Letakkan Tanaman Ini di Kamar, Manfaatnya Luar Biasa

(gambar: happylifestylejournal)
Kamar tidur tak hanya sebagai ruang utama guna memulihkan stamina tubuh. Tidak jarang orang membuat kamar tidur mereka lebih multifungsi. Melakukan aktivitas di kamar seperti : membaca buku, mengonsumsi makanan, bahkan meletakkan barang-barang tertentu, tidak menutup kemungkinan menjadikan sirkulasi udara kamar tidur tak sehat lagi.

Ingatlah, banyak sekali faktor kamar tidur menjadi kurang nyaman. Bisa jadi racun berbahaya menyebar ke setiap sudut ruangan kamar melalui udara yang terkontaminasi. Penguapan barang-barang rumah tangga seperti cat tembok, cat kuku perekat, lem, asap rokok, dan sebagainya, mampu menghasilkan gas beracun. Sehingga ketika zat berbahaya layaknya benzena, xylene, toluena, aseton, formalin dan etanol terserap tubuh melalui sistem pernapasan, bisa menimbulkan gangguan tubuh bermacam-macam. 

Tak usah panik, kalau anda berkenan menghiasi kamar tidur dengan tanaman hias, dapat menjadi cara efektif untuk menetralisir racun atau polusi udara tersebut. Terdapat tanaman yang didesain khusus memiliki efek  ketenangan, menyegarkan udara, mengeluarkan banyak oksigen, menyerap racun berbahaya, hingga menjadi pengobatan herbal mengatasi berbagai masalah tidur.

Lantas, apa sajakah jenis tanaman hias itu..?

1. Lidah Mertua
Gambar: mnn
Tanaman hias lidah mertua dapat diletakkan di kamar tidur. Menambahkan lidah mertua di setiap sudut kamar, dapat memberikan udara segar karena akan menghasilkan oksigen di malam hari. Menurut Kamal Meattle, seorang ahli berasal dari India dalam TED 2009 Conference menjelaskan, tanaman lidah mertua dapat berperan mengubah karbondioksida menjadi oksigen serta menyerap racun di udara. Sehingga bisa menyegarkan udara di sekitar kamar tidur. 

Tak hanya itu, tanaman ini juga diklaim memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Seperti meningkatkan produktivitas, kemudian mengembalikan suasana penat. Oleh karenanya, cobalah menaruh tanaman hidroponik tersebut di beberapa sudut kamar tidur. Demikian itu bertujuan agar tidur Anda lebih nyenyak, terhindar dari insomnia serta zat kimia berbahaya.

2. Bunga Lavender
Gambar: countryliving
Kalau ingin meraih efek ketenangan saat tidur di malam hari, cobalah menaruh tanaman bunga lavender ini. Karena suasana tenang tentunya dapat memicu Anda untuk cepat tidur nyenyak bukan..?. Apalagi aroma  lavender mampu mengharumkan kamar tidur secara alami. Berdasarkan hasil penelitian tahun 2008 berasal dari University of Miami Miller School of Medicine menjelaskan, bahwa bau lavender terbukti menenangkan bayi ketika kesulitan tidur, sehingga bayi tersebut dapat tidur lebih tenang.

3. Melati
Gambar: emeraldgoddessgardens
Melati tak jauh beda dengan tanaman hias seperti lavender. Hasil studi pada Wheeling Jesuit University menjelaskan ketika para peneliti mencoba membandingkan dampak positif bau melati dan lavender. Ternyata bau bunga melati memiliki tingkat efisiensi lebih besar dalam membantu kenyamanan tidur seseorang, maupun mengurangi tingkat gerakan saat tidur.

Jika ingin memperoleh manfaat bunga melati di kamar tidur, setidaknya tempatkanlah tanaman hias yang indah tersebut di area khusus. Karena tanaman itu membutuhkan perawatan tersendiri, agar mampu tumbuh untuk menyegarkan ruangan, sekaligus mengendalikan suasana tegang di kamar idaman Anda.
 
4. Lidah Buaya
Gambar: goodnessdirect
Lidah buaya ( Aloe vera ), kita biasanya meletakkan tanaman hias ini di pekarangan rumah. Tapi sekarang cobalah meletakkannya di kamar tidur. Memang, Lidah buaya memiliki banyak manfaat ketika diolah secara langsung. Layaknya menyehatkan rambut, mengatasi kulit terluka, serta menunjang kesehatan sistem pencernaan. Namun jika menaruhnya di kamar tidur, maka manfaatnya berguna untuk menambah pasokan oksigen serta meningkatkan kualitas tidur. Maka cukup efektif diterapkan saat seseorang memiliki gangguan insomnia. 
Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Ar.M
Referensi : healthyfoodhouse.com, foodandourhealth.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel