Ternyata! 7 Buah Ini Manjur Tumpas Penyakit Diabetes

Buah Pir - (wymarzonyogrod)
Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang terbagi menjadi dua jenis, antara lain seperti diabetes tipe 1 dan diabetes tipe dua. Diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes jangka panjang / diabetes kronis, dimana penderita mengalami kekurangan hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta dalam pankreas. Hormon insulin sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Sedangkan pada diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit diabetes melitus, yang kebanyakan menyerang orang pada usia 40 tahun ke atas. 

Karena penyakit ini berbahaya, ada baiknya jika kita mulai mengatasinya sejak dini jika sudah ada tanda-tanda gula darah tinggi dalam diri kita. Berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang wajib kamu konsumsi untuk  mengatasi kadar gula tinggi dalam tubuh penyebab diabetes.

1. Ceri
Buah ceri adalah salah satu jenis buah yang sangat favorit digunakan sebagai penghias kue tar. Buah mungil berwarna merah matang ini mengandung senyawa Antosianin, yang dipercaya dapat meningkatkan kadar insulin yang lemah pada diri kita, sehingga membantu mengatur jumlah kadar glukosa dalam darah. Dengan begitu buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, baik itu tipe 1 maupun tipe 2.

2. Apple
Buah apel termasuk dalam daftar buah yang memiliki indeks glikemiks rendah. Buah yang telah diuji oleh pakar gizi ini mengandung senyawa pektin, yang dapat mengendalikan kadar gula darah serta mengatur kinerja usus dengan baik. Dengan begitu, buah ini sangat memungkinkan untuk mengatasi masalah diabetes jika dikonsumsi setiap hari secara rutin.

3. Semangka
Daftar buah berikutnya yang sangat baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, yaitu buah semangka. Buah merah segar yang banyak digunakan sebagai campuran salad ini, ternyata mengandung berbagai macam senyawa seperti antioksidan alami. Selain itu semangka juga memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

4. Jeruk
Selain mengandung tinggi vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan senyawa aktif yang dinamakan Naringenin. Kandungan zat tersebut sangat diperlukan bagi penderita diabetes, dengan tujuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Lebih dari 50 persen zat aktif ini terkandung dalam kulit jeruk yang menyebabkan rasanya menjadi pahit.

5. Pepaya
Buah pepaya memiliki kadar glukosa yang sangat rendah. Buah yang kebanyakan dikonsumsi untuk masalah kecantikan ini, juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu buah pepaya juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan vitamin, yang mana bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian penderita diabetes. Sementara buah pepaya tak menimbulkan kenaikan kadar glukosa yang bisa membuat keadaan semakin parah.

6. Kiwi
Buah berikutnya yang memiliki kandungan senyawa alami yang baik untuk tubuh yaitu buah kiwi. Buah yang memiliki nama lain Gosberi China tersebut, memiliki serat dan fruktosa yang bisa dicerna oleh tubuh dengan mudah. Selain itu buah yang memiliki glikemiks rendah ini, juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan gizi mereka.

7. Buah pir
Buah pir termasuk salah satu jenis buah yang masih berkeluarga dengan buah apel. Buah dengan kandungan mineral tinggi ini, memiliki senyawa antioksidan yang dapat mengurangi resistensi hormon insulin pada penderita diabetes. Sehingga jika kita mengonsumsi buah pir, bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai asupan penting penderita diabetes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel