Jarang Diketahui, Ini Manfaat Penting Biji Nangka Untuk Kesehatan

image from: .ladyo.it
Biji buah nangka sering kali dibuang karena banyak orang yang terkadang tidak terlalu menyukainya. Padahal dibalik bentuk mungil itu, ternyata biji nangka mengandung senyawa alami berguna untuk kesehatan. Memang benar, daging buah nangka terasa lebih manis jika dibandingkan bagian bijinya yang cenderung kurang legit. Tapi biji nangka yang dikenal dengan istilah “Beton Nangka” telah diyakini memiliki kandungan bermanfaat seperti : serat, protein, kalsium, saponin, isoflavon dan berbagai fitronutrien lainnya. Beruntung sekali bagi orang yang gemar membuat biji nangka sebagai camilan. karena jika diolah secara tepat, rasanya pun tidak kalah nikmat untuk menemani rutinitas keseharian.

Untuk menuai manfaatnya seringkali biji nangka terlebih dulu dikupas kulitnya, kemudian dimasak atau dipanggang, bahkan dijadikan minuman penyegar dahaga. Tidak terlewatkan juga kalau biji nangka dimasak lalu dicampurkan ke dalam jenis makanan tertentu atau hanya sekadar dibuatnya sedikit empuk kemudian langsung dilahap bersama keluarga. Tapi perlu diingat, kalau kita mampu mempertahankan kadungan penting ketika mengolahnya maka otomatis akan menjadikan tubuh mendapat asupan tambahan berguna untuk kesehatan. Mengapa…?

Manfaat biji nangka tidak kalah dengan buah nangka sendiri. Karena efek mengonsumsinya mampu memberikan proteksi seperti adanya sifat antioksidan, anti-kanker, anti-hipertensi, semua itu bertugas sebagai pelindung tubuh supaya terhindar dari adanya gangguan yang muncul tanpa kita sadari.

Lantas, Apa saja manfaat biji nagka bagi kesehatan tubuh ?

1. Mencegah Pertumbuhan Sel kanker
Biji nangka merupakan makanan enak yang diperkaya Fitonutrien layaknya Isoflavon, Lignan dan Saponin. Semua kandungan itu berperan menjadi proteksi untuk mempertahankan kesehatan tubuh dari berbagai macam gangguan. Termasuk membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga mengonsumsinya bisa menjadi langkah pencegahan sejak dini.

Saponin dalam biji buah nangka memiliki peranan penting sebagai Antioksidan kuat untuk Anti-kanker. Kemudian kandungan Polisakarida beserta Oligosakarida, berperan sebagai Probiotik alami guna menghambat perkembangan sel-sel kanker, terutama di bagian Kolon. Jika berminat memasak benih nangka ini, bisa juga direbus selama beberapa menit kemudian dijadikan makanan pencegah kanker.

2. Mengurangi Risiko Sembelit
Benih nangka memang diperkaya oleh banyak serat tidak larut. Sehingga makanan sehat ini berkhasiat cukup baik untuk sistem pencernaan tubuh. Serat nangka maupun bagian bijinya berguna melancarkan kinerja usus sekaligus mendetoksifikasi usus agar terhindar dari berbagai gangguan penyebab BAB tidak lancar.

Kalau kinerja usus bermasalah, pastinya masalah ini akan memicu keadaan perut menjadi sering mulas, sakit perut berkepanjangan, hingga mengarah pada sembelit. Mengonsumsi biji nangka menjadi langkah alternatif alami untuk menghambat hal buruk itu terjadi.

3. Meregenerasi Sel Darah Merah
Sumber zat besi ternyata juga tersedia pada biji buah nangka. Segi keuntungannya memang tak boleh disia-siakan.  Karena fungsi dari zat besi sangat penting untuk kesehatan tubuh dalam mendukung proses Oksigenasi, guna meregenerasi kembali sel-sel darah merah yang bermasalah. Manfaatnya cukup besar bagi tubuh, yakni mampu menghindarkan tubuh dari risiko anemia serta menghadang terjadinya berbagai kelainan darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata
Vitamin A pada biji buah nangka tergolong senyawa alami berguna mengurangi risiko timbulnya rabun senja. Jika kita sedang kekurangan vitamin A atau bertujuan melindungi mata dari gangguan, anda dapat memakannya secara teratur. Sebenarnya masih banyak jenis biji – bijian selain benih nangka yang bermanfaat memunculkan efek perlindungan bagi penglihatan mata semisal : biji bunga matahari karena terdapatnya vitamin E dan kandungan seng, biji gandum, dan biji rami.

5. Melancarkan Aliran Darah
Kegunaan zat besi biji nangka juga berperan aktif melancarkan sirkulasi darah, sehingga membuat peredaran darah di tubuh semakin lancar. Saat zat besi melancarkan aliran darah di tubuh, kandungan senyawa tersebut akan terus menjaga kesehatan jantung dan otak agar dapat bekerja dengan baik.

Begitu juga kinerja Flavonoid yang dimiliki biji buah nangka akan membantu membatasi proses pembekuan darah dalam tubuh. Sehingga serangkaian organ tubuh yang terus membutuhkan pasokan aliran darah dapat berjalan lancar, tanpa adanya hambatan yang mengelilinginya.
image: onlyfoods.net
6. Membuat Otot Lebih Kuat
Otot yang kuat menjadi satu penopang tubuh untuk lebih aktif saat menjalankan aktivitas sehari-hari bukan…?. Kandungan protein nabati pada biji nangka cukup berperan demi menguatkan otot-otot tubuh. Berdasarkan paparan para ahli kesehatan pun mengungkapkan, bahwa jenis protein nabati lebih unggul untuk kesehatan bila dibandingkan protein hewani. Selain itu, protein nabati yang terdapat pada biji nangka bebas kolesterol, jadi cukup bagus jika dikonsumsi oleh semua kalangan, baik usia muda maupun bagi orang lanjut usia.

7. Menguatkan Tulang
Biji nangka bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya. Kekurangan kalsium dapat menjadikan tulang tubuh cepat rapuh, terlebih pada usia lanjut. Sebenarnya banyak sekali penyebab tulang cepat rapuh ini selain faktor usia, diantaranya unsur poka makan salah, tubuh terlalu kurus, efek kafein berlebih, merokok dan sebagainya. Jadi, Menggemari biji nangka bagi kalangan orang tua merupakan kebiasaan baik yang perlu diterapkan, karena bisa menjadi tambahan asupan kalsium tubuh agar tetap memiliki tulang sehat.

8. Terhindar Dari Bahaya Radikal Bebas
Manfaat Riboflavin untuk kesehatan yaitu mampu menghindarkan sel-sel kulit ketika mengalami kerusakan. Terutama ketika kulit rusak itu disebabkan unsur radikal bebas. Kandungan tersebut akan menjadi Antioksidan kuat dalam menghadapi radikal bebas yang kerap kali menimbulkan banyak masalah di tubuh.

Oleh karena itu, makanlah beberapa genggam biji nangka agar tingkat ketahanan tubuhmu menjadi lebih baik, sehingga keberadaan penyakit tidak gampang menyerang. Lagi pula biji nangka juga dapat diolah sesuai selera, serta bisa menjadi camilan sehat untuk menemani waktu senggang.

9. Mencegah Rambut Mudah Rapuh
Jika sirkulasi darah di sekitar rambut tidak lancar, maka benih nangka dapat menjadi solusinya. Karena satu penyebab rambut mudah rontok disebabkan oleh kekurangan nutrisi. kandungan vitamin A dalam benih nangka akan mencoba membuat rambutmu tetap sehat, terhindar dari kekeringan, sampai mempromosikan pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

10. Meningkatkan Vitalitas Pria dan Wanita
Tidak sedikit pula bagi masyarakat kalangan Asia menggunakan biji nangka sebagai obat tradisional untuk meningkatkan vitalitas. Karena tingginya kandungan proteinnya mampu menunjang tingkat vitalitas tubuh menjadi lebih baik. Mayoritas masyarakat mengolah serta mengonsumsi biji buah nangka ini dalam bentuk rebusan, atau mencampurkannya dalam masakan. Sungguh besar manfaat biji nangka untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, berpikirlah kembali sebelum membuang secara percuma biji nangka setelah memakan daging buahnya.

Baca : Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel