Awas! 9 Tanda Organ Jantung Sudah Mulai Rusak Kondisinya

Gambar (from BGR)
Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki tugas paling penting. Secara khusus, jantung memiliki peran untuk mengalirkan darah dari satu organ ke seluruh bagian organ dalam tubuh. Maka dari itu, tak heran jika seseorang yang memiliki penyakit jantung dalam tingkat yang parah akan berisiko pada Kematian. Beberapa kasus yang pernah dialami oleh penderita penyakit jantung adalah jantung koroner. Dimana kondisi pembuluh darah yang memasok darah ke jantung tersumbat oleh lemak kolesterol.

Sementara penderita penyakit jantung kebanyakan disebabkan karena kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, diabetes, kolesterol tinggi, konsumsi makanan berminyak, dan obesitas / kelebihan berat badan secara tidak normal. Secara umum penyakit jantung memiliki beberapa ciri khusus berdasarkan dengan jenis penyakit yang dideritanya. 

Berikut adalah beberapa jenis gejala / tanda penyakit jantung yang banyak terjadi pada seseorang yang mengalaminya.

1. Sesak nafas
Pada umumnya penderita jantung lemah memiliki kondisi jantung dengan kekuatan yang terbatas. Untuk itu banyak penderita jantung yang tidak bisa melakukan aktivitas fisik berat seperti apa yang dilakukan oleh orang lain. Salah satu gejala yang timbul jika anda mengalami hal seperti ini adalah nafas yang semakin pendek.

2. Detak jantung tidak teratur
Setiap kondisi umur manusia memiliki pengaruh besar terhadap kesehatannya. Dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda, manusia akan memiliki detak jantung yang berbeda pula. Menurut hasil analisa American Heart Association, pada dasarnya seseorang dengan umur antara 20 hingga manula, mereka memiliki detak jantung antara 60-100 Denyutan per menit ( BPM ). Nah, jika detak jantungmu melebihi batas normal tersebut, bisa saja kamu memiliki gejala penyakit jantung yang harus segera ditangani dengan intensif.

3. Pembengkakan
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penderita jantung adalah pembengkakan. Pembengkakan di area kaki dan tangan dapat terjadi karena ada penumpukan cairan dari dalam tubuh, yang mana menjadi satu dan mengendap di kedua organ tersebut. Hal ini bisa terjadi karena aliran darah dan oksigen dalam jantung berkurang, hingga menyebabkan produksi cairan dalam tubuh meningkat tajam. 

4. Sering sakit kepala
Sudah tak asing lagi bagi penderita sakit jantung dengan rasa sakit yang ada di kepala. Tentunya Jantung abnormal memiliki sifat yang lebih buruk dari pada jantung normal. Jika seseorang memiliki gangguan jantung, salah satu hal yang akan dialami adalah pasokan darah dan oksigen yang masuk ke otak tidak bisa tersuplai sempurna. Dengan begitu asupan darah yang ada di kepala akan berkurang setiap harinya, maka di sinilah sakit kepala mulai terjadi.

5. Keringat dingin
Kondisi detak jantung tidak stabil akan membuat orang tersebut menjadi was-was. Dengan kondisi seperti ini, pasti ia tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan sempurna. Selain itu kondisi tubuh yang minim tapi kebutuhan konsentrasi tinggi, akan membuat produksi cairan dalam tubuh melonjak tinggi, dibarengi dengan kondisi sebagian organ yang mengalami tremor.

6. Perut makin besar
Salah satu tanda fisik yang dapat dilihat pada penderita jantung adalah perut makin membesar. Dimana kondisi ini terjadi karena fungsi jantung yang tak lagi bekerja secara sempurna, hingga mengakibatkan hati menjadi gagal fungsi. Pada akhirnya menyebabkan cairan menumpuk pada perut, atau biasa disebut Ascites dalam istilah medisnya.

7. Sianosis 
Tanda orang mengalami gangguan jantung berikutnya adalah Sianosis. Yang mana kondisi badan tepatnya pada bagian ujung jari berubah menjadi hitam kebiru-biruan. Kondisi tersebut biasanya muncul bagi penderita jantung yang sudah tergolong parah / kronis. Jika kamu salah satu orang yang memiliki gejala gangguan jantung dengan kondisi tangan Sianosis, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

8. Sulit tidur
Beberapa gejala bagi penderita jantung memang tidak bisa membuat kita menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Salah satu gangguan gejala penderita jantung yang menyebalkan adalah insomnia, atau sulit tidur di malam hari. Insomnia terjadi karena aktivitas bernafas tidak bisa berjalan dengan sempurna, dari situ jantung akan bekerja dua kali lebih berat dari biasanya. Kondisi ini juga yang menyebabkan kita mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

9. Suara jantung berubah ( Murmurs Heart )
Yang terakhir tanda seseorang memiliki penyakit jantung dapat dilihat dari suara detak jantung yang direkam dari beberapa alat medis. Biasanya orang yang mengalami gejala jantung koroner akan memiliki suara detak jantung yang berbeda dari yang lainnya, dalam medis peristiwa ini dinamakan Murmurs jantung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel