7 Penyebab Kanker Usus yang Sering Diremehkan

Ilustrasi (ipospedia)
Saat ini kanker masih menjadi salah satu jenis penyakit mematikan yang sudah banyak beredar di mana-mana. Tak jarang juga jenis penyakit ini juga disebabkan oleh penyakit riwayat turun temurun, dari darah daging keluarga kita sendiri. Banyak sekali macam-macam penyakit kanker, salah satunya adalah kanker usus besar atau biasa disebut Kolon dalam istilah medis.

Kolon atau kanker usus besar kebanyakan diawali dari pembentukan gumpalan-gumpalan sel kecil, yang terjadi di area usus besar dan ditandai oleh gejala seperti perut kembung, mual, darah pada feses, dan juga tubuh menjadi lemah. Karena penyakit ini tergolong berbahaya, maka ada baiknya jika Anda mengalami masalah tersebut, segera pergilah untuk mencari pertolongan medis terdekat. Selain disebabkan oleh faktor riwayat, kanker usus besar juga disebabkan oleh faktor seperti berikut.

1. Pengaruh Alkohol
Penyebab utama seseorang mengalami masalah kanker usus besar adalah kebiasaan mengonsumsi alkohol. Alkohol memiliki kandungan gas kimia yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga siapa pun yang mengonsumsi minuman jenis ini akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti sistem persarafan, perut kembung hingga memicu kanker usus / kolon jika kebiasaan tersebut berlanjut lama.

2. Karena Diabetes
Sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Gastroenterology menyatakan, bahwa kanker usus besar tak hanya bisa terjadi karena faktor makanan saja. Melainkan secara garis besar kanker ini juga bisa menjadi salah satu dari bagian penyakit berbahaya seperti diabetes. Penderita diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat menipis, sehingga sangat memungkinkan seseorang yang mengidap penyakit diabetes bisa terserang penyakit lain, layaknya kanker usus besar.

3. Makanan 
Makanan yang tinggi lemak dan bersumber dari hewan juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker usus besar jika tidak diperhatikan volume konsumsinya. Daging merah mengandung lemak yang sangat tinggi. Lemak jenuh yang kita konsumsi setiap hari dapat menumpuk dan mengotori usus besar, yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah kanker usus besar.

4. Faktor Lingkungan
Selain itu faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab berikutnya seseorang mengalami masalah kanker usus besar. Sebuah peneliti mengatakan, saat kita hidup di lingkungan yang memiliki sirkulasi udara buruk, maka akan lebih berisiko mengidap penyakit kanker usus besar. Hal ini dikarenakan makanan yang kita konsumsi mengandung bakteri yang berasal dari udara tidak sehat, sehingga menimbulkan masalah kanker usus besar.

5. Genetik
Sekitar 25% penyakit usus besar dialami oleh seseorang yang memiliki keturunan keluarga dengan penyakit serupa. Untuk itu bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker, tips terbaik adalah menjaga pola makan dengan menghindari beberapa makanan penyebab kanker usus besar. Seperti makanan mengandung tinggi lemak (kolesterol) dan juga minuman yang mengandung alkohol.

6. Radang usus
Biasanya penyakit radang usus ditandai dengan Ulcerative Colitis dan juga penyakit Chron, yang mana bisa berkembang dan menjadi sebuah masalah seperti radang usus besar. Untuk itu jika kamu mengalami permasalahan radang usus, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk menghindari terjadinya kanker usus yang berbahaya.

7. Pengaruh Usia
Yang terakhir adalah faktor usia. Selain dari asupan makan yang buruk, kanker usus besar juga dapat menyerang diri kita berdasarkan usia yang kita miliki. Saat usia menginjak 50 tahun lebih, menghindari berbagai macam makanan tertentu memang sangat disarankan selain dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Terkadang tidak menjaga pola makan saat menginjak usia tersebut juga lebih berisiko mengalami kanker usus besar / kolon.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel