Ajaib! Ketombe di Rambut Akan Bersih Tuntas Pakai Bahan Ini

Daun Kangkung - (channel-e)
Ketombe merupakan masalah kecantikan yang berhubungan dengan kesehatan kulit kepala. Terjadinya ketombe berawal dari kebiasaan kita yang jarang menjaga kebersihan rambut. Dari situ kulit kepala akan mengalami kematian sel, yang akhirnya kulit menjadi rontok secara perlahan. Memang secara langsung kasus seperti ini tidak terasa sakit, namun dengan kondisi yang tidak memungkinkan juga akan mempengaruhi gaya penampilan anda.

Nah, bagi anda yang memiliki masalah seperti ini tidak usah khawatir. Karena selain mengunggulkan produk yang dapat dibeli di toko, kita bisa mengatasi ketombe dengan cara yang alami. Banyak ahli kesehatan yang menyimpulkan, menggunakan bahan alami untuk perawatan tubuh lebih baik dari pada produk olahan. Hal ini dikarenakan produk buatan mengandung bahan kimia yang kadang bisa membuat ketombe semakin parah, khususnya pada kondisi kulit yang sensitif.

Berikut adalah ragam bahan yang dapat kita gunakan untuk mengatasi ketombe secara alami :

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun tak hanya digunakan untuk memasak dan mengobati luka luar saja. Namun dengan kehebatan yang sudah tak diragukan lagi, minyak ini dapat kita gunakan untuk menghilangkan ketombe dengan cara seperti ini :

- Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala sampai dengan rata
- Tambahkan sedikit pijatan agar minyak dapat meresap ke pori-pori kulit kepala
- Setelah itu diamkan selama 30 menit
- Lalu bilas kulit kepala kamu dengan air hangat.

2.Lidah buaya
Lidah buaya memiliki banyak manfaat terutama untuk bidang kecantikan. Tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di segala kondisi cuaca, kini sudah diburu keberadaannya oleh sebagian manusia. Pasalnya lidah buaya ini selain baik untuk pertumbuhan rambut, tanaman tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dengan cara berikut :

- Ambil daging lidah buaya / aloe vera
- Lembutkan daging dengan cara kamu blender 
- Oleskan pada kepala hingga mengenai kulit
- Tambahkan sedikit pijatan agar mempermudah dalam perataannya
- Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

3. Jeruk nipis dan santan
Bagi kamu yang sering mencari-cari informasi mengenai cara alami untuk menghilangkan ketombe, pasti sudah tak asing lagi dengan bahan yang satu ini, sebut saja namanya jeruk nipis dan santan. Cara penggunaannya juga mudah : Campur satu gelas santan alami, lalu tambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Setelah itu oles pada kulit kepala hingga merata. Namun perhatikan, hindari mengenai kulit kepala yang terluka, karena bisa terasa pedih akibat dari air jeruk yang ada di dalamnya.

4. Cuka
Selain menggunakan senyawa asam yang ada di air jeruk, mengatasi ketombe juga dapat kita lakukan dengan menggunakan cuka, caranya seperti ini :

- Siapkan 1 gelas air putih bersih
- Tambahkan beberapa tetes cairan cuka sampai rasa air tersebut berubah asam
- Oleskan ke kulit kepala yang mengalami pengelupasan / ketombean
- Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air mengalir.
Jangan menggunakan cuka terlalu banyak, karena larutan tersebut bersifat abrasif yang dapat membahayakan kulit sensitif.

5. Baking soda
Siapa yang tak tahu bahan penting dalam pembuatan kue ini. Baking soda selain berfungsi untuk bahan pembuatan kue, ternyata powder tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi rambut ketombe loh, caranya seperti ini :

- Siapkan beberapa powder baking soda / secukupnya
- Air hangat secukupnya
- Campur kedua bahan tersebut dan aduk hingga menjadi cairan yang pekat
- Oleskan pada kulit kepala
- Diamkan beberapa saat hingga terasa mengering, lalu bilaslah dengan air bersih.

6. Lemon 
Kandungan asam yang tertanam pada buah lemon ini juga setara dengan yang terkandung pada air jeruk. Untuk itu buah ini juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe yang mengganggu penampilan anda, yaitu dengan cara mencampur 2 sdm air jeruk dalam segelas air. Selanjutnya bisa mengoleskan pada kulit kepala, setelah mengering barulah membilasnya pakai air biasa saja.

7. Daun pandan
Masyarakat Nusantara banyak menggunakan daun pandan ini sebagai penyedap masakan. Namun selain itu kandungan yang terdapat dalam daun ini juga dapat kita gunakan sebagai penghilang ketombe secara alami. Caranya penerapannya sangat mudah :

- Siapkan 10 helai daun pandan yang masih segar
- Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk
- Tambahkan air secukupnya
- Aduk hingga merata
- Lalu oleskan ramuan ini pada kulit kepala anda
- Diamkan selama kurang lebih 2 jam lalu bilas dengan air yang bersih.

8. Kangkung
Daun kangkung banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan tumis. Selain memiliki gizi yang baik, daun kangkung dapat kita ubah menjadi ramuan ajaib untuk mengatasi masalah ketombe. Yaitu dengan cara direbus menggunakan air, setelah itu gunakan air rebusan kangkung ini untuk mencuci / membasuh rambut dan kulit kepala. Agar kamu bisa memperoleh hasil yang baik, lakukan cara ini secara rutin.

9. Bawang merah
Banyak sekali manfaat bawang merah terutama untuk anda yang mengalami gangguan kesehatan seperti panas maupun gatal-gatal di kulit. Selain berguna untuk mengatasi gangguan kulit, bawang merah juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi gangguan ketombe pada kulit rambut, demikian cara penerapannya :

- Kupas beberapa siung bawang merah berukuran sedang
- Tumbuk bawang tersebut hingga halus
- Oleskan pada rambut kepala
- Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas kulit kepala dengan air.

10. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh kini sudah populer dan tak perlu dikhawatirkan lagi manfaatnya. Minyak tersebut diproduksi karena mengandung ribuan senyawa aktif yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Kandungan antioksidan dan nutrisi lain pada minyak pohon teh juga tidak sedikit. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin mengurangi risiko ketombe, minyak ini dapat kamu oleskan pada kulit kepala, lalu setelah mengering bisa membersihkan pakai air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel