Ajaib! Uban Tak Akan Muncul Lagi Jika Anda Pakai Trik Ini

Biji Kenari (jardins)
Perubahan warna rambut menjadi putih sering diberi julukan uban. Sementara rambut beruban sangat identik dengan orang lanjut usia. Namun faktanya, seseorang yang mempunyai uban tak hanya manusia berumur tua saja, melainkan anak yang masih muda juga banyak yang mengalami hal seperti ini. 

Rambut dapat berubah warna karena zat melanin sebagai zat pewarna yang kita butuhkan berkurang, hal ini akan menyebabkan rambut berwarna putih yang kerap disebut uban. Banyak orang menganggap bahwa timbulnya uban karena kondisi pikiran yang stres dan umur yang semakin membengkak. Meskipun hal tersebut belum dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa kasus mendukung anggapan ini. 

Menurut beberapa hasil penelitian, uban dikatakan tumbuh dini saat seseorang memiliki umur akhir 30-an. Karena sampai saat ini belum ditemukan secara pasti bagaimana cara mencegah timbulnya rambut beruban. Namun kita bisa memanfaatkan cara alami seperti di bawah untuk menghilangkan uban secara optimal :

1. Konsumsi makan bervitamin B12 ( Kerang, Haring dan Tuna )
Bagi kamu yang memiliki rambut putih ( uban ), mungkin saja kamu kekurangan suplai vitamin B12 yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan folikel sebagai pewarna rambut. Salah satu cara efektif untuk mengatasi hal seperti ini, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti Kerang, ikan Haring maupun ikan Tuna. Selain baik untuk mengondisikan folikel rambut, manfaat makanan tersebut juga mampu membuat kulit kepalamu menjadi semakin sehat.

2. Konsumsi makanan beromega 3 ( Biji Kenari, Rami dan Bunga Matahari )
Berbagai macam penyebab rambut beruban seperti pola makan, genetik, dan stres dapat kamu pulihkan dengan cara menjaga asupan omega 3 agar rambut tetap sehat. Omega 3 berperan baik untuk mengontrol kondisi otak yang sedang stres, dengan begitu risiko munculnya uban akan berkurang. Sumber makanan omega 3 yang baik adalah biji Kenari, biji Rami dan biji Bunga Matahari.

3. Istirahat dan olahraga yang cukup
Tubuh manusia memiliki proses kerja yang sama dengan mesin. Untuk menjaga proses produksi zat-zat agar tetap berjalan dengan lancar, maka tubuh diperlukan istirahat walaupun itu hanya sejenak. Namun jika kita mengabaikan hal ini, maka tubuh akan mengalami tekanan tenaga yang sangat tinggi, hingga mudah membuat seseorang merasa kelelahan. Dari sinilah zat-zat yang seharusnya dibutuhkan oleh folikel rambut tidak bisa terproduksi dengan baik, hingga akhirnya mengakibatkan rambut turun warna menjadi putih.

4. Hindari makanan penyebab uban
Rambut beruban dengan jumlah yang lebih banyak menjadikan seseorang yang mengalami masalah seperti ini memiliki rasa kurang nyaman. Nah, untuk itu kamu bisa menanggulangi uban di rambut dengan cara menjaga pola makan, yaitu jangan berlebihan dalam konsumsi makanan yang mengandung Protein dan Natrium tinggi.

5. Menjaga cairan tubuh
Untuk menjaga kondisi rambut agar terhindar dari uban, kamu dapat mengontrol asupan air putih yang kamu konsumsi setiap hari dengan baik. Hal terbaik yang dilakukan oleh seseorang yang mengalami masalah uban, adalah dengan menghindari minuman yang mengandung alkohol seperti minuman keras dan kafein seperti kopi. Selain itu mengonsumsi air putih minimal sehari 2 liter, sangat bermanfaat untuk membersihkan sisa metabolisme dalam tubuh melalui keringat.

6. Hindari kebiasaan mencabut uban
Sudah menjadi kegiatan paten bagi orang yang memiliki uban dalam jumlah sedikit, pasti ia lebih memilih mencabut uban dari pada mencegahnya dari dalam. Perlu kamu ketahui, hal sepele yang banyak dilakukan masyarakat ini jika kerap dilakukan, maka lama kelamaan akan menjadi faktor penyebab masalah kesehatan lain. Seperti merusak folikel rambut, merusak sistem syaraf, mengganggu pertumbuhan rambut, dan menyebabkan rambut rontok. Maka hindari mencabut uban demi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutmu.

7. Hindari penggunaan semir rambut
Sepertinya di negara kita ini, hampir sebagian besar orang menggunakan semir rambut bertujuan mengubah penampilan agar menjadi lebih menarik. Tapi tahukah kamu, semir dirancang dengan bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala, apalagi pada jenis kulit sensitif. Nah, agar kamu terhindar dari uban yang mengganggu penampilan, usahakan bisa meninggalkan penggunaan semir dan diganti dengan nutrisi rambut agar lebih bermanfaat.

8. Berhenti merokok
Tips berikutnya untuk menghilangkan rambut beruban, yaitu menghindari kebiasaan merokok. Banyak sekali manfaat jika kamu menghindari asap rokok, terutama akan menyehatkan paru-paru dan mencegah masuknya zat kimia yang terdapat dalam rokok ke tubuh. Rokok bisa menjadi penyebab hadirnya uban di rambut kepala Anda. Hal ini berhubungan dengan zat dalam rokok yang ikut tertelan, yang akhirnya menyebabkan sirkulasi darah pada kepala tidak lancar / terganggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel