Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menakjubkan! Kolesterol Jahat Akan Lenyap Jika Makan 8 Sayuran Ini

Daun Asam Muda - (manfaat)
Kolesterol termasuk salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh lemak jahat yang menumpuk dalam dinding pembuluh darah. Sebenarnya kolesterol ini juga diperlukan bagi tubuh, yaitu sebagai pembantu proses pembentukan sel pembuluh darah. Namun jika kadar jenis kolesterol dalam tubuh berlebihan, maka akan menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah penyakit jantung. Demikian disebabkan karena penyumbatan pembuluh arteri oleh lemak yang menggumpal.

Perlu anda perhatikan juga, sebenarnya penyebab kolesterol tinggi adalah hal sepele, antara lain seperti kebiasaan mengonsumsi gorengan, daging olahan, dan terlalu sering mengonsumsi kaldu daging disertai dengan minuman dingin. Menurut beberapa ahli, sebenarnya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tidaklah sulit. Kamu bisa mencoba mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, serta diimbangi dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran, yang mana dapat membantu menurunkan kadar kolesterol seperti berikut.

1. Bayam
Sudah banyak yang mengetahui bahwa bayam memiliki kandungan serat sehat yang sangat tinggi. Selain bagus dikonsumsi setiap hari, sayur yang kebanyakan ditinggalkan karena dianggap murahan ini, ternyata menyimpan sejuta senyawa aktif yang salah satunya memiliki fungsi untuk mengontrol kadar kolesterol.

2. Buncis
Tahukah anda, buncis termasuk ke dalam sayuran rendah lemak. Sayuran ini banyak kita temukan di pasar dengan bentuk menyerupai cabe / sedikit berbeda dan memiliki warna hijau mentah. Buncis termasuk salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan lemak rendah, sehingga sangat baik jika kamu konsumsi ketika memiliki kadar kolesterol tinggi.

3. Kacang panjang
Banyak ahli kesehatan yang mengatakan, bahwa kacang panjang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa seperti asam lemak tak jenuh yang tertanam dalam kacang panjang, sangat baik untuk menekan kadar kolesterol anda agar tidak melonjak dan mengganggu fungsi jantung.

4. Brokoli 
Sayuran kecil berdaun lebat ini ternyata juga menjadi jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Brokoli mengandung betakaroten dan juga berbagai macam nutrisi serta vitamin yang sehat untuk tubuh. Selebihnya lagi, kandungan yang terdapat dalam brokoli dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi penyebab penyakit jantung.

5. Seledri
Seledri terkenal enak dan sedap jika dikonsumsi sebagai lalapan mentah dengan menu makanan yang cocok. Tahukah kamu, seledri memiliki berbagai manfaat, terutama untuk jantung dan juga bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Bahkan beberapa ilmuwan berpendapat, bahwa mengonsumsi jus seledri sangat disarankan bagi kamu yang memiliki gejala penyakit seperti kolesterol, jantung maupun darah tinggi.

6. Daun asam muda
Daun asam muda memiliki rasa seperti aroma asam yang tak jauh berbeda jika dikonsumsi mentah. Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam daun asam muda, dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi. Selain itu daun asam tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi mentah secara rutin.

7. Kubis
Sayuran berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menyembuhkan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung, yaitu sayuran kubis. Menurut beberapa pakar gizi, kubis bisa dikonsumsi mentah untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dalam menumpas penyakit kolesterol tinggi.

8. Kangkung
Banyak orang mengatakan, kangkung termasuk sayuran yang tinggi serat dan bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan senyawa antioksidan dalam kangkung, ternyata dapat menekan kolesterol dalam darah yang bisa menumpuk dan menempel pada dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya akan menyebabkan penyumbatan. Maka konsumsilah olahan sayur kangkung guna meraih manfaatnya dalam menurunkan kolesterol tinggi.