Singkirkan Minyak Berlebih di Wajah dengan Cara Mudah Ini

Pakai Buah Apel - (starkbros)
Memiliki kulit berminyak tentu menjadi masalah besar, terutama bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik di hadapan lawan jenis. Seseorang yang memiliki kulit berminyak bukan berarti orang tersebut mengalami penyakit tertentu. Melainkan timbulnya minyak di permukaan kulit adalah karena produksi minyak dalam tubuhnya berlebihan. Sebenarnya ada beragam manfaat yang dapat dilihat jika kondisi minyak dalam tubuhmu seimbang, antara lain adalah menjaga kelembaban kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Penyebab utama produksi minyak dalam tubuh berlebihan adalah faktor genetik yang ada pada masing-masing individu. Selain itu penyebab produksi minyak meningkat juga dapat disebabkan karena meningkatnya hormon dalam tubuh, khususnya wanita. Wanita sering berubah-ubah hormon karena ia memiliki kondisi layaknya menstruasi, menopause dan kehamilan. 

Nah untuk itu mengetahui cara alami untuk mengatasi wajah berminyak sangat penting bagi seseorang, demi menjaga penampilan sehari-hari. Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Rajin membersihkan wajah
Salah satu kebiasaan mudah untuk orang yang memiliki wajah berminyak, yaitu dengan membersihkan wajah secara berkala. Meskipun itu hanya dengan air saja, namun manfaat yang diberikannya sungguh luar biasa. Dengan melakukan hal ini, pori-pori kulit akan menjadi bersih dan bebas dari debu yang dapat memicu timbulnya jerawat akibat faktor produksi minyak meningkat.

2. Jeruk nipis dan putih telur
Sudah banyak yang mengetahui tentang khasiat yang diberikan oleh putih telur dan jeruk nipis ini. Dengan kandungan antioksidan dan protein yang ada di dalamnya, ramuan yang terbuat dari kedua bahan ini mampu membuat kulitmu menjadi kenyal dan tampak bersih dari minyak berlebih. Cara penggunaannya juga mudah sekali :

- Gunakan putih telur sebagai bahan dasar masker
- Aduk putih telur hingga merata
- Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis 
- Setelah tercampur rata, kamu bisa menggunakan ramuan ini untuk masker pada wajah
- Diamkan selama kurang lebih 25 menit, lalu bilas wajah dengan air biasa.

3. Alpukat
Selain menggunakan telur dan jeruk nipis, kamu juga dapat mengatasi kulit berminyak dengan memanfaatkan kandungan senyawa dalam alpukat untuk digunakan masker wajah. Teknik penerapannya seperti di bawah ini :

- Sediakan 1 buah alpukat yang masih segar
- Pisahkan bagian daging dari bijinya
- Lumat daging alpukat hingga halus
- Tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok makan saja
- Oleskan pada permukaan kulit wajah secara merata, agar hasil optimal tambahkan sedikit pijatan lembut
- Diamkan selama 15-20 menit lalu membilas wajahmu dengan air hangat.

4. Pakai Apel
Apel diperkaya dengan kandungan antiseptik dan antioksidan. Manfaat dari kandungan tersebut adalah untuk memperbaiki sel permukaan kulit yang rusak. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan buah ini sebagai masker untuk mengurangi jumlah minyak berlebih pada permukaan kulit wajahmu, yakni dengan cara seperti berikut :

- Parut daging apel hijau secukupnya
- Lulurkan daging apel tadi ke permukaan kulit
- Diamkan selama 20 menit saja
- Langkah berikutnya bisa bilas menggunakan air bersih.

5. Bengkuang 
Bengkuang adalah salah satu jenis buah yang diperkaya dengan nutrisi, yang mana diperlukan untuk memenuhi perkembangan sel pada kulit. Salah satu manfaat alami yang dapat diambil dari buah bengkuang, yaitu untuk menghilangkan produksi minyak berlebihan pada wajah. Nah, caranya sebagai berikut :

- Haluskan buah bengkuang dengan cara diparut
- Setelah halus, kamu bisa meratakan daging buah tersebut ke permukaan kulit wajahmu yang berminyak
- Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan menggunakan air dingin
- Agar memiliki hasil yang baik, lakukan saja cara ini minimal seminggu tiga kali.

6. Mentimun
Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara langsung ini, ternyata juga mengandung jutaan khasiat yang tersembunyi, khususnya untuk kulit. Dibekali dengan vitamin dan mineral, menjadikan mentimun dapat digunakan sebagai sahabat sejati bagi kulit dengan cara penggunaan sebagai masker. Cara pengaplikasiannya seperti di bawah ini :

- Potong mentimun menjadi beberapa bagian dengan ukuran tipis 
- Letakkan potongan tersebut pada permukaan wajah yang berminyak
- Diamkan selama beberapa menit hingga terasa mengering, lalu bilas bekasnya pakai air bersih.

Selain dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajahmu, menggunakan mentimun sebagai masker juga dapat membantu kulitmu agar lebih kencang, serta menghindari terjadinya keriput.

7. Jaga pola makan
Banyak sekali pantangan yang harus dilakukan bagi orang yang memiliki kondisi kulit berminyak. Dikarenakan produksi minyak dalam tubuh berlebih, maka kamu wajib mengurangi makanan berjenis gorengan / digoreng. Hal ini sangat penting dilakukan, karena dapat membantu mencegah produksi lemak jenuh yang mengakibatkan postur kulit semakin berminyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel