Rahasia Jitu Bersihkan Perhiasan Agar Kembali Berkilau

(Gambar: moneymatters101)
Perhiasan emas, perak, berlian, permata, dan batu mulia, semua itu memang tak terpisahkan dari kaum wanita bukan…?. Meski demikian,  tidak sedikit orang lelaki juga menyukainya. Baik digunakan hanya sekadar aksesoris sehari-hari, koleksi, atau kebutuhan lainnya. Sayangnya, perhiasan juga bakal kehilangan pesona  kemilaunya seiring dengan lamanya penggunaan. Lambat laun perhiasan itu tak seindah sebelumnya, karena mungkin warnanya tampak sedikit kabur.

Sementara terlalu lama perhiasan disimpan, tidak menutup kemungkinan dapat kehilangan pesona tampilannya. Mengapa.?, biasanya itu disebabkan oleh debu, penyimpanan yang kurang tepat, atau tempat menyimpannya tak layak. Jika kemilau perhiasan itu memudar karena saking seringnya digunakan, bisa jadi dikarenakan kondisi alam, efek parfum, serta efek kosmetik yang digunakan. 

Lantas, adakah cara untuk mengembalikan warna perhiasan yang pudar..

Tentu, asalkan menggunakan cara sesuai prosedur sehingga tidak sampai merusak setiap komponen di dalamnya. Gunakan saja bahan yang tidak berbahaya, agar perhiasan kesayangan mampu dibersihkan secara aman.

Langkah awal,  Pisahkan antara perhiasan berbahan emas, perak,  berlian, permata, atau batu alam. Hal ini penting karena bahan perhiasan yang berbeda, dibutuhkan cara berbeda pula, terlebih saat membersihkannya. Karena jika bahan yang digunakan itu kurang tepat, bukannya membersihkan tapi justru bisa merusak tampilan perhiasan Anda:

Selanjutnya simak langkah-langkah berikut :

1. Membersihkan emas & perak tanpa pernikan mutiara
Jika memiliki perhiasan emas / perak / mutiara, layaknya anting, cincin, gelang, maupun kalung, sebaiknya tidak menggunakan pembersih seperti baking soda, pembersih jendela, maupun amonia. Karena semua bahan itu bersifat merusak komponen mutiara pada perhiasan tersebut. 

Cukup gunakan 1 sendok detergen ringan, kemudian campurkan saja 900ml air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas. Setelah itu, rendam emas mutiara sambil menggosoknya menggunakan kain lembut secara perlahan. Keringkan dengan cara menaruh mutiara di atas kain halus.

Namun kalau perak maupun emas yang kusam itu memiliki pernikan selain mutiara, maka amonia bisa menjadi solusinya. Caranya :

a. Campurkan satu gelas air hangat dengan setengah gelas amonia
b. Rendam perhiasan selama kurang lebih 10 menit
c. Lalu gosok menggunakan kain lembut dan keringkan
d. Sebisa mungkin hindarkan amonia dari sentuhan kulit Anda secara langsung
e. Lihat hasilnya

Untuk opsi kedua, yakni menggunakan baking soda sebagai pengganti amonia. Caranya sebagai berikut :

a. Campurkan baking soda dengan dua sendok makan air
b. Gosoklah lembut perhiasan emas dengan menggunakan spon / kain halus
c. Untuk memperoleh hasil maksimal, bisa juga menambahkan cuka ke dalam bahan pembersih emas tersebut

2. Batu Permata, Berlian, Zamrud, Rubi, & Safir
Gambar: glitteringstones
Batu permata memiliki sifat sensitif terhadap beberapa bahan pembersih tertentu. Jika ingin membersihkan perhiasan semacam batu permata dan sejenisnya, hindari penggunaan bahan seperti baking soda serta alkohol. 

Sebagai gantinya, gunakan saja Club Soda untuk membersihkan semua perhiasan tersebut. Caranya : 

a. Tuangkan club soda dalam gelas
b. Biarkan perhiasan terendam dalam gelas semalaman
c. Simpan gelas di tempat aman
d. Bersihkan keesokan harinya
e. Hasilnya, perhiasan kusam jadi tampak bersih serta bersinar kembali

Alternatif kedua bisa menggunakan pembersih jendela. Pembersih jendela termasuk bahan efektif untuk membersihkan berlian dan rubi.  Cara penggunaannya :

a. Semprotkan pembersih jendela ke permukaan berlian / rubi
b. Gosok lembut menggunakan sikat berbulu halus
c. Lihat hasilnya

Untuk membersihkan berlian dapat pula menggunakan dentur tablet ( tablet pembersih gigi tiruan )

3. Perhiasan emas & perak tanpa ornamen tambahan ( Polos )

Gambar: jewelryonjames
Untuk perhiasan emas / perak tanpa ornamen tambahan alias polos, terdapat banyak bahan pilihan guna membersihkan serta mengembalikan warna emas atau perak yang memudar. Bahan paling umum  biasanya menggunakan pasta gigi. Caranya :

a. Letakkan sedikit pasta gigi pada sikat dengan bulu halus
b. Gosoklah perhiasan menggunakan sikat secara perlahan

Penggunaan sikat sangat efektif untuk perhiasan emas dengan permukaan tidak rata. Mengapa..?, karena bulu sikat lebih menjangkau sampai pada bagian yang tak mampu dijangkau kain halus. Selain pasta gigi, dapat pula menggunakan cuka / saus guna membersihkan perhiasan seperti perak. Karena merendam perak ke dalam saus maupun cuka, dapat mengembalikan warna perhiasan itu dari kekusaman.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Herry. W
Referensi : rd.com, boldsky.com, wikihow.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel