Awas! 7 Tanda Batu Ginjal Telah Menyerang Tubuh Anda

Batu Ginjal - (universityhealthnews)
Gangguan batu ginjal atau penyakit berbahaya yang disebabkan karena endapan kecil benda padat dalam ginjal ini, bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil. Penyakit ini bermula dari konsumsi minuman yang mengandung zat kapur tinggi, tanpa kita bersihkan terlebih dahulu. Dan lama kelamaan zat kapur yang terdapat dalam minuman tersebut akan terakumulasi dan menumpuk dalam ginjal, pada akhirnya terjadilah sebuah penyakit yang dinamakan batu ginjal.

Penyakit batu ginjal tidak timbul secepat penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Melainkan akan baru terasa sakit ketika penumpukan zat kapur sudah mulai banyak dan memenuhi filter organ ginjal. Biasanya seseorang yang akan mengalami penyakit batu ginjal, maka tentu merasakan berbagai macam tanda, atau gejala awal jika zat kapur sudah mulai banyak mengendap dalam tubuh. Berikut termasuk tanda atau gejala batu ginjal sudah mulai menyerang tubuh :

1. Sakit saat buang air kecil
Saat kamu merasa sakit ketika buang air kecil, itu bisa saja kamu memiliki gejala awal penyakit batu ginjal. Rasa sakit tersebut muncul karena kandungan batu ginjal yang sudah memadat dalam ginjal kita memenuhi saluran urine. Dengan begitu kita akan merasakan sakit yang luar biasa ketika kondisi urin akan keluar.
  
2. Ginjal membengkak
Ukuran batu ginjal memang berbeda-beda, yakni mulai dari seperti kristal bahkan hingga berbentuk benjolan seperti batu yang memiliki ukuran bervarian. Jika ukuran batu ginjal ini lebih besar dari biasanya, kemungkinan akan menimbulkan beberapa masalah yang lebih serius. Yaitu seperti ginjal membengkak dan susah buang air kecil karena saluran urin semakin tersumbat.

3. Terdapatnya darah dalam urine
Pada umumnya seseorang memiliki warna urine kuning bersih tanpa ada kandungan darah di dalamnya. Berbeda dengan orang yang mengalami masalah pada ginjal, biasanya mereka akan mengeluarkan urine dengan warna yang lebih gelap, serta sedikit ada darah yang ikut keluar tercampur dengan urine tersebut.

4. Merasa mual
Rasa mual dan muntah dapat menjadi sebuah tanda / gejala berikutnya seseorang yang sedang dilanda penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan tubuh penderita tidak bisa bekerja dengan baik dalam hal penyaringan gizi dan juga nutrisi yang kita makan sehari-hari. Akibat dari kendala tersebut seseorang sering mengalami dehidrasi yang mengakibatkan pasien mual dan muntah.

5. Aroma urine menyengat
Selain warna urine yang  dikeluarkan menjadi lebih gelap, tanda berikutnya yang dialami orang ketika terserang batu ginjal, yaitu akan memiliki urin dengan aroma yang lebih menyengat dibandingkan dari kondisi normalnya. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, hingga mengakibatkan zat kimia dalam tubuh tidak tersaring secara sempurna.

6. Demam menggigil
Biasanya ketika penyakit batu ginjal sudah memasuki ke tahap berikutnya, yaitu terjadinya infeksi saluran kemih hingga penderita akan mengalami sakit demam yang menggigil. Saat pasien berada pada titik tersebut, pastinya harus segera mendapatkan pertolongan medis secara intensif agar kondisinya tak semakin parah. 

7. Sakit perut dan punggung
Saat seseorang mengalami sakit perut dan punggung ketika dibarengi dengan beberapa gejala di atas, bisa juga menjadi pertanda tubuh sedang mengalami serangan batu ginjal. Untuk mengambil tindakan aman agar tubuh tak semakin terancam, pastinya harus segera melakukan pertolongan kepada medis untuk mendiagnosa –sampai sejauh mana penyakit batu ginjal menyerang beberapa organ dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel