8 Manfaat dan Khasiat Ajaib Jambu Mete yang Jarang Diketahui

Jambu Mete -  (jitunews)
Jambu mete atau biasa dikenal banyak orang dengan nama jambu monyet, diketahui dapat tumbuh subur di negara beriklim tropis seperti negara Indonesia. Jambu monyet mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik, tapi juga terdapat beberapa jenis kandungan kimia berbahaya yang tersimpan dalam kepala buah jambu mete. Banyak orang mengatakan, bahwa getah yang dikeluarkan dari kepala jambu mete ini jika mengenai kulit, maka akan membekas luka seperti sayatan api yang mengakibatkan kulit melepuh.

Meski bagian kepala / kacang mete dikatakan berbahaya pada saat kondisi mentah, namun jika diolah dengan cara yang tepat, maka bagian kacang metenya juga bisa menjadi sebuah menu santapan khusus dengan rasa yang sangat gurih. Terlepas dari kacang metenya, bagian buahnya ternyata memiliki rasa yang segar manis, serta juga mengandung berbagai senyawa alami seperti antioksidan, karbohidrat serta nutrisi lainnya. Yang mana nutrisi jambu mete tersebut tak kalah penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi jambu mete untuk menunjang kesehatan tubuh.

1. Membantu turunkan kolesterol
Jambu mete mengandung lemak tak jenuh dalam jumlah yang tidak sedikit. Kandungan senyawa alami tersebut selain dibutuhkan untuk memproduksi sel pembuluh darah baru, juga berfungsi untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol yang naik, dikarenakan lemak jahat yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari.

2. Cegah kanker
Manfaat berikutnya yang terkandung dalam jambu mete yaitu adalah untuk pencegah penyebaran sel kanker yang menyerang dalam tubuh manusia. Sementara sel kanker sebagai sel abnormal dengan jumlah tertentu, tanpa ada hitungan waktu bisa saja menyebar dan menyebabkan penyakit kanker. Nah, dengan mengonsumsi jambu mete ini maka sel tersebut akan tercegah, dan tidak akan membahayakan tubuh di kemudian hari.

3. Pencegah kutil
Selain bermanfaat untuk mencegah sel kanker, ternyata kandungan yang ada dalam jambu mete bisa mengendalikan sel yang tumbuh keluar di area kulit tertentu, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kutil. Jambu mete mengandung senyawa antioksidan yang dapat membunuh virus penyebab tumbuhnya kutil pada kulit.

4. Obati rematik
Rematik merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang mengharuskan pasien untuk menyudahi aktivitas yang biasa mereka lakukan. Penyakit radang dalam persendian ini bisa diatasi dengan mudah jika kamu rajin mengonsumsi jambu mete, terutama diolah menjadi jus untuk diminum setiap hari secara rutin.

5. Obati sariawan alami
Jambu mete memiliki kandungan vitamin C yang tidak sedikit. Dari sinilah manfaat dari vitamin C yang tertanam dalam jambu mete sangat bermanfaat sebagai penyembuhan radang yang terjadi di bagian dalam bibir, atau biasa kita kenal dengan sariawan.

6. Menormalkan tekanan darah
Jambu mete mengandung berbagai macam senyawa alami yang bisa membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, jambu mete sangat membantu guna menurunkan kadar kolesterol yang bisa menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung.

7. Obati asma
Manfaat berikutnya jika gemar konsumsi jambu mete, yaitu berkhasiat mengobati sakit asma dengan cara penyembuhan secara alami. Hal ini dikarenakan jambu mete sangat berperan dalam melancarkan sistem pernafasan, sehingga masalah asma akan teratasi secara bertahap.

8. Cegah dan atasi anemia
Jambu mete mengandung zat besi dengan jumlah yang lumayan banyak. Manfaat dari kandungan zat besi dalam jambu mete ini, bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah –sehingga bisa membantu mengurangi risiko penyakit anemia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel