalah batu ginjal hingga 80%.

2. Makanan asin
Makanan asin berarti mengandung tinggi garam yang harus kita kurangi jika tak ingin memiliki masalah pada ginjal. Menurut dr. Karin Wiradarma, makanan yang mengandung tinggi sodium dapat menjadi penghambat penyerapan kalsium pada urin, hingga bisa memicu pada pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

3. Makanan tinggi oksalat
Makanan yang tinggi oksalat seperti ubi, bayam, buah bit, tempe, tahu dan sejenisnya, sebenarnya adalah makanan yang bermutu untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Namun jika makanan yang mengandung oksalat ini dikonsumsi berlebihan, maka tidak menutup kemungkinan kandungan di dalamnya akan menjadi penyebab utama pembentukan batu ginjal.

4. Telur
Makanan bergizi tinggi yang mudah didapatkan seperti Telur, ternyata juga bisa menjadi pemicu batu ginjal. Menurut pemaparan medis dari dr. Sara Elise Wijono, seluruh jenis protein hewani yang bisa didapatkan dari daging atau telur yang dikonsumsi secara berlebihan, dapat berubah menjadi kadar purin. Pada Akhirnya berubah menjadi kristal asam urat yang mengendap dalam organ ginjal.

5. Daging
Seperti yang dijelaskan pada poin nomor 4, Daging hewan juga memiliki kandungan yang tak jauh sama dengan telur ayam yang biasa kita makan sehari-hari. Tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi daging hewan, namun batasan makan juga harus tetap diwaspadai guna terhindar dari efek yang bisa timbul dalam ginjal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel